KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) -
Hermawan Kartajaya, Founder dan Chairman MarkPlus Corp sekaliguspenulis buku
“Marketing 5.0: Technology for Humanity” yang menjadi salah satu dari 30 Buku
BisnisTerbaik 2021 pilihan Soundview, kini kembali menerbitkan buku kesebelas
dengan judul“Entrepreneurial Marketing: Beyond Professionalism to Creativity, Leadership,
and Sustainability”yang merupakan hasil dari karya tulis bersama pakar
pemasaran dunia, Professor Philip Kotler, sertaProfessor Hooi Den Huan selaku
Associate Professor of Marketing di Nanyang Business School, danJacky Mussry
selaku Deputy Chairman dan CEO MarkPlus, Inc, untuk memberikan redefinisientrepreneurial
marketing yang inovatif dan tajam. Jumat (10 Maret 2023).Hermawan Kartajaya Luncurkan Buku Terbaru Bersama Philip Kotler
Buku ini akan mendobrak
stagnasi pendekatan marketing konvensional dengan keterikatankonektivitas
digital dari para konsumen dan perusahaan yang mengakibatkan efikasi pendekatanmarketing
konvensional menjadi semakin lemah. Oleh karenanya, buku ini akan membuka kesempatan baru dalam dunia bisnis untuk
mengadopsi pendekatan entrepreneurial marketing yang lebih kuat guna memastikan kesuksesan suatu
perusahaan di masa depan.
Sebagai salah satu co-author,
Jacky Mussry menjelaskan “Buku Entrepreneurial Marketing akan menjawab kondisi yang dinamis dari
tahun-tahun belakangan ini, dimana sebuah perusahaan harus menkonfergensikan kapabilitas
entrepreneurship dan professionalism untuk menjawab fenomena marketing blind spot yang sudah banyak
terjadi namun tidak disadari, seperti tidak adanya integrase antara technology dan humanity,” pungkas
Jacky Mussry selaku Direktur Utama MarkPlus Corp.
Pendekatan entrepreneurial
marketing generasi terbaru mengintegrasikan dikotomi dalam organisasi suatu perusahaan yang koheren. Dalam
konteks ini, Jacky Mussry menjelaskan pendekatan holistic dengan peran yang sangat penting dalam
bagian operation. Hal ini dikemas dalam satu model, yaitu Omnihouse model yang memadukan kedua simbol
mistik budaya Indonesia yaitu Punokawan dan Pandawa.
Landasan dari model Omnihouse
terdiri dari dua klaster, yakni entrepreneurial dan professionalism dimana klaster entrepreneurial terdiri dari
unsur Creativity, Innovation, Entrepreneurship, dan Leadership (CI-EL) yang merupakan simbol
dari Punokawan, yaitu Bagong, Petruk, Gareng, dan Semar.
Selain itu, klaster professionalism terdiri dari unsur Productivity,
Improvement, Professionalism, dan
Management (PI-PM), yang merupakan simbol dari Pandawa, yaitu Nakula-Sadewa, Arjuna, Bhima, dan
Yudhisthira. Dalam konteks ini, CI-EL dianggap sebagai jawaban bagi pelaku bisnis, pejabat pemerintah,
aktivis sosial, dan para pemimpin organisasi agar tidak gamam ketika beradaptasi di lingkungan yang
dinamis.
“Representasi CI-EL dan PI-PM
masing-masing terdapat dalam Punokawan dan Pandawa. Dalam Punokawan, Bagong
adalah representasi Creativity, Petruk sebagai Innovation, Gareng sebagai Entrepreneurship, dan Semar sebagai
Leadership. Disamping itu, dalam Pandawa masing-masing tokoh seperti Nakula-Sadewa adalah
representasi Productivity, Arjuna sebagai Improvement, Bhima sebagai Professionalism, serta Yudhistira
sebagai Management, ” ujar Hermawan.
Dalam lanjutan penjelasannya
mengenai pre-launching buku Entrepreneurial Marketing di MarkPlus Corp Jakarta, Hermawan Kartajaya
menjelaskan harapannya membawa simbol mistik dari Indonesia, “Ini pertama kalinya setelah 25 tahun saya
menulis buku bersama Professor Philip Kotler, dan mendapatkan
kesempatan besar mengenalkan simbol budaya Indonesia yaitu Punokawan dan Pandawa sebagai kapabilitas baru yang
berada di appendix buku Entrepreneurial Marketing. Melalui official international launch yang akan
saya adakan nanti di Jenewa, Swiss, saya mengharapkan hal ini merupakan bentuk dari spirit Indonesia agar
dapat dibawa ke dunia dan menjadi contoh dalam memperjuangkan
semangat Asia,” ujar Hermawan.
Hermawan Kartajaya akan
memperkenalkan peresmian buku tersebut secara internasional pada 20 Maret 2023 di World Intellectual Property
Organization (WIPO), Jenewa, Swiss. Buku ini secara resmi diterbitkan pada 14 Maret 2023 dan dapat
dibeli melalui melalui Amazon.com. (tim Liputan)
Editor : Aan