UOB Perluas Layanan Ritel di ASEAN Melalui Kolaborasi Eksklusif

Editor: Redaksi author photo

UOB Perluas Layanan Ritel di ASEAN Melalui Kolaborasi Eksklusif 
KALBARNEWS.CO.ID (SINGAPURA) -- Pemegang kartu UOB di Singapura dan Asia Tenggara kini dapat memperoleh promosi dan layanan menarik di sektor pariwisata, ritel, dan kuliner. Hal ini sejalan dengan langkah UOB untuk memperluas kolaborasi dengan merek-merek terkemuka berskala regional. Melalui kolaborasi ini, UOB mempertajam fokusnya dalam membangun masa depan ASEAN, serta melayani dan menghubungkan lebih dari tujuh juta pelanggan di wilayah tersebut seiring dengan tuntasnya akuisisi bisnis perbankan konsumer milik Citigroup di Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Vietnam. Rabu (23 November 2022).

 Akuisisi ini juga akan memperkuat posisi UOB di ASEAN dengan nilai tagihan tahunan (year-on-year billing) yang meningkat hampir 30 persen pada September 2022 seiring dengan kebijakan pembatasan perjalanan dicabut di seluruh wilayah. Angka kenaikan ini lebih tinggi 10 persen dari nilai tagihan pada masa prapandemi Covid pada 2019. Nilai tagihan lintas wilayah tahunan UOB turut mengalami kenaikan di atas 80% pada periode yang sama. Di tengah proyeksi[1] kenaikan jumlah penumpang pesawat hingga sekitar 430 juta yang menuju Asia Pasifik tahun ini dibandingkan 2021, melalui kolaborasi tersebut UOB berada di posisi yang tepat untuk memanfaatkan peluang dari pemulihan prospek pariwisata di Asia Pasifik.


Berkolaborasi dengan perusahaan ternama seperti Singapore Airlines (SIA), The MICHELIN Guide, Club21, dan Shopee, UOB semakin meningkatkan program loyalitas nasabah dengan menawarkan diskon lintas wilayah, bonus menarik, serta pengalaman unik bagi pelanggan UOB di Asia Pasifik. Program ini dapat diakses lewat aplikasi UOB TMRW dan Travel Insider dari UOB, platform terpadu yang menginspirasi nasabah untuk menemukan ide, panduan, dan tips liburan dari pemuka opini, serta merancang rencana liburan dengan program promosi terbaik untuk layanan penerbangan, akomodasi, paket liburan, dan kegiatan wisata.


Jacquelyn Tan, HeadGroup Personal Financial Services, UOB, berkata, "Setiap nasabah adalah individu yang unik. Di UOB, kami terus memperluas program promosi dan bonus demi memastikan tersedianya banyak pilihan untuk setiap gaya hidup, minat, dan kebutuhan pelanggan. Kami bangga dan gembira menyambut kolaborasi dengan berbagai merek ternama, serta layanan eksklusif yang ditawarkan merek-merek ini bagi nasabah kami di ASEAN. Mitra kami memiliki ambisi yang sama untuk melayani pelanggan di ASEAN. Lewat langkah ini, kami mendiferensiasikan UOB sebagai bank regional sejati yang berhasil melampaui batas-batas wilayah guna menghadirkan bonus terbaik bagi pemegang kartu kami di ASEAN.


Menghubungkan ASEAN dengan maskapai penerbangan nasional Singapura

Melalui Nota Kesepahaman (MOU) yang ditandatangani pada Oktober 2022, UOB dan SIA akan menjajaki pengembangan kartu kredit co-branded bagi nasabah di Thailand. Lewat fasilitas ini, pemegang kartu kredit memperoleh sejumlah manfaat seperti poin KrisFlyer yang menarik setiap nilai belanja dalam dolar dan fasilitas liburan lain. Poin KrisFlyer dapat ditukarkan dengan layanan penerbangan SIA, Scoot, dan mitra maskapai SIA, layanan eksklusif KrisFlyer Experiences, atau digunakan sebagai nilai tunai ketika 

berbelanja di gerai e-commerce premium KrisShop, dan lain-lain.


Demi menawarkan pengalaman perbankan yang semakin menarik bagi pelanggan UOB di ASEAN, UOB juga berencana untuk meningkatkan fasilitas khusus, seperti memberikan poin KrisFlyer berdasarkan jenjang segmen perbankan, dan poin KrisFlyer saat pelanggan membuat pencapaian perbankan tertentu. MOU ini juga akan memperluas fasilitas bagi pelanggan lewat program promosi menarik yang segera diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang.


