KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) -- Mitra Bukalapak, platform online-to-offline (o2o) yang dikembangkan perusahaan teknologi Indonesia Bukalapak ("IDX:BUKA''), kembali menggelar Spesial Kumpul Juwara (SKJ) di Tangerang dan Bogor. Sebagai acara edukasi yang diselenggarakan secara rutin,
salah satu misi SKJ ialah menghadirkan program edukasi yang menumbuhkan
semangat berpikir inovatif dan kewirausahaan di kalangan pemilik warung dan
usaha mikro. Kegiatan SKJ kali ini juga didukung oleh PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk dan dihadiri oleh ratusan pemilik warung, kios pulsa, maupun
individu anggota Komunitas Juwara. Jumat (12 Mei 2023).Mitra Bukalapak Ajarkan Strategi Kewirausahaan ke Ratusan Pemilik Warung di Tangerang dan Bogor
Komunitas Juwara merupakan komunitas yang dibentuk oleh Mitra
Bukalapak untuk mengumpulkan para pemilik warung, kios pulsa, dan agen
individual yang tersebar di seluruh Indonesia. Sebagai komunitas pemilik
warung terbesar di Indonesia, Komunitas Juwara kini memiliki sekitar
130.000 anggota yang tersebar di lebih dari 50 kota di Indonesia.
Pemilihan
kedua lokasi SKJ kali ini tidak lepas dari potensi UMKM yang tumbuh secara
signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Dinas Koperasi, UKM, dan
Perindustrian Kota Bogor merekap jumlah UMKM mencapai 73.336 unit pada tahun
2023. Tren positif ini juga diikuti dengan Kabupaten Tangerang yang mencatat
pertumbuhan positif UMKM sebesar 78% sepanjang tahun lalu. Meski demikian, industri
ini masih kerap dihadapkan berbagai tantangan, seperti minimnya pengalaman
pemilik usaha dalam mengelola bisnis, terbatasnya akses ke pelatihan bisnis dan
pengembangan diri, serta ketiadaan sarana berjejaring, yang menghambat
pengembangan usaha.
Tantangan
tersebut kemudian dijawab Mitra Bukalapak lewat beragam program edukasi yang
mengangkat topik sesuai kebutuhan pemilik warung serta membangun jejaring
bersama Komunitas Juwara. Lewat berbagai inisiatif, para pemilik warung atau
Mitra dapat meningkatkan kapabilitasnya dalam mengelola produk, bisnis, maupun
keuangan secara digital.
Selain
belajar dan berbagi pengalaman, di acara SKJ ratusan Mitra ini juga diajak
untuk berjejaring dan menikmati berbagai acara hiburan seru yang dibawakan oleh
Komunitas Juwara dan PT Ultrajaya Milk Industry & Trading,
seperti kuis berhadiah dan berbagai program kolaborasi bersama Mitra Bukalapak.
Kisah
Sukses Mitra
Salah
satu anggota Komunitas Juwara asal Tangerang yang menjadi peserta
SKJ, Ninik Sri Suryandari, membagikan cerita keberhasilannya
dalam mentransformasi bisnis kecil-kecilannya yang semula hanya menjual
makanan, hingga menjadi warung sembako serba ada seperti sekarang.
"Usia
saya sudah 50 tahun dan gagap teknologi. Namun, aplikasi Mitra Bukalapak
menawarkan kemudahan sehingga pengguna bisa lebih cepat beradaptasi. Banyak
produk dan fitur yang bisa dieksplor. Di tahun pertama, saya fokus melayani
transaksi untuk produk virtual seperti token listrik, paket data, kirim uang,
dan pembayaran angsuran. Selanjutnya di tahun kedua, saya mulai merambah ke
produk grosir," ungkap Ninik.
Selain
berkat peningkatan variasi produk yang difasilitasi oleh Mitra Bukalapak,
warung milik Ninik bertumbuh pesat berkat keaktifannya di Komunitas Juwara.
Lewat berbagai aktivitas dan kegiatan edukasi, ia banyak mendapatkan wawasan
baru terkait strategi branding, promosi, dan komunikasi pelanggan
yang dapat menunjang pengembangan usahanya. Komunitas Juwara juga memberikan
ruang untuk berjejaring dengan banyak sesama pemilik warung melalui grup
WhatsApp yang terkoordinir di masing-masing wilayah.
Hal
senada juga disampaikan Mostakim atau akrab disapa Kang
Opet, pemilik warung asal Bogor yang telah bergabung dengan Mitra
Bukalapak sejak 2019.
"Komunitas
Juwara membantu saya untuk bisa mendalami banyak hal terkait bisnis warung.
Semula saya jadi tahu tentang produk virtual, semakin lama semakin bersemangat
mengikuti fitur-fitur terbaru. Komunitas ini juga memungkinkan saya belajar
dari pengalaman para Mitra Bukalapak lain, baik tantangan dan solusinya atau
bahkan ide-ide kreatif, sepertinya menerapkan paket bundling di
warung, yang membantu saya meraih keuntungan maksimal," ujar Mostakim.
Berkat Mitra Bukalapak, ia mengaku mengalami peningkatan pendapatan hingga 2x
lipat.
"Mitra
Bukalapak berkomitmen untuk mewujudkan sarana edukasi yang komprehensif lewat
Komunitas Juwara. Dengan adanya berbagai kegiatan komunitas secara daring dan
luring, kami ingin terus menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan pola pikir inovatif
para pemilik warung, sehingga mereka bisa memiliki keberanian untuk mengambil
risiko dan mengembangkan inovasi-inovasi sederhana. Lewat pemberdayaan ini,
kami juga berharap dapat mengantarkan mereka untuk mencapai bisnis yang
berkelanjutan," ujar Howard Gani, CEO Buka Mitra Indonesia.
Tentang
Mitra Bukalapak
Mitra
Bukalapak, sebuah anak perusahaan dari perusahaan teknologi Indonesia,
Bukalapak ("IDX:BUKA"), berfokus pada pengembangan warung
tech untuk memberdayakan pedagang kecil dan UMKM
di Indonesia dengan teknologi.
Didirikan
pada tahun 2017, Mitra Bukalapak kini melayani lebih dari 16,8 juta warung,
kios pulsa, dan bisnis mikro dan kecil lainnya di seluruh Indonesia.
Sebagai pemimpin pasar di sektor online-to-offline (O2O), Mitra Bukalapak
memenuhi kebutuhan digital pemilik bisnis dengan menyediakan akses ke berbagai
produk fisik, virtual, dan keuangan. Platform ini juga menyederhanakan rantai
pasokan dan menyederhanakan berbagai lapisan proses logistik sehingga operasi
bisnis berjalan lebih efektif dan mengalami pertumbuhan yang lebih baik.
Melalui inovasi teknologi dan kegiatan berbasis komunitas, Mitra Bukalapak
berkomitmen untuk mendukung percepatan transformasi digital di Indonesia. (Tim Liputan).
Editor : Aan