KALBARNEWS.CO.ID (SHANGHAI) -- Neta Auto, usaha
rintisan asal Tiongkok yang memproduksi mobil listrik (EV), sukses membuat
perkembangan sistematis pada 2022, melakukan perubahan dari sisi pencitraan
merek (branding), produk,
penjualan, teknologi, kanal, dan ekspansi luar negeri. Maka, Neta Auto bergerak
menuju babak baru dan perkembangan pesat. Pada 1 Januari 2023, merek ini
membagikan data penjualan 2022. Neta Auto secara kumulatif menjual 152.073 unit
mobil pada 2022, mengalami kenaikan tahunan sebesar 118%. Kamis (5 Januari 2023).Neta Auto Sukses Jual Lebih Dari 150.000 Unit Pada 2022, Naik 118%
Dengan demikian, Neta Auto mencatat kenaikan tahunan selama 29 bulan berturut-turut. Neta Auto juga menjadi usaha rintisan Tiongkok pertama di segmen EV yang berhasil menjual lebih dari 150.000 unit mobil per tahun. Sebanyak 3.456 unit di antaranya dikirim untuk pelanggan di luar negeri. Pada akhir Desember 2022, Neta Auto telah mengirim 248.050 unit. Bahkan, Neta Auto hanya membutuhkan delapan bulan untuk menjual 100.000 unit untuk kedua kalinya, lima kali lebih cepat ketika angka penjualan mencapai 100.000 unit untuk pertama kali. Kinerja ini menjadi rekor baru yang dicetak usaha rintisan EV asal Tiongkok. Porsi penjualan 2022 juga tercatat sebesar 61% dari angka penjualan total Neta Auto sejak terbentuk pertama kali, menunjukkan perkembangan pesat merek tersebut.
Angka penjualan tahunan Neta U dan Neta V masing-masing mencapai
51.021 unit dan 98.847 unit. Kinerja ini masing-masing mencatatkan kenaikan
tahunan sebesar 155% dan 99%, mencerminkan dominasi merek ini di segmen SUV
bertenaga listrik murni. Neta S terjual 2.205 unit di 128 kota di Tiongkok,
terhitung sejak model sporty ini mulai dikirim pada
akhir November 2022.
Neta
Auto gencar meningkatkan jangkauan global
Mengandalkan
keunggulan sebagai pionir dan daya saing industri mobil listrik berteknologi
pintar Tiongkok, Neta Auto pun melansir strategi "going global" pada
2022. Merek ini mengambil jalur pengembangan global berdasarkan daya saing di
segmen teknologi pintar dan elektrifikasi, serta kondisi pasar lokal. Neta Auto
juga menjalin kemitraan strategis dengan perusahaan terkemuka, serta gencar
merambah pasar ASEAN dan kian berupaya mengembangkan pasar Uni Eropa. Neta Auto
turut memperluas jangkauannya di beberapa negara Timur Tengah, Australia, dan Selandia
Baru. Lebih lagi, Neta Auto telah mendirikan anak usaha
di Thailand dan unit bisnis di Eropa, sekaligus melansir tiga versi
internasional Neta V dan Neta U untuk pasar luar negeri. Dengan demikian, Neta
Auto kini merambah ASEAN, Asia Selatan, dan Timur Tengah. (Tim Liputan)
Editor : Aan