KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) -–
Good personality, pintar dan wangi menjadi kriteria utama yang membuat wanita tertarik terhadap seorang pria.
Temuan tersebut dibeberkan dalam ZAP Beauty Index 2023, sebuah survei mengenai kebiasaan dan
preferensi kecantikan wanita Indonesia yang diadakan oleh ZAP dan MarkPlus. Survei tersebut melibatkan
sekitar sembilan ribu wanita berusia 15-65 tahun di seluruh Indonesia. Senin (28 November
2022).Tren Kecantikan dan Influencer Terfavorit,
Para wanita masih menaruh
hati pada penampilan fisik pria. ZAP Beauty Index 2023 menemukan bahwa 73,2 persen wanita menyukai pria dengan
tinggi badan di atas rata-rata. Selain itu, hidung yang mancung dan bahu/dada yang bidang juga dapat
membuat para wanita mudah jatuh hati.
Kini para wanita tidak lagi
menganggap skincare dan treatment hanya khusus diperuntukkan bagi mereka, karena untuk menjadi pria idaman
para wanita, pria perlu merawat diri dan memperhatikan penampilan fisik. Sebanyak 61 persen wanita
Indonesia menganggap penting hingga sangat penting bagi pria untuk menggunakan skincare setiap
hari. Bahkan, 82,8 persen wanita mengapresiasi para pria yang merawat kulitnya secara ekstra dengan
mengunjungi klinik.
Hal tersebut sejalan dengan
temuan ZAP Beauty Index 2021 yang mengungkapkan bahwa 98,8 persen wanita Indonesia setuju bahwa pria
memerlukan perawatan kulit. Temuan-temuan ZAP Beauty Index mematahkan stigma bahwa perawatan diri
identik dengan wanita, karena justru para wanita menyukai pria yang peduli dengan penampilan diri.
Selain selera wanita terhadap
pria, ZAP Beauty Index 2023 juga membahas temuan menarik lain terkait tren dan kebiasaan wanita seputar
kecantikan. Beberapa di antaranya adalah pengaruh beauty influencer, budget belanja produk
kecantikan, popularitas brand skincare lokal, klinik kecantikan popular hingga insecurity yang dirasakan para
wanita. Temuan ZAP Beauty Index 2023 selengkapnya akan diluncurkan pada 7 Desember 2022.
ZAP Beauty Index 2023 telah
memasuki tahun penyelenggaraan keempat. Sejak 2019, ZAP rutin menyelenggarakan survei komprehensif
mengenai kebiasaan konsumen wanita dan industri kecantikan Indonesia. Beragam topik dan temuan menarik
diangkat setiap tahun. Pada 2019, ZAP Beauty Index memotret tren penggunaan skincare dan
makeup pada remaja di bawah 18 tahun. Pada 2020, body shaming menjadi highlight yang dibahas.
Sementara pada 2021, ZAP Beauty Index mengulas mengenai mental health dan tren koreksi wajah.
Sejak berdiri pada 2009, ZAP
telah berkembang menjadi ZAP Group dengan 5 brand utama yaitu ZAP Clinic, ZAP Premiere, MEN/O/LOGY by ZAP
(klinik ketampanan khusus pria), ZAP Health dan skincare Juva yang tersebar di 17 kota. Brand ZAP
sendiri telah menjadi satu-satunya klinik kecantikan khusus wanita terbesar Indonesia yang mengutamakan
perawatan kulit berbasis teknologi laser. ZAP telah berhasil memenangkan berbagai macam
penghargaan, baik skala nasional seperti Top Brand Awards 2016-2022, Superbrands 2019, Marketing
Award 2018, Marketeers Omni Brands 2019, TOP Digital Company Award 2021 hingga penghargaan
internasional seperti Business Excellence Forums & Awards kategori “Fastest Growing Company”. (Tim Liputan)
Editor : Aan