KALBARNEWS.CO.ID (SINGAPURA) -- UOB dan Lazada Group menyepakati Nota
Kesepahaman (MoU) untuk berkolaborasi dalam produk ritel dan solusi perbankan
bagi para nasabah UOB dan pengguna Lazada di lima pasar utama di Asia Tenggara, yakni Singapura, Malaysia, Indonesia, Thailand, dan Vietnam. Melalui kolaborasi strategis di tingkat regional, kedua
pemimpin industri ini juga akan bekerja sama meningkatkan akses pembiayaan bagi
para penjual di platform Lazada.Selasa (9 Mei
2023).UOB dan Lazada Jalin Kemitraan Guna Kembangkan Ekosistem Digital di Asia Tenggara
Kolaborasi ini merupakan kemitraan perdana Lazada dengan sebuah
bank yang melibatkan berbagai jenis layanan pembiayaan dan keuangan
di Asia Tenggara. Demikian halnya bagi UOB yang juga baru pertama kali
menjalin kolaborasi dengan platform e-commerce. Kolaborasi ini akan
memanfaatkan teknologi dan posisi Lazada sebagai platform e-commerce terkemuka
di Asia Tenggara, serta keahlian teruji UOB dalam produk keuangan, layanan
perbankan yang unggul, serta kepercayaan nasabah yang telah lama terjalin. Hal
ini akan membantu baik nasabah UOB maupun para penjual di Lazada
untuk mendapatkan akses dan manfaat atas layanan pembiayaan dan keuangan yang
lebih baik serta sesuai kebutuhan mereka.
Frederick
Chin, Head, Group Wholesale Banking and Markets, UOB, mengatakan, "Wilayah
ASEAN memainkan peran strategis sebagai kekuatan ekonomi dunia. Sebagai bank
dengan rekam jejak yang kuat di ASEAN, ambisi kami adalah membuka pintu peluang
bisnis baru di seluruh kawasan. Kolaborasi dengan mitra e-commerce seperti
Lazada melengkapi upaya berkelanjutan kami untuk menghadirkan solusi inovatif
dan di personalisasi di wilayah ASEAN yang terus berkembang. Melalui
kemitraan ini, baik konsumen maupun bisnis dapat memperoleh manfaat dari
layanan keuangan yang mulus, serta memberikan pengalaman lebih dalam lanskap
digital ASEAN yang dinamis."
James
Dong, Chief Executive Officer, Lazada Group berkata, "Lazada
berkomitmen membangun ekosistem yang terbuka dan mudah diakses di Asia
Tenggara dan kami senang bisa memiliki kesamaan visi dengan UOB. Bagi
pelanggan, kami akan menawarkan opsi pembiayaan dan keuangan yang mudah
digunakan, nyaman, dan aman untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup mereka.
Sementara bagi brand dan penjual, kami membantu mengembangkan
dan mempercepat pertumbuhan bisnisnya. Lazada berkeinginan untuk hadir dalam
jangka waktu lama, untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan dan dalam
jangka panjang bersama dengan seluruh mitra dalam ekosistem kami."
Manfaat
yang lebih baik bagi pelanggan
Nasabah
UOB dan pelanggan Lazada akan mendapatkan manfaat lebih ketika berbelanja di
platform e-commerce Lazada dan menggunakan layanan lifestyle banking UOB
untuk pembelanjaan mereka. Pelanggan di Singapura bisa lebih dulu menikmati
manfaat tersebut dengan penawaran welcome gift berupa kupon diskon
hingga $200 untuk pelanggan baru Lazada.
Dengan
UOB mengakuisisi bisnis consumer banking Citigroup di empat
negara di ASEAN, UOB akan melanjutkan kemitraan kartu kredit co-brand Citi-Lazada
di Thailand, Malaysia, dan Vietnam. Di ketiga negara ini, kartu
kredit UOB akan mengalami penyegaran dan menjadi kartu kredit co-brand baru
UOB-Lazada di tahun ini dengan fasilitas yang semakin menarik. UOB dan Lazada
berencana untuk memperluas penawaran kartu kredit co-brand ini
ke Singapura dan Indonesia. Selain bisa menikmati berbagai bonus menarik
sepanjang tahun dari Lazada, pemegang kartu akan mendapatkan akses ke berbagai
penawaran spesial dalam festival belanja online Lazada.
Sejalan
dengan langkah Lazada melokalisasi produk layanan pembiayaan dan keuangan di
tingkat regional, Lazada dan UOB juga akan berkolaborasi dalam layanan cash
management dan pemrosesan transaksi bagi para penjual Lazada di ASEAN.
