KALBARNEWS.CO.ID (BANDUNG) -- Startup social commerce Evermos dan Ria Miranda mengumumkan rencana kerja sama bisnis untuk mengangkat
produk modest fashion buatan lokal dan
memicu dampak positif pada ekonomi nasional. Secara konkret, kerja sama ini
dilakukan dengan peluncuran brand Dale by Ria Miranda di dalam platform dan ekosistem Evermos. Pengumuman ini dilakukan pada
RiaMiranda Annual Show yang diadakan di Jakarta. Kamis (1 Desember 2022). Evermos Dan RiaMiranda: Angkat Modest Fashion Indonesia dan Rebut Pasar Lokal
Ria Miranda, Creative Director Brand RiaMiranda mengatakan, di RiaMiranda Annual Show ke-10 ini,
saya berbagi panggung dengan teman-teman sesama pelaku bisnis, melalui sejumlah
kolaborasi dan kerjasama yang bertujuan untuk memperkuat ekosistem industri
mode muslim tanah air.
Ghufron
Mustaqim, CEO dan Co-Founder Evermos menyampaikan, masyarakat kita (Indonesia) dapat menghabiskan sekitar Rp
91 triliun setiap tahun untuk membeli hijab. Sayangnya, riset kami di World Economic Forum menunjukkan
bahwa hanya 25% dari hijab tersebut yang dihasilkan oleh produksi lokal. Ini
merupakan sebuah kesempatan memajukan ekonomi nasional yang masih sangat bisa
dioptimalkan.
"Bekerja
sama dengan RiaMiranda, yang merupakan pegiat modest fashion, kami
ingin menginspirasi semakin banyak brand dan UKM hijab lokal
untuk terus berkreasi, berinovasi, serta memanfaatkan teknologi.
Harapannya, ada semakin banyak produk-produk lokal yang mampu memenangkan
kembali pasar mode muslim kita," lanjut Ghufron Mustaqim.
Pandu
Rosadi, CEO Brand RiaMiranda mengatakan, persaingan di pasar selalu memunculkan tantangan-tantangan baru. Maka
dari itu, masuknya kita ke era digitalisasi ini tidak boleh kita lewatkan
begitu saja. Kita harus dapat memanfaatkannya, termasuk dengan bergabung
Evermos. Saya harap Evermos yang menyediakan dukungan lengkap bagi para brands,
mulai dari value chain enabler hingga retail enabler, dapat
menjadi platform yang benar-benar memajukan brand lokal.
"Salah
satu dukungan yang kami harapkan dari Evermos adalah menghubungkan brands dengan
ratusan ribu reseller aktif di seluruh Indonesia. Melalui
hal tersebut, semua orang bisa mudah buka usaha dengan menjualkan kembali
produk-produk yang ada di Evermos. Termasuk produk modest fashion yang
masih menyimpan banyak potensi dan sedang mulai bangkit lagi di tahun 2022
ini," lanjut Pandu Rosadi.
Sebagai
awal bentuk konkret kerja sama antara Evermos dengan RiaMiranda, brand Dale
by Ria Miranda sudah masuk ke dalam ekosistem Evermos sejak bulan
November lalu. Menawarkan produk-produk modest fashion seperti
hijab dan gamis, Dale by Ria Miranda dapat dijual kembali ataupun
dibeli sendiri dengan mudah melalui aplikasi Evermos yang sudah diunduh lebih
dari 1 juta kali. Di samping produk-produk yang sudah ada tersebut, rencananya
akan ada produk kolaborasi antara Dale by Ria Miranda dengan Evermos
yang akan diluncurkan dalam waktu dekat.
Memiliki
keselarasan visi, Evermos dan RiaMiranda lahirkan sinergi untuk melahirkan
kebaikan
Kerja
sama ini juga merupakan lanjutan dari bergabungnya Ria Miranda ke
keluarga besar Evermos sebagai brand ambassador. Keduanya
mampu melahirkan sinergi yang baik karena memiliki visi dan keyakinan yang selaras.
Keyakinan tersebut menurut Ria Miranda adalah bahwa berbisnis tidak
hanya sekadar uang, namun juga harus kuat impact-nya.
"Cita-cita
kami mendirikan RiaMiranda itu ingin memberikan banyak kebaikan. Setelah visi
ini kami terapkan, ke-impact juga ke tim, ketika kami bekerja sama
dan berkolaborasi. Dipikirin banget, apa ya yang bisa kita kasih? Sama Evermos
juga, sesuai gak ya visi misinya sama kita tadi? Jadi gak asal
kolaborasi," jelas Ria Miranda.
Salah
satu kesamaan yang paling kuat antara Ria Miranda dan Evermos dalam
memberikan kebaikan adalah membangun komunitas yang positif. Keduanya sering
mengadakan kegiatan-kegiatan yang membangun di dalam komunitasnya
masing-masing, mulai dari pengajian, silaturahmi, kopdar, training,
hingga workshop secara rutin.
Evermos,
sebagai tech startup, melahirkan komunitas tersebut
secara offline maupun online, sehingga terasa
dekat namun tetap mudah diakses siapa saja. Untuk bergabung dengan
komunitas online Evermos yang terbuka untuk umum, seseorang
tinggal mencari "Komunitas Belajar Bisnis by Evermos" di platform
Facebook Group atau dengan mengklik tautan evermos.info/joinKBB.
Di
samping melahirkan komunitas, RiaMiranda dengan Evermos juga kuat dengan
pemberdayaan perempuan. Lebih dari 70% reseller Evermos adalah perempuan.
Beresonansi dengan para womenpreneur tersebut, Ria Miranda berharap
akan semakin banyak perempuan yang mampu bersaing dalam dunia bisnis.
"Sejak day
1, mimpi kami di Evermos adalah untuk memajukan kesejahteraan ekonomi yang
semakin inklusif. Perempuan, yang kami percaya merupakan tulang punggung masa
depan, selalu menjadi salah satu perhatian terbesar kami dalam inklusivitas
tersebut. Tak jarang dari mereka yang kesulitan untuk membantu ekonomi
keluarganya. Evermos berharap dapat memfasilitasi para perempuan untuk menambah
pemasukan keluarga, tanpa harus meninggalkan perannya di rumah,"
tutup Ghufron Mustaqim.
Evermos merupakan social commerce nomor 1 di Indonesia berdasarkan riset dari Populix dan Chalawan. Dengan visi #EkonomiGotongRoyong, Evermos hadir untuk membantu brand menjangkau lebih banyak pelanggan, reseller memperoleh penghasilan tambahan, dan konsumen untuk mendapatkan produk berkualitas. Evermos menyediakan ekosistem yang suportif dan komprehensif secara end-to-end bagi ketiga stakeholders tersebut, mulai dari aplikasi Evermos yang berisi interface produk, marketing & sales kit, pelatihan untuk reseller, hingga ke laman transaksi.
Evermos
berkomitmen penuh untuk mendukung Pemerintah mewujudkan ekonomi
inklusif terutama bagi masyarakat di luar kota Tier 1, melalui transformasi
digital dan pembukaan lapangan pekerjaan. Selain dampak
bisnis, dampak sosial juga menjadi komitmen dari Evermos, antara lain
dengan empowering grassroot, women and a mother
at work (lebih dari 70% reseller Evermos
merupakan perempuan).
Evermos berhasil mendapatkan pendanaan Seri B di tahun 2021 senilai lebih dari Rp 540 Milyar. Di tahun yang sama, Evermos berhasil masuk ke dalam daftar prestisius Forbes Asia 100 to Watch sebagai salah satu dari 100 perusahaan baru di wilayah Asia-Pasifik yang mampu memberikan perubahan sosial dan bertumbuh dengan cepat. Evermos juga merupakan anggota dari Global Innovator bagian dari World Economic Forum dan berpartisipasi aktif dalam pembahasan ekonomi dunia, khususnya pada sektor UMKM.
Pada tahun 2022, Evermos berhasil mengumpulkan 5 prestasi sekaligus,
yakni masuk ke dalam daftar Forbes 30 Under 30 Asia,
memenangkan Internasional 3G Championship Award for Women Empowerment oleh
Cambridge IFA di Dubai, menjadi bagian dari Endeavor Entrepreneur,
mendapatkan penghargaan dari Financial Times dan International
Finance Corporation yaitu Transformational Business Awards 2022 untuk
kategori Gender-Lens Finance Category, serta diberikan penghargaan dari UN
Women Indonesia Women's Empowerment Principles Award 2022 untuk
kategori Transparency & Reporting Category.(Tim liputan)
Editor : Aan