FPT Smart Cloud Bermitra Dengan Home Credit Indonesia Guna Mentransformasi Jasa Keuangan Lewat Solusi AI
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA)
- FPT Smart Cloud, perusahaan terkemuka asal Vietnam yang menyediakan
solusi AI dan layanan cloud, bekerja sama dengan Home Credit
Indonesia, perusahaan pembiayaan berbasiskan teknologi yang melayani enam juta
pelanggan. FPT Smart Cloud dan Home Credit Indonesia menjalin kemitraan
strategi untuk mengembangkan AI. Rabu (5 Juli 2023).
Kolaborasi ini mengawali aliansi
komprehensif dalam aplikasi teknologi AI untuk kegiatan operasional Home Credit
Indonesia. Dengan teknologi AI, Home Credit Indonesia memanfaatkan keahlian FPT
Smart Cloud dalam solusi AI, serta meningkatkan layananya di industri keuangan.
Berdiri pada 2013, Home Credit
Indonesia berekspansi dengan pesat di seluruh Indonesia, serta berkomitmen
menyediakan jasa keuangan yang cepat, transparan, dan mudah digunakan.
Lewat integrasi platform daring dan
luring dalam seluruh kegiatan operasionalnya, Home Credit Indonesia memastikan
pelanggannya dapat mengakses layanan di mana saja dan kapan saja. Hal ini
membuktikan komitmen Home Credit Indonesia dalam menyediakan "jasa
keuangan tepercaya yang mudah diakses".
Kepemimpinan pasar Home Credit
Indonesia juga didukung komitmen pada inovasi, terutama memanfaatkan teknologi
generasi baru demi meningkatkan layanan, serta memberikan nilai tambah bagi
pelanggan.
Lebih lagi, Home Credit Indonesia
adalah perusahaan yang bereputasi, serta terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa
Keuangan (OJK) sehingga menjamin aspek kepercayaan dan reliabilitas perusahaan
tersebut. Maka, kemitraan yang terjalin dengan FPT Smart Cloud akan memenuhi
undang-undang/regulasi yang berlaku. Dan, teknologi FPT Smart Cloud dirancang
agar mampu menyediakan layanan finansial yang aman dan efektif bagi pelanggan.
Berkat optimisme Home Credit
Indonesia pada potensi masif AI untuk mentransformasi kegiatan operasional di
sektor keuangan, sebuah kemitraan pun terjalin dengan FPT Smart Cloud, pemimpin
teknologi AI.
Lewat kolaborasi dengan FPT Smart
Cloud, perusahaan jasa keuangan ini mengakses layanan dan keahlian AI canggih
untuk meningkatkan layanannya, mengoptimalkan efisiensi operasional, serta
mewujudkan pengalaman pelanggan terbaik.
Unsur utama di balik kemitraan ini
terletak pada proyek AI Chatbot yang penuh terobosan. Proyek ini segera
mentransformasi interaksi pelanggan dan layanan pelanggan.
AI Chatbot memiliki kemampuan yang
luar biasa dalam memahami bahasa. Dengan demikian, AI Chatbot mampu memahami
dan merespons pertanyaan pelanggan dalam berbagai bahasa, khususnya Bahasa
Indonesia sebagai bahasa lokal.
Chatbot menghadirkan layanan yang
personal di berbagai titik interaksi, menjawab pertanyaan pelanggan secara
instan, serta menyampaikan program promosi Home Credit Indonesia kepada
anggotanya.
Berfokus pada akurasi bahasa dan
kinerja bermutu tinggi, FPT Smart Cloud berkolaborasi dengan Informatics &
Business Institute Darmajaya di Indonesia untuk mengembangkan language
processing engine dalam format teks dan suara yang dirancang khusus
untuk Bahasa Indonesia.
Le Hong Viet, CEO, FPT Smart Cloud,
berkata, "FPT.AI, dikembangkan dan dikelola oleh FPT
Smart Cloud, memiliki visi global, yakni mengandalkan kekuatan natural
language processing guna menjawab tantangan yang dihadapi pelaku usaha
di seluruh dunia. Indonesia, sebagai pasar yang potensial, telah menjadi
prioritas bagi kami. Lewat kolaborasi dengan Home Credit Indonesia, kami ingin
menciptakan nilai tambah jangka panjang, serta menggerakkan transformasi
digital di sektor keuangan. Di sisi lain, dengan memanfaatkan solusi FPT.AI, Home Credit Indonesia membangun daya
saing di tengah pasar jasa keuangan yang kompetitif di Indonesia."
Proyek AI Chatbot menjadi batu
loncatan menuju sebuah masa depan ketika pelanggan mudah mengakses opsi layanan
mandiri. Lewat layanan ini, pelanggan dapat memperoleh informasi akun dan
melakukan berbagai transaksi dengan mudah. Fitur layanan mandiri ini membantu
pelanggan, dan mengurangi ketergantungan pada bantuan manusia sekaligus
meningkatkan efisiensi operasional Home Credit Indonesia.
"Sebagai perusahaan yang
memprioritaskan pelanggan, Home Credit Indonesia berkomitmen meningkatkan
pengalaman pelanggan. Maka, kemitraan dengan FPT Smart Cloud menjadi pencapaian
baru dalam upaya kami untuk memanfaatkan teknologi canggih dan inovasi demi
meningkatkan layanan pelanggan. Kerja sama tersebut juga menjadi bagian dari
peningkatan mutu layanan menuju layanan otomatisasi di seluruh aspek
perusahaan. Implementasi teknologi AI secara drastis akan meningkatkan
kecepatan dan efisiensi layanan pelanggan kami. Dengan demikian, kami dapat
menjamin pelanggan memperoleh bantuan dengan segera dan kemudahan pada berbagai
titik interaksi. Kami menghadirkan seluruh peluang bagi pelanggan yang ingin
menggunakan layanan Home Credit Indonesia," jelas Yusron Anas, Chief
Information Officer, Home Credit Indonesia.
Terlepas dari tantangan mendatang,
kemitraan yang penuh terobosan ini mencerminkan lompatan besar menuju masa
depan yang didukung teknologi canggih. Kemitraan ini juga menghadirkan peluang
menarik bagi FPT Smart Cloud untuk merambah pasar Indonesia, mewujudkan
berbagai peluang, serta menuju era pertumbuhan dan inovasi yang luar biasa.
Indonesia memiliki tingkat
penggunaan AI sekitar 24,6%, tertinggi di antara negara Asia
Tenggara lain. Sebagai perbandingan, Vietnam mencatat tingkat
penggunaan AI yang baik, yakni 15%. Hal tersebut menunjukkan potensi
pertumbuhan besar di pasar Indonesia.
Kontribusi aplikasi AI terhadap PDB
Indonesia diproyeksikan senilai $366 miliar pada periode 2020-2030.
Maka, proyeksi ini pun melambangkan valuasi masif dan potensi transformatif AI dalam
menggerakkan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi.
Dengan kapabilitas AI unggulan,
komitmen kuat terhadap inovasi, serta pendekatan yang memprioritaskan
pelanggan, FPT Smart Cloud hadir sebagai mitra teknologi yang tepat bagi
perusahaan jasa keuangan Indonesia, khususnya perusahaan yang ingin
menjaga daya saing di tengah industri yang berkembang pesat.
FPT.AI - Platform AI yang Komprehensif
FPT.AI memiliki popularitas yang sangat
baik dan memperoleh kepercayaan dari 100+ perusahaan di 15 negara. Melayani
berbagai industri, seperti keuangan, asuransi, perbankan, e-commerce,
dan logistik, FPT.AI didukung basis pengguna yang
impresif, yaitu lebih dari 200 juta interaksi bulanan.
Di sisi lain, potensi inovatif dari Platform Conversational FPT.AI membantu klien mengotomatisasi 96% interaksi pelanggan sekaligus meningkatkan kepuasan pelanggan secara signifikan.
Dengan portofolio yang mencakup 20
produk dan lima solusi, FPT.AI memperkuat kapabilitas unggulannya
lewat berbagai proyek di seluruh dunia. Platform canggih ini membantu kalangan
perusahaan mencapai otomatisasi komprehensif pada berbagai fungsi bisnis, mulai
dari layanan pelanggan front-office hingga aktivitas back-office,
termasuk pemrosesan dokumen, manajemen kualitas personalia, serta pelatihan
tenaga kerja.
Menghadapi kompleksitas regulasi atau
mengandalkan potensi pertumbuhan masif, FPT.AI hadir sebagai mitra yang reliabel
dan fleksibel, tak hanya membantu perusahaan Indonesia untuk bertahan
hidup, namun juga berkembang di industri jasa keuangan yang terus berubah.(Tim
Liputan).
Editor : Lan