KALBARNEWS.CO.ID (BANDUNG) -- Evermos, platform social commerce
terbesar di Indonesia, berhasil mengumpulkan dana
sebesar USD39 juta dalam putaran pendanaan Seri C. Dipimpin oleh
International Finance Corporation (IFC) – a member of the World Bank Group – dan
diikuti oleh beberapa mitra investor lama seperti Jungle Ventures, Shunwei
Capital, UOB Venture Management, dan Telkomsel Mitra Inovasi, putaran pendanaan
ini juga melibatkan investasi dari mitra investor baru, SWC Global, Endeavor
Catalyst, dan Uni-President Asset Holdings. Dengan putaran pendanaan terbaru
ini, Evermos tetap teguh dalam mencapai misinya untuk meningkatkan usaha mikro,
kecil, dan menengah (UMKM) lokal serta memberikan dampak positif bagi ekonomi
nasional. Jumat (26 Mei
2023).Evermos Umumkan Pendanaan Senilai USD 39 Juta Dukung Perluasan Jaringan Connected Commerce
Ghufron
Mustaqim, Co-Founder dan CEO Evermos,
mengatakan, "Kami tetap setia pada komitmen kami dalam mendukung brand
lokal sejak awal. Dalam proses mengatasi permasalahan logistik yang dihadapi
berbagai brand Indonesia akibat tantangan geografis dan ekonomi
negara yang unik, kami menyadari bahwa brand
dari Indonesia menghadapi beragam tantangan di luar dari isu
distribusi. Oleh karena itu, kami akan terus memanfaatkan inovasi guna
menghubungkan brand lokal dengan pelanggan di kota-kota kategori tingkat lebih
rendah dengan lebih efisien. Pencapaian ini mencerminkan kepercayaan investor
dalam menjalankan misi kami dan dedikasinya untuk memberdayakan kelompok rentan
dengan menyediakan sumber pendapatan yang berkelanjutan dan fleksibel melalui
jaringan distribusi terhubung dan dukungan dari layanan perdagangan kami."
Sejak
didirikan pada November 2018, Evermos telah berkomitmen untuk mengatasi
tantangan kompleks yang memengaruhi UMKM lokal, yang menyumbang 99,9% dari
total bisnis di Indonesia, menurut Bank Indonesia. Meskipun UMKM
berkontribusi 60,3% terhadap PDB[1], hanya sekitar 0,5% yang mampu
berkembang, sebagian karena tantangan logistik yang melimpah di
pasar Indonesia. Dengan lebih dari 17.000 pulau yang membentang sejauh
5.100 kilometer dari barat ke timur, geografi unik pasar Indonesia membuat
ekspansi nasional menjadi mahal dan memakan waktu, terutama di kota-kota
kategori tingkat lebih rendah.
Evermos
telah berkomitmen untuk mengurangi tantangan logistik ini sejak awal, untuk
memastikan adanya kesempatan yang setara bagi seluruh masyarakat Indonesia,
tanpa memandang lokasi geografis, tingkat pendapatan, atau jenis kelamin. Hal
ini termasuk menjalin hubungan langsung dengan brand lokal
untuk mendekatkan mereka dengan konsumen dan menawarkan solusi komprehensif
untuk kebutuhan perdagangan khusus setiap brand. Dengan bergabung
dalam ekosistem Evermos, para brand dapat mengakses 500 kota
dengan 160.000 reseller yang dapat beroperasi tanpa memerlukan sumber daya
modal yang besar.
Evermos akan mengalokasikan pendanaan terbaru ini untuk
memperkuat jaringan reseller dengan memperdalam penetrasi di Jawa dan melakukan
ekspansi ke Sumatera, sehingga brand dapat lebih cepat
menjangkau populasi Indonesia yang semakin berkembang di kota-kota tier 2
dan tier 3. Evermos akan terus mendorong upaya pemberdayaan
merek lokal untuk memberikan dampak positif pada ekonomi Indonesia, dengan
memperluas layanan di seluruh rantai nilai ritel untuk mendukung pertumbuhan
mereka yang berkelanjutan. Selain memperluas jaringan reseller, Evermos akan
terus memimpin upaya pengembangan keterampilan bagi reseller untuk memperluas
basis pelanggan mereka melalui iklan digital di luar jaringan pribadi.
Perusahaan ini mencatat peningkatan penjualan hingga 18 kali lipat bagi
reseller yang memanfaatkan alat-alat digital dibandingkan dengan mereka yang
hanya mengandalkan jaringan pribadi. Selain itu, pendanaan ini akan mendukung
pengembangan berbagai tools dan solusi berbasis kecerdasan
buatan (AI) oleh Evermos untuk membantu reseller memahami konsumen lebih baik
melalui Customer Relationship Management.
Evermos
adalah jaringan komersial sosial terbesar di Indonesia, dengan 160.000
reseller yang bertransaksi setiap bulannya per Januari 2023. Didirikan
pada November 2018 oleh Ghufron Mustaqim, Arip Tirta, Iqbal Muslimin,
dan Ilham Taufiq, Evermos telah mengalami pertumbuhan yang luar biasa.
Sejak pandemi, Evermos telah menunjukkan pertumbuhan Gross Merchandise Value
(GMV) sebanyak 17 kali lipat dari Tahun Fiskal 2020 hingga Tahun Fiskal 2022.
"Meningkatkan
pertumbuhan platform social commerce yang didukung teknologi seperti Evermos
dapat memacu pertumbuhan ekonomi dan memberikan kontribusi besar untuk membuka
akses ke pasar, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan kesejahteraan bagi
jutaan UMKM dan pengusaha, yang banyak di antaranya adalah perempuan dan
merupakan tulang punggung dari perekonomian Indonesia," ucap Randall
Riopelle, Acting Country Manager IFC for Indonesia and Timor-Leste.
"Investasi kami di Evermos tidak hanya akan mendorong kemakmuran bersama
dan inklusi keuangan dan digital, tetapi juga akan memberikan kontribusi yang
signifikan untuk memajukan ekonomi digital yang terus berkembang pesat
di Indonesia."
Yash
Sankrityayan, Managing Partner di Jungle Ventures, menambahkan, "Jungle Ventures bangga mendukung Evermos
untuk ketiga kalinya sejak memimpin putaran pendanaan Seri A pada tahun 2019.
Sejak saat itu, Evermos telah menjalin jaringan distribusi terbesar untuk
produk konsumen diskresioner di seluruh Indonesia sambil memberikan
penghasilan rumah tangga yang signifikan bagi ratusan ribu
penduduk Indonesia yang tinggal di kota-kota tier 2
dan tier 3."
Wendi
Xiang, Vice President of SWC Global,
mengatakan, "Kami sangat senang mendukung Evermos, yang telah secara jelas
menunjukkan kemampuannya untuk memberikan dampak positif pada ekonomi selama
empat tahun terakhir. Saat SWC Global fokus pada pertumbuhan startup Asia
di berbagai sektor seperti Mobile Internet, Deep Technology, dan Consumer
Internet of Things (IoT), kami melihat bahwa Evermos mencatat pertumbuhan yang
mengesankan dengan dasar bisnis yang kuat yang telah memberikan dampak sosial
positif bagi reseller di kota-kota tingkat lebih rendah dan daerah
pedesaan Indonesia. Kami yakin bahwa investasi kami di Evermos akan
membawa perubahan yang bermakna bagi generasi masa depan sambil menciptakan
nilai bagi para pemangku kepentingan."
"Telkomsel
Mitra Inovasi senang dengan sinergi antara Telkomsel dan Evermos yang terus
berkembang. Menjadi mitra kami dalam social commerce, Evermos memelopori
rangkaian layanan yang memberdayakan individu dari kelompok rentan. Dengan
menyediakan kesempatan dan sarana bagi masyarakat untuk menjalani kehidupan yang
berkelanjutan, Evermos telah membuktikan dampak yang dihasilkannya terhadap
perekonomian Indonesia. Sebagai perusahaan modal ventura yang percaya pada
kekuatan teknologi dan inovasi untuk mengubah kehidupan dan menciptakan
perubahan positif di masyarakat, Telkomsel Mitra Inovasi berharap dapat
melanjutkan kerja sama dengan Evermos untuk mendorong pembangunan dan
pertumbuhan yang inklusif di seluruh Indonesia. Kami berharap kemitraan
yang berkelanjutan ini akan meningkatkan jangkauan pasar kami dan dapat saling
memberikan keuntungan," ucap Mia Melinda, CEO dari Telkomsel Mitra
Inovasi.
Tentang Evermos
Evermos
adalah platform social commerce yang memberdayakan brand lokal
dan masyarakat luas dengan menyediakan jaringan connected distribution dan
layanan commerce yang berfokus pada produk-produk yang sesuai
dengan prinsip-prinsip syariah. Evermos adalah one-stop platform
yang memberikan solusi perdagangan komprehensif bagi mitra brand lokal
dan perangkat yang diperlukan bagi reseller untuk sukses, termasuk pelatihan,
dengan tujuan menghadirkan kesetaraan bagi semua reseller tanpa memandang jenis
kelamin, latar belakang pendidikan, lokasi geografis, atau tingkat pendapatan.
Didirikan
pada November 2018, Evermos telah membangun jaringan social
commerce berbasis reseller terbesar di Indonesia dengan
lebih dari 160.000 reseller aktif di seluruh Indonesia dan 1.600
mitra brand.
Evermos
telah meraih berbagai penghargaan industri yang signifikan hingga saat ini,
seperti Forbes Asia 100 to Watch di kawasan Asia-Pasifik, Penghargaan UN Women
2022 Prinsip Pemberdayaan Perempuan (WEPs) Indonesia, dan menjadi bagian
dari jaringan global Endeavor Entrepreneur. Evermos juga menjadi anggota
Komunitas World Economic Forum's Global Innovator, kelompok undangan khusus
bagi perusahaan start-up dan scale-up paling menjanjikan di dunia yang berada
di garda terdepan inovasi teknologi dan model bisnis yang etis. (tim Liputan).
Editor : Aan