Layanan
dan akses pembiayaan yang lebih baik bagi para penjual di Lazada
Lazada
dan UOB akan menawarkan pinjaman kepada para penjual di platform Lazada melalui
program pinjaman digital yang baru. Dengan memanfaatkan wawasan tentang penjual
Lazada dan kemampuan perbankan digital UOB yang didukung solusi manajemen
rantai pasokan keuangan terpadu, kolaborasi ini akan mempermudah proses
pengajuan, persetujuan, dan penyaluran pinjaman serta pembiayaan bagi penjual.
Lazada dan UOB akan memulai penawaran di tahun ini.
Keterlibatan
dan personalisasi pelanggan yang semakin optimal
UOB dan
Lazada berkomitmen menawarkan sebuah pengalaman yang lebih mudah dan
terintegrasi kepada para nasabah dan pelanggannya, yang dirancang sesuai dengan
pola berbelanja dan kebutuhan masing-masing individu. Kemitraan ini akan
memperkuat penawaran UOB dan Lazada atas fasilitas yang lebih personal bagi
para pelanggan di Asia Tenggara, demi meningkatkan keterlibatan pelanggan
serta mengoptimalkan tingkat kepuasan pelanggan saat berbelanja daring.
Mengenai
UOB Indonesia
UOB
Indonesia merupakan anak perusahaan dari United Overseas Bank Limited, sebuah
bank ternama di Asia dengan jaringan global yang terdiri dari lebih 500 kantor
di 19 negara dan wilayah di Asia Pasifik, Eropa, dan Amerika Utara. UOB
Indonesia didirikan pada tahun 1956. Jaringan layanan UOB Indonesia
terdiri atas 130 kantor cabang dan 132 ATM di 42 kota di 16 provinsi di seluruh
Tanah Air. Layanan perbankan UOB dapat dinikmati melalui jaringan ATM regional,
ATM Prima dan jaringan Bersama serta jaringan Visa.
UOB
Indonesia berkomitmen menghadirkan produk berkualitas dan layanan prima bagi
nasabah. UOB Indonesia menghadirkan beragam produk perbankan dan layanan,
termasuk layanan keuangan pribadi, perbankan untuk dunia usaha, perbankan
komersial, perbankan perusahaan, pasar global, serta pengelolaan investasi. UOB
Indonesia mendapat predikat AAA (idn) dari Fitch Ratings.
UOB
Indonesia memiliki basis nasabah ritel yang kuat melalui sejumlah produk
tabungan, layanan hipotek serta kartu kredit. Layanan perbankan yang dihadirkan
UOB Indonesia juga dapat diakses di Indonesia, Singapura, Malaysia,
dan Thailand melalui ratusan ATM UOB.
TMRW,
yakni bank digital UOB yang telah memenangkan penghargaan, melayani generasi
nasabah Indonesia yang melek digital dengan memberikan pengalaman
perbankan yang lebih baik dan personal melalui penggunaan data dan umpan balik
nasabah. Melalui TMRW, UOB berkomitmen membantu nasabah mencapai tujuan
keuangan mereka dalam membangun hari esok yang lebih baik.
UOB
Indonesia terus berupaya membantu perusahaan-perusahaan dengan rencana ekspansi
mereka dan telah mendukung banyak perusahaan dari sejumlah industri seperti
konstruksi, pertambangan, real estate, dan sektor-sektor layanan yang
berekspansi di Indonesia.
UOB
Indonesia berkomitmen menjadi penyedia layanan keuangan yang bertanggung jawab
dan membawa perubahan bagi kehidupan pemangku kepentingan kami serta bagi
masyarakat tempat kami berada. Kami tidak hanya berdedikasi membantu pelanggan
mengelola keuangan mereka secara bijaksana dan mengembangkan usaha mereka,
tetapi juga terus teguh dalam mendukung pembangunan sosial, terutama di bidang
seni, anak-anak, dan pendidikan.
Lazada
Group adalah pelopor platform eCommerce di Asia Tenggara. Selama 11 tahun
terakhir, Lazada telah mempercepat kemajuan di Indonesia, Malaysia,
Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam melalui
perdagangan dan teknologi. Saat ini, ekosistem eCommerce Lazada telah
berkembang dan menghubungkan sekitar 160 juta pengguna aktif ke lebih dari satu
juta penjual aktif setiap bulan, yang bertransaksi dengan aman dan nyaman
melalui beragam fitur pembayaran terpercaya, menerima paket melalui jaringan
logistik terbesar di Asia Tenggara. Dengan visi untuk mencapai GMV tahunan
senilai USD100 miliar, Lazada bertujuan untuk melayani 300 juta
pembeli pada tahun 2030, dan menjadi yang terbaik dalam mendukung brand dan
penjual mendigitalisasi bisnis mereka. (Tim Liputan).
Editor : Aan