KALBARNEWS.CO.ID (SINGAPURA) -- Pemegang kartu UOB di Singapura dan Asia
Tenggara kini dapat memperoleh promosi dan layanan menarik di sektor
pariwisata, ritel, dan kuliner. Hal ini sejalan dengan langkah UOB untuk
memperluas kolaborasi dengan merek-merek terkemuka berskala regional. Melalui
kolaborasi ini, UOB mempertajam fokusnya dalam membangun masa depan ASEAN,
serta melayani dan menghubungkan lebih dari tujuh juta pelanggan di wilayah
tersebut seiring dengan tuntasnya akuisisi bisnis perbankan konsumer milik
Citigroup di Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Vietnam. Rabu (23 November 2022).UOB Perluas Layanan Ritel di ASEAN Melalui Kolaborasi Eksklusif
Akuisisi ini juga akan
memperkuat posisi UOB di ASEAN dengan nilai tagihan tahunan (year-on-year
billing) yang meningkat hampir 30 persen pada September
2022 seiring dengan kebijakan pembatasan perjalanan dicabut di seluruh
wilayah. Angka kenaikan ini lebih tinggi 10 persen dari nilai tagihan pada masa
prapandemi Covid pada 2019. Nilai tagihan lintas wilayah tahunan UOB turut
mengalami kenaikan di atas 80% pada periode yang sama. Di tengah
proyeksi[1] kenaikan jumlah penumpang pesawat hingga sekitar 430 juta yang
menuju Asia Pasifik tahun ini dibandingkan 2021, melalui kolaborasi tersebut
UOB berada di posisi yang tepat untuk memanfaatkan peluang dari pemulihan
prospek pariwisata di Asia Pasifik.
Berkolaborasi
dengan perusahaan ternama seperti Singapore Airlines (SIA), The MICHELIN Guide,
Club21, dan Shopee, UOB semakin meningkatkan program loyalitas nasabah
dengan menawarkan diskon lintas wilayah, bonus menarik, serta pengalaman unik
bagi pelanggan UOB di Asia Pasifik. Program ini dapat diakses lewat aplikasi
UOB TMRW dan Travel Insider dari UOB, platform terpadu yang menginspirasi
nasabah untuk menemukan ide, panduan, dan tips liburan dari pemuka opini, serta
merancang rencana liburan dengan program promosi terbaik untuk layanan
penerbangan, akomodasi, paket liburan, dan kegiatan wisata.
Jacquelyn
Tan, Head, Group Personal Financial Services, UOB,
berkata, "Setiap nasabah adalah individu yang unik. Di UOB, kami terus
memperluas program promosi dan bonus demi memastikan tersedianya banyak pilihan
untuk setiap gaya hidup, minat, dan kebutuhan pelanggan. Kami bangga dan
gembira menyambut kolaborasi dengan berbagai merek ternama, serta layanan
eksklusif yang ditawarkan merek-merek ini bagi nasabah kami di ASEAN. Mitra
kami memiliki ambisi yang sama untuk melayani pelanggan di ASEAN. Lewat langkah
ini, kami mendiferensiasikan UOB sebagai bank regional sejati yang berhasil
melampaui batas-batas wilayah guna menghadirkan bonus terbaik bagi pemegang
kartu kami di ASEAN.
Menghubungkan
ASEAN dengan maskapai penerbangan nasional Singapura
Melalui Nota Kesepahaman (MOU) yang ditandatangani pada Oktober 2022, UOB dan SIA akan menjajaki pengembangan kartu kredit co-branded bagi nasabah di Thailand. Lewat fasilitas ini, pemegang kartu kredit memperoleh sejumlah manfaat seperti poin KrisFlyer yang menarik setiap nilai belanja dalam dolar dan fasilitas liburan lain. Poin KrisFlyer dapat ditukarkan dengan layanan penerbangan SIA, Scoot, dan mitra maskapai SIA, layanan eksklusif KrisFlyer Experiences, atau digunakan sebagai nilai tunai ketika
berbelanja di
gerai e-commerce premium KrisShop, dan lain-lain.
Demi
menawarkan pengalaman perbankan yang semakin menarik bagi pelanggan UOB di
ASEAN, UOB juga berencana untuk meningkatkan fasilitas khusus, seperti
memberikan poin KrisFlyer berdasarkan jenjang segmen perbankan, dan poin
KrisFlyer saat pelanggan membuat pencapaian perbankan tertentu. MOU ini juga
akan memperluas fasilitas bagi pelanggan lewat program promosi menarik yang
segera diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang.
Kartu
Kredit dan Debit KrisFlyer UOB yang diterbitkan SIA bersama UOB di Singapura mendapat
sambutan hangat dari pemegang kartu dengan nilai tagihan gabungan mengalami
pertumbuhan tahunan sebesar 50 persen pada September 2022. Memanfaatkan
kesuksesan ini, SIA dan UOB akan meningkatkan fasilitas bagi kedua kartu hingga
mencakup fasilitas seperti poin yang lebih besar bagi anggota Kartu Kredit
KrisFlyer UOB ketika berbelanja dengan Kris+, serta poin lebih besar bagi
pemegang Kartu Debit KrisFlyer UOB ketika berbelanja di platform SIA Group
seperti tiket penerbangan SIA dan Scoot, KrisShop, dan Kris+. Daftar manfaat
yang lebih lengkap segera diumumkan pada pertengahan November 2022.
JoAnn
Tan, Senior Vice President Marketing Planning, Singapore Airlines,
berkata, "Singapore Airlines dan UOB memiliki kemitraan strategis yang
baik dan semakin erat selama beberapa tahun terakhir. Kemitraan ini berawal
dari peluncuran Kartu Debit KrisFlyer UOB dan Akun KrisFlyer UOB pada 2017,
diikuti Kartu Kredit KrisFlyer UOB di Singapura pada segmen gaya hidup pada
2019. Kami gembira memperluas dan meningkatkan layanan bersama UOB demi
menawarkan bonus dan fasilitas yang lebih lengkap bagi pelanggan. MOU ini
kembali menjadi pencapaian signifikan dalam kemitraan tersebut. Kami ingin
menawarkan nilai tambah yang lebih besar, serta menjangkau nasabah di ASEAN."
Makanan
yang selalu mendekatkan hati
Pemegang
kartu UOB di Malaysia dan Thailand dapat menikmati kuliner,
sebab UOB akan menjadi mitra eksklusif The MICHELIN Guide yang ternama di
kedua negara tersebut. Di Malaysia, The MICHELIN Guide hadir pertama
kalinya di Kuala Lumpur dan Penang, dan UOB menjadi mitra bank
resmi. Sebagai satu-satunya mitra bank bagi The MICHELIN Guide, pemegang kartu
UOB di ASEAN akan menerima undangan eksklusif untuk mengikuti sesi makan malam
privat dan gala di restoran berbintang MICHELIN
di Thailand dan Malaysia. Pengalaman kuliner yang dirancang
khusus oleh The MICHELIN Guide sejalan dengan dedikasi UOB terhadap
personalisasi. UOB selalu mengapresiasi keunikan setiap pelanggan dengan
merancang layanan perbankan yang sesuai dengan gaya hidup dan kebutuhan
spesifik pelanggan.
"Selama
lebih dari 100 tahun, The MICHELIN Guide menjadi panduan destinasi bagi
wisatawan di seluruh dunia, serta menciptakan pengalaman yang mengesankan bagi
penggemar kuliner melalui rekomendasi kami. Lewat kemitraan dengan UOB, The
MICHELIN Guide memberikan peluang bagi UOB untuk menawarkan kuliner mewah yang
unik dan menarik bagi pelanggan di Thailand dan Malaysia,"
kata Chris Gledhill, Director, MICHELIN Guide Asia dan Timur
Tengah.
Mengapresiasi fashion di setiap wilayah
Demi
mendukung minat anggota kartu UOB dalam mode individual, UOB bermitra dengan
Club21, peritel terkemuka di segmen luxury fashion, untuk
menawarkan akses eksklusif terhadap lebih dari 150 merek ternama dan kegiatan
bertema khusus di Singapura, Thailand, dan Malaysia kepada
seluruh pemegang kartu di ASEAN.
"Club21
merayakan kiprahnya selama 50 tahun di industri fashion pada
tahun ini. Jangkauan kami di Singapura, Malaysia,
dan Thailand melengkapi pengaruh UOB terhadap konsumen kelas atas
yang menggemari fashion di negara-negara tersebut," ujar
Howe Chegne, Chief Operating Officer, Club21, yang menjadi bagian
dari COMO Group.
Di
samping fashion, COMO Group juga menawarkan rangkaian lengkap
layanan pariwisata dan kuliner bagi pemegang kartu UOB mulai 14 November
2022. Ketika berbelanja atau bersantap di COMO Dempsey di Singapura,
menginap di properti perhotelan tertentu dalam naungan COMO Hotels and Resorts
di Bali, Phuket, Bangkok, dan Maladewa, atau menikmati digital
wellness di unit bisnis COMO Group, Shambhala, pemegang kartu UOB akan
memperoleh fasilitas khusus, seperti diskon dan sederet fasilitas di unit
bisnis COMO Group.
Program
promosi terbaik bagi nasabah regional, baik di media daring dan luring
Guna
memperkuat jangkauan ritel daring di ASEAN, UOB akan bekerja sama dengan
raksasa eCommerce Shopee untuk menghadirkan program promosi
dan fasilitas yang lebih eksklusif bagi pemegang kartu. Di Singapura, nasabah
mendapat tawaran diskon hingga 10% untuk setiap pembelian di Shopee saat
memakai kartu andalan UOB One Card. Sejak dilansir pada 2020, kemitraan ini
semakin berkembang pesat, dan nilai tagihan Kartu UOB mencapai pertumbuhan
hingga di atas 500 persen. Sementara, jumlah transaksi melesat 600 persen
hingga saat ini. Bersama Shopee, UOB ingin terus memperluas kemitraan yang
sukses tersebut di ASEAN.
"Shopee
bangga menjadi mitra UOB di Asia Tenggara. Kami memiliki komitmen yang
sama dalam menyediakan transaksi yang mudah dan aman untuk kebutuhan sehar-hari
pelanggan. Melalui kemitraan ini, kami akan menawarkan bonus menarik dan
pilihan yang kian lengkap bagi pelanggan ketika berbelanja dengan kami. Kami
ingin mempererat kemitraan dengan UOB demi meningkatkan layanan Shopee bagi
pengguna di Asia Tenggara," ujar Zhou Junjie, Chief
Commercial Officer, Shopee.
Tips
menarik tentang program promosi regional dari Travel Insider
Portal pariwisata terpadu dari UOB, Travel Insider, akan menampilkan lebih dari 1.000 program promosi pilihan di seluruh dunia lewat kolaborasi yang semakin luas dengan mal besar, gerai bebas bea (duty free), dan jaringan restoran di ASEAN. Selain perpaduan unik dari rekomendasi wisata, tawaran promosi eksklusif, dan fitur merancang rencana liburan, Travel Insider kini menampilkan fasilitas mal di destinasi belanja, termasuk ION Orchard dan Jewel Changi Airport di Singapura, centralwOrld, The EmQuartier, dan The Emporium di Bangkok, Thailand, serta Pavilion Bukit Jalil dan Sunway Malls di Malaysia.
Kalangan pembelanja juga dapat memperoleh tawaran menarik di
peritel bebas bea ternama di Thailand dan Singapura, yakni King
Power dan The Shilla Duty Free. Sementara, penggemar kuliner dapat
menikmati diskon menarik di jaringan restoran regional, seperti Din Tai Fung,
Crystal Jade, dan TungLok Group of Restaurants, serta waralaba asal Malaysia
Dragon-i Restaurant dan Grand Imperial Group, serta Oversea Restaurant
di Malaysia. Lewat berbagai program promosi dan layanan, Travel Insider
menjamin, pemegang kartu UOB di ASEAN akan merasa seperti warga lokal ketika
mereka berliburan di lokasi mana pun di dunia.
Sebagai
bagian dari program promosi akhir tahun, UOB juga membagikan 32 pasang tiket
penerbangan kelas satu (first-class) SIA menuju lokasi mana pun di dunia
kepada pemenang beruntung asal Singapura, Malaysia, Thailand,
dan Indonesia. Undian mingguan di setiap negara akan dimulai pada 14
November.
Tentang
UOB
UOB
merupakan sebuah bank terkemuka di Asia dengan jaringan global yang terdiri
dari lebih 500 kantor di 19 negara dan kawasan di Asia Pasifik, Eropa
dan Amerika Utara. Sejak didirikan pada tahun 1935, UOB telah berkembang
secara organik dan melalui sejumlah akuisisi strategis. UOB merupakan
salah satu bank ternama di dunia yang telah memperoleh peringkat dari sejumlah
lembaga pemeringkat.
UOB
memperoleh peringkat Aa1 dari Moody's Investors Service dan AA- dari S&P
Global Ratings dan Fitch Ratings. Di Asia, UOB beroperasi melalui kantor
pusatnya di Singapura, serta sejumlah kantor cabang di
Tiongkok, Indonesia, Malaysia, Thailand dan Vietnam,
dan juga kantor cabang dan kantor perwakilan di kawasan.
Selama
lebih dari delapan dekade, para kolega UOB terus menjunjung tinggi jiwa
kewirausahawan, fokus terhadap penciptaan nilai jangka panjang, serta komitmen
yang tidak pernah goyah untuk melakukan hal yang benar bagi nasabah dan kolega.
Kami
berkomitmen menjadi penyedia layanan keuangan yang bertanggung jawab dan
membawa perubahan bagi kehidupan pemangku kepentingan serta bagi masyarakat di
tempat kami berada. Kami tidak hanya berdedikasi membantu nasabah mengelola
keuangan secara bijaksana dan mengembangkan usaha mereka, tetapi juga terus
teguh dalam mendukung pembangunan sosial, terutama di bidang seni, anak-anak,
dan pendidikan. (Tim Liputan)
Editor : Aan