Jelang Hari Cokelat Sedunia, Simak Manfaat Cokelat Dan Kisah Inspiratif UMKM Cokelat Di Tokopedia
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - Hari Cokelat Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 7
Juli. Cokelat, yang berasal dari biji kakao, dikenal sebagai salah satu
komoditas dengan nilai perdagangan paling tinggi di dunia.
Mengutip
situs Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Indonesia sendiri dikenal
sebagai negara dengan industri pengolahan cokelat ke-tiga terbesar di dunia,
setelah Belanda dan Pantai Gading.
Industri
cokelat artisan atau cokelat buatan tangan di Indonesia tercatat menghasilkan
1.242 ton cokelat olahan per tahun dengan market share sebesar 1,3% dari
konsumsi cokelat dalam negeri. Cokelat artisan berpeluang mengisi market share
10% bahkan lebih di Indonesia.
“Kolaborasi
seluruh pihak sangat dibutuhkan untuk mendorong kemajuan industri cokelat tanah
air. Tokopedia pun terus memberi panggung bagi pelaku usaha lokal makanan dan
minuman termasuk cokelat agar lebih mudah dijangkau masyarakat di 99% kecamatan
di Indonesia,” kata Category Development Senior Lead Tokopedia, Sherine
Pranata.
Tokopedia
Ungkap Kenaikan Jumlah Pembeli dan Transaksi Cokelat di Berbagai Daerah Melihat
tingginya antusiasme masyarakat terhadap cokelat, Tokopedia terus berkomitmen
untuk terus menggencarkan inisiatif Hyperlocal guna membantu pegiat usaha
cokelat lokal untuk menjangkau pasar yang lebih luas.
“Melalui
inisiatif Hyperlocal yang memanfaatkan teknologi geo-tagging, Tokopedia
membantu tumbuh kembang pelaku usaha cokelat dengan mendekatkan penjual dengan
pembeli. Sehingga pelaku usaha atau UMKM dari seluruh daerah di Indonesia punya
kesempatan sama untuk tumbuh dan berkembang tanpa perlu pindah ke kota besar.
Di sisi lain, pembeli dapat membeli produk cokelat secara cepat dan aman,” ucap
Sherine.
Selain
inisiatif Hyperlocal, Tokopedia juga menghadirkan kampanye Tokopedia NYAM!
untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan berbagai kebutuhannya termasuk produk
makanan dan minuman salah satunya olahan cokelat.
“Pidie
(Sumatra Utara), Tapanuli Tengah (Sumatra Utara), Mesuji (Lampung), Bangli
(Bali) dan Kepulauan Talaud (Sulawesi Utara) mengalami peningkatan tertinggi
jumlah pembeli cokelat di Tokopedia, dengan rata-rata kenaikan lebih dari 2
kali lipat di kuartal II 2023,” ungkap Sherine.
Sherine
menambahkan, Pidie (Sumatra Utara), Tapanuli Tengah (Sumatra Utara), Bangli
(Bali), Sabu Rajiua (Nusa Tenggara Timur) dan Raja Ampat (Papua Barat) menjadi
beberapa daerah dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi cokelat di
Tokopedia, dengan rata-rata peningkatan lebih dari 3 kali lipat.
Tokopedia
NYAM! juga membawa dampak positif bagi pelaku usaha cokelat di Indonesia
termasuk UMKM, seperti Krakakoa (Lampung) dan Falala Chocolate (Bali).
UMKM
Tokopedia ‘Krakakoa’ Usung Cokelat 100% dari Petani Lokal Awalnya, Founder
Krakakoa, Sabrina Mustopo, memiliki nol pengetahuan tentang industri cokelat.
Hal itu berubah ketika ia membaca laporan tentang statistik industri cokelat di
Indonesia.
“Saya
kaget melihat angka produksi kakao di Indonesia makin turun, pendapatan petani
cokelat minim dan kualitas cokelat pun menurun. Dari keadaan ini, ada peluang
yang sangat besar untuk melakukan sesuatu demi mensejahterakan petani cokelat
di Indonesia,” kata Sabrina.
Pada
tahun 2013, Sabrina akhirnya mendirikan Krakakoa.
“Krakakoa
melibatkan ratusan petani lokal cokelat, mulai dari Aceh, Lampung, Bali, sampai
Sulawesi, untuk menjadi penghasil biji kakao yang dapat dijual kepada Krakakoa
dengan harga lebih tinggi di pasaran,” ujar Sabrina.
Ia
menjelaskan krakakoa juga turut memberdayakan para petani lokal. Salah satu
contoh upayanya, kami memberi pelatihan untuk 1.000 petani di taman nasional
Lampung, Sumatera dan Sulawesi Barat agar mereka bisa menghasilkan biji kakao
yang berkualitas.
Untuk
membuat cokelat lokal dapat dijangkau lebih mudah oleh seluruh masyarakat
Indonesia.
MEDIA
ALERT
Sumber:
Tokopedia, Data kuartal II 2023 dibandingkan kuartal II 2022 Tentang Tokopedia
Tokopedia,
perusahaan teknologi Indonesia, memiliki misi mencapai pemerataan ekonomi
secara digital. Visi Tokopedia adalah membangun sebuah Super Ecosystem dimana
siapa pun bisa memulai dan menemukan apa pun. Saat ini, Tokopedia memberdayakan
jutaan penjual dan pengguna melalui marketplace dan produk digital, fintech dan
pembayaran, logistik dan fulfillment, serta Mitra Tokopedia. Tokopedia adalah
bagian dari grup GoTo, ekosistem digital terbesar di Indonesia yang mencakup
Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial.
Kontak
Media
Tim
PR Tokopedia | pr@tokopedia.com memanfaatkan
Tokopedia. “Kini lebih dari 75% penjualan online Krakakoa berasal dari
Tokopedia. Hal ini secara tidak langsung membantu memberdayakan petani cokelat
untuk terus semangat menanam, memproduksi cokelat 100% asli Indonesia
berkualitas tinggi,” kata Sabrina.
Awalnya
Rugi Jutaan, ‘Falala Chocolate’ Bali Kini Jangkau se-Indonesia lewat Tokopedia Founder
Falala Chocolate Bali, Dewa Gede Padma Arta Putra atau akrab disapa Dode,
mendirikan bisnis cokelat bersertifikasi halal, Falala Chocolate Bali, bersama
kekasihnya saat ia berkuliah di awal pandemi. Dode memiliki modal Rp13 juta
dari uang saku.
“Saat
membangun Falala Chocolate Bali dari nol, banyak tantangan yang kami hadapi.
Mulai dari harus belajar berbisnis hingga mengolah cokelat secara autodidak.
Bahkan kami pernah menerima komplain dari banyak pembeli karena packaging
cokelat kami masih belum optimal. Hal itu membuat kami mengalami kerugian jutaan
rupiah hingga budget minus dalam sehari,” ujar Dode.
Ulasan
pembeli menjadi landasan utama bagi Falala Chocolate Bali dalam berinovasi dan
membuat packaging yang lebih baik. Seiring berjalannya waktu, Dode bisa bangkit
dan kini menggandeng enam karyawan. Dode pun memanfaatkan platform digital
Tokopedia untuk meningkatkan daya saing bisnis serta memperluas jangkauan pasar
ke luar Bali.
“Kami
mulai mengikuti kampanye Tokopedia NYAM! di awal 2023. Kini Falala Chocolate
mengalami kenaikan jumlah transaksