KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) -
Tokopedia #SelaluAdaSelaluBisa berupaya mempermudah pegiat usaha di Indonesia, termasuk UMKM lokal, untuk
menciptakan peluang lewat pemanfaatan teknologi. Kepala
Divisi Hubungan Masyarakat (Regional) Tokopedia, Rizky Juanita Azuz mengatakan,
“Bersama Tokopedia, masyarakat bisa buka toko dengan
mudah, kapan pun dan dimana pun hanya lewat genggaman tangan. Kemudahan ini menjadi salah satu
pendorong semakin banyaknya masyarakat yang memulai bisnis online.” Selasa (6 Desember
2022).Tokopedia Bagikan Tips dan Trik Sukses Memulai Bisnis Online
Ia pun menambahkan, “Saat ini
ada lebih dari 12 juta penjual di Tokopedia yang hampir 100%nya UMKM. Per November 2022, Tokopedia mencatat
Medan, Semarang, Bandung, Jabodetabek, Surabaya sebagai beberapa wilayah dengan jumlah penjual
tertinggi di Tokopedia.”
5 Tips Memulai Bisnis Online
untuk Pemula
Tokopedia bersama Seller
Expert, Jonathan Kho membagikan pondasi utama bagi pelaku bisnis untuk memulai berjualan online di marketplace
seperti Tokopedia:
1. Lakukan Riset Produk
Beberapa riset produk yang
bisa dilakukan penjual di antaranya adalah mempelajari target market, cek tren produk di pasar, membandingkan harga pasar,
serta melihat peluang bisnisnya agar bisa sukses. “Jual
produk yang banyak dibutuhkan masyarakat, namun belum banyak ditemukan di
platform online. Ini bisa menjadi peluang
bisnis yang baik untuk dimanfaatkan,” terang Jonathan.
2. Buat Judul dan Deskripsi
Produk yang Jelas
Penggunaan huruf besar dan
kecil dalam judul perlu diperhatikan. Hindari penggunaan karakter atau symbol yang membuat sulit dibaca atau dicari pada
kolom pencarian. “Di Tokopedia saat ini sudah ada fitur varian, sehingga tidak perlu lagi menggunakan kata
varian di judul,” jelas Jonathan.
Ia pun menambahkan, “Fitur
Wawasan Pasar di Tokopedia juga bisa dimanfaatkan untuk melihat kata kunci yang paling sering digunakan pembeli,
rekomendasi kategori hingga inspirasi tren produk.”
3. Tampilkan Foto dan
Dekorasi Toko yang Menarik
Foto yang ditampilkan harus
memperhatikan pencahayaan yang baik serta menggunakan latar belakang putih atau polos. Sedangkan untuk dekorasi
toko, penjual harus membuat semenarik mungkin. “Hal ini
dilakukan untuk menjadi
pembeda dari toko lain serta mempermudah pembeli melihat promo dan produk unggulan,” tambah Jonathan.
4. Tetapkan Harga yang Pantas
“Agar penghasilan sesuai
dengan target profit, penjual dapat menerapkan rumus “Harga jual = Modal : (1- % Target profit),” terang Jonathan.
5. Tentukan Strategi Promosi
yang Tepat
Penjual dapat memanfaatkan
fitur Promosi Toko untuk menentukan fitur promosi yang ingin digunakan di Tokopedia. Di antaranya TopAds, Broadcast
Chat, Flash Sale, Cashback hingga Bebas ongkir.
Pemilik usaha Mona Fish,
Hartono Samidjan juga turut membagikan pengalamannya. “Fitur TopAds menjadi salah satu andalan dalam
mempromosikan ikan-ikan hias saya. Biasanya saya melakukan strategi penggunaan TopAds di akhir pekan dan akhir
bulan. Terbukti, fitur ini mendorong jumlah pesanan yang terus meningkat.”
Sementara Marketplace
& Reseller Specialist Matchamu, Monica Bayuasthi mengungkapkan, “Sejauh ini, Flash Sale dan Kejar Diskon merupakan
fitur yang paling ampuh mendorong penjualan Matchamu.
Terbukti sekitar 45% omzet penjualan kami berasal dari penjualan di Tokopedia.”
Seller
Expert, Jonathan Kho (Om Botak)
● Nama Om Botak terinspirasi
dari panggilan pelanggan untuk Papa
Mertua yang sudah berjualan spare part sepeda sejak 1940-an di Asem Reges.
● Pengalaman Om Botak di dunia
e-commerce Indonesia sudah lebih
dari 11 tahun.
● Ia memiliki beberapa
official stores brand ternama di Tokopedia.
● Om Botak merupakan penulis
dari “Marketplace Marketing”.
● Selain itu, ia juga menjabat
sebagai Head of Ecommerce Asosiasi
Digital Marketing Indonesia. Pemilik
Mona
Fish, Hartono Samidjan
● Hartono Samidjan, merupakan
Redaktur Pelaksana Harian Suara
Merdeka.
● Ia sudah memiliki hobi ikan
sejak remaja dan pada tahun 1995 memiliki
45 aquarium yang dijadikan buah tangan untuk tamu.
● 90% ikan yang dijual
merupakan hasil ternak sendiri dan dibantu peternak
kecil lain di Semarang.
● Mona Fish memiliki ciri khas
pengemasan yang sangat sekuat pabrik
dan serapi bungkus kado.
● Sejak bergabung di Tokopedia,
Ia dapat meningkatkan jumlah penjualan
hingga 2x lipat.
Marketplace
& Reseller Specialist Matchamu, Monica Bayuasthi
● Monica Bayuasthi, lulusan
Universitas Atma Jaya Yogyakarta, sudah
bergabung dengan Matchamu sejak April 2019.
● Hingga hari ini ia berperan
sebagai Penanggung Jawab Aktivasi dan
Sales Online Matchamu.
● Ia juga ikut bertanggung jawab
di bagian Marketing Staff, Project
Manager, dan Marketplace & Reseller Specialist.
● Sejak ditangani Monica dan
timnya, selama periode 2021-2022, penjualan
Matchamu di online berhasil meningkat dengan menggunakan
strategi aktivasi dan optimalisasi semua fitur yang
ada di Tokopedia seperti TopAds dan Promo, sehingga omzet naik setiap bulannya. (Tim Liputan)
Editor : Aan