![]() |
Selain BUMN, Lembaga Swasta Juga Menjadi Preferensi Gen Z |
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) — Generasi Z merupakan segmentasi usia dengan karakteristikyang menarik untuk dipelajari. Masyarakat umum seringkali menyematkan label kepada generasi ini sebagai generasi yang manja, digital-savvy dan serba instan. Istilah ‘kutu loncat’ diasosiasikan kepada Gen Z yang mudah berpindah tempat kerja karena terlihat tidak dapat bertahan lama dengan tekanan pekerjaan yang dihadapi. Berangkat dari keingintahuan atas keabsahan label-label tersebut, MarkPlus, Inc. melakukan riset Employer Branding Index untuk mempelajari Generasi Z, khususnya pendapat mereka mengenai tempat kerja yang ideal. Jumat (14 oktober 2022).
Hasil riset
sindikasi yang diterbitkan oleh MarkPlus QuickSurvey dengan tajuk Employer Branding
Index 2022 menunjukkan lembaga BUMN merupakan tempat kerja paling diminati oleh
mahasiswa dan fresh graduates dengan persentase 58%, disusul oleh
Swasta/Nasional 49.2%,
Lembaga Pemerintah/Kementerian 43.9%, dan yang terakhir Multinasional 30%. MarkPlus
QuickSurvey melibatkan 1150 Gen Z rentang usia 18 hingga 25 tahun dengan latar belakang
mahasiswa, fresh graduate, serta first jobber dengan maksimal dua tahun pengalaman
bekerja.
Perusahaan
yang mengadopsi nilai-nilai berkelanjutan (sustainable values) cenderung memiliki
nilai lebih di mata masyarakat. Selain itu, perusahaan yang mengadopsi
nilai-nilai inklusivitas
juga mendapatkan respons yang positif karena membuka kesempatan yang luas kepada
seluruh identitas masyarakat—dengan kata lain, tidak diskriminatif terhadap identitas
tertentu.
Hasil riset
Employer Branding Index 2022 menunjukkan lembaga BUMN merupakan tempat kerja
paling diminati oleh generasi muda, terutama mahasiswa dan fresh graduates.
Riset ini diperkuat
dengan pernyataan salah satu responden yang memiliki keinginan bekerja di BUMN
“Jenjang
karir merupakan salah satu aset BUMN yang dapat dirasakan karyawan. Dengan waktu kerja
yang pasti, kita juga mendapatkan penghasilan dengan tunjangan yang dapat diberikan
secara terstruktur. Selain itu, tidak kalah penting teruntuk karyawan yang
ingin melanjutkan
studi, BUMN memberikan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa studi lanjut
seperti S2 sampai S3.” ujar salah satu responden wanita berusia 22 tahun.
Aniza
Nurfebriany selaku Manager MarkPlus, Inc mengungkap “Budaya kerja BUMN yang saat ini
banyak dijunjung anak muda patut menjadi inspirasi bagi perusahaan lainnya.
Selain menerapkan
budaya kerja yang sehat, juga menjunjung nilai Work-life Balance. Tidak hanya mengenai
durasi jam kerja, Work-Life balance juga mencakup terciptanya lingkungan kerja yang
positif dan seimbang antara kehidupan kerja dan kegiatan diluar pekerjaan”,
ujarnya pada 11
Oktober 2022.
Selain itu,
data juga menunjukkan bahwa Generasi Z memiliki minat yang lebih tinggi untuk bekerja di
lembaga swasta lokal atau nasional (49,2%) dibandingkan dengan bekerja dipemerintah
(43,9%). Meski perbedaannya tidak signifikan (5,3%), hal ini menunjukkan bahwa
Generasi Z sudah menyadari adanya potensi yang lebih besar untuk berkembang di sektor
swasta meski menjadi ASN atau PNS seringkali dianggap lebih aman dalam jangka panjang.
Di samping
temuan lembaga favorit ala Gen Z ini, MarkPlus QuickSurvey juga akan merilis pertimbangan
utama Gen Z dalam memilih tempat bekerja. Hasil riset Employer Branding Index 2022
dapat diakses secara lengkap melalui bit.ly/MEBI22. (Tim liputan).
Editor : Aan