Kartu Kredit dan Debit KrisFlyer UOB yang diterbitkan SIA bersama UOB di Singapura mendapat sambutan hangat dari pemegang kartu dengan nilai tagihan gabungan mengalami pertumbuhan tahunan sebesar 50 persen pada September 2022. Memanfaatkan kesuksesan ini, SIA dan UOB akan meningkatkan fasilitas bagi kedua kartu hingga mencakup fasilitas seperti poin yang lebih besar bagi anggota Kartu Kredit KrisFlyer UOB ketika berbelanja dengan Kris+, serta poin lebih besar bagi pemegang Kartu Debit KrisFlyer UOB ketika berbelanja di platform SIA Group seperti tiket penerbangan SIA dan Scoot, KrisShop, dan Kris+. Daftar manfaat yang lebih lengkap segera diumumkan pada pertengahan November 2022.


JoAnn Tan, Senior Vice President Marketing Planning, Singapore Airlines, berkata, "Singapore Airlines dan UOB memiliki kemitraan strategis yang baik dan semakin erat selama beberapa tahun terakhir. Kemitraan ini berawal dari peluncuran Kartu Debit KrisFlyer UOB dan Akun KrisFlyer UOB pada 2017, diikuti Kartu Kredit KrisFlyer UOB di Singapura pada segmen gaya hidup pada 2019. Kami gembira memperluas dan meningkatkan layanan bersama UOB demi menawarkan bonus dan fasilitas yang lebih lengkap bagi pelanggan. MOU ini kembali menjadi pencapaian signifikan dalam kemitraan tersebut. Kami ingin menawarkan nilai tambah yang lebih besar, serta menjangkau nasabah di ASEAN."


Makanan yang selalu mendekatkan hati

Pemegang kartu UOB di Malaysia dan Thailand dapat menikmati kuliner, sebab UOB akan menjadi mitra eksklusif The MICHELIN Guide yang ternama di kedua negara tersebut. Di Malaysia, The MICHELIN Guide hadir pertama kalinya di Kuala Lumpur dan Penang, dan UOB menjadi mitra bank resmi. Sebagai satu-satunya mitra bank bagi The MICHELIN Guide, pemegang kartu UOB di ASEAN akan menerima undangan eksklusif untuk mengikuti sesi makan malam privat dan gala di restoran berbintang MICHELIN di Thailand dan Malaysia. Pengalaman kuliner yang dirancang khusus oleh The MICHELIN Guide sejalan dengan dedikasi UOB terhadap personalisasi. UOB selalu mengapresiasi keunikan setiap pelanggan dengan merancang layanan perbankan yang sesuai dengan gaya hidup dan kebutuhan spesifik pelanggan.


"Selama lebih dari 100 tahun, The MICHELIN Guide menjadi panduan destinasi bagi wisatawan di seluruh dunia, serta menciptakan pengalaman yang mengesankan bagi penggemar kuliner melalui rekomendasi kami. Lewat kemitraan dengan UOB, The MICHELIN Guide memberikan peluang bagi UOB untuk menawarkan kuliner mewah yang unik dan menarik bagi pelanggan di Thailand dan Malaysia," kata Chris Gledhill, Director, MICHELIN Guide Asia dan Timur Tengah.


Mengapresiasi fashion di setiap wilayah

Demi mendukung minat anggota kartu UOB dalam mode individual, UOB bermitra dengan Club21, peritel terkemuka di segmen luxury fashion, untuk menawarkan akses eksklusif terhadap lebih dari 150 merek ternama dan kegiatan bertema khusus di Singapura, Thailand, dan Malaysia kepada seluruh pemegang kartu di ASEAN.


"Club21 merayakan kiprahnya selama 50 tahun di industri fashion pada tahun ini.  Jangkauan kami di Singapura, Malaysia, dan Thailand melengkapi pengaruh UOB terhadap konsumen kelas atas yang menggemari fashion di negara-negara tersebut," ujar Howe Chegne, Chief Operating Officer, Club21, yang menjadi bagian dari COMO Group.


Di samping fashion, COMO Group juga menawarkan rangkaian lengkap layanan pariwisata dan kuliner bagi pemegang kartu UOB mulai 14 November 2022. Ketika berbelanja atau bersantap di COMO Dempsey di Singapura, menginap di properti perhotelan tertentu dalam naungan COMO Hotels and Resorts di Bali, Phuket, Bangkok, dan Maladewa, atau menikmati digital wellness di unit bisnis COMO Group, Shambhala, pemegang kartu UOB akan memperoleh fasilitas khusus, seperti diskon dan sederet fasilitas di unit bisnis COMO Group.


Program promosi terbaik bagi nasabah regional, baik di media daring dan luring

Guna memperkuat jangkauan ritel daring di ASEAN, UOB akan bekerja sama dengan raksasa eCommerce Shopee untuk menghadirkan program promosi dan fasilitas yang lebih eksklusif bagi pemegang kartu. Di Singapura, nasabah mendapat tawaran diskon hingga 10% untuk setiap pembelian di Shopee saat memakai kartu andalan UOB One Card. Sejak dilansir pada 2020, kemitraan ini semakin berkembang pesat, dan nilai tagihan Kartu UOB mencapai pertumbuhan hingga di atas 500 persen. Sementara, jumlah transaksi melesat 600 persen hingga saat ini. Bersama Shopee, UOB ingin terus memperluas kemitraan yang sukses tersebut di ASEAN.


"Shopee bangga menjadi mitra UOB di Asia Tenggara. Kami memiliki komitmen yang sama dalam menyediakan transaksi yang mudah dan aman untuk kebutuhan sehar-hari pelanggan. Melalui kemitraan ini, kami akan menawarkan bonus menarik dan pilihan yang kian lengkap bagi pelanggan ketika berbelanja dengan kami. Kami ingin mempererat kemitraan dengan UOB demi meningkatkan layanan Shopee bagi pengguna di Asia Tenggara," ujar Zhou Junjie, Chief Commercial Officer, Shopee.


Tips menarik tentang program promosi regional dari Travel Insider

Portal pariwisata terpadu dari UOB, Travel Insider, akan menampilkan lebih dari 1.000 program promosi pilihan di seluruh dunia lewat kolaborasi yang semakin luas dengan mal besar, gerai bebas bea (duty free), dan jaringan restoran di ASEAN. Selain perpaduan unik dari rekomendasi wisata, tawaran promosi eksklusif, dan fitur merancang rencana liburan, Travel Insider kini menampilkan fasilitas mal di destinasi belanja, termasuk ION Orchard dan Jewel Changi Airport di Singapura, centralwOrld, The EmQuartier, dan The Emporium di Bangkok, Thailand, serta Pavilion Bukit Jalil dan Sunway Malls di Malaysia. 


Kalangan pembelanja juga dapat memperoleh tawaran menarik di peritel bebas bea ternama di Thailand dan Singapura, yakni King Power dan The Shilla Duty Free. Sementara, penggemar kuliner dapat menikmati diskon menarik di jaringan restoran regional, seperti Din Tai Fung, Crystal Jade, dan TungLok Group of Restaurants, serta waralaba asal Malaysia Dragon-i Restaurant dan Grand Imperial Group, serta Oversea Restaurant di Malaysia. Lewat berbagai program promosi dan layanan, Travel Insider menjamin, pemegang kartu UOB di ASEAN akan merasa seperti warga lokal ketika mereka berliburan di lokasi mana pun di dunia.

Sebagai bagian dari program promosi akhir tahun, UOB juga membagikan 32 pasang tiket penerbangan kelas satu (first-class) SIA menuju lokasi mana pun di dunia kepada pemenang beruntung asal Singapura, Malaysia, Thailand, dan Indonesia. Undian mingguan di setiap negara akan dimulai pada 14 November.


Tentang UOB

UOB merupakan sebuah bank terkemuka di Asia dengan jaringan global yang terdiri dari lebih 500 kantor di 19 negara dan kawasan di Asia Pasifik, Eropa dan Amerika Utara. Sejak didirikan pada tahun 1935, UOB telah berkembang secara organik dan melalui sejumlah akuisisi strategis. UOB merupakan salah satu bank ternama di dunia yang telah memperoleh peringkat dari sejumlah lembaga pemeringkat.

UOB memperoleh peringkat Aa1 dari Moody's Investors Service dan AA- dari S&P Global Ratings dan Fitch Ratings. Di Asia, UOB beroperasi melalui kantor pusatnya di Singapura, serta sejumlah kantor cabang di Tiongkok, Indonesia, Malaysia, Thailand dan Vietnam, dan juga kantor cabang dan kantor perwakilan di kawasan.


Selama lebih dari delapan dekade, para kolega UOB terus menjunjung tinggi jiwa kewirausahawan, fokus terhadap penciptaan nilai jangka panjang, serta komitmen yang tidak pernah goyah untuk melakukan hal yang benar bagi nasabah dan kolega.


Kami berkomitmen menjadi penyedia layanan keuangan yang bertanggung jawab dan membawa perubahan bagi kehidupan pemangku kepentingan serta bagi masyarakat di tempat kami berada. Kami tidak hanya berdedikasi membantu nasabah mengelola keuangan secara bijaksana dan mengembangkan usaha mereka, tetapi juga terus teguh dalam mendukung pembangunan sosial, terutama di bidang seni, anak-anak, dan pendidikan. (Tim Liputan)

Editor : Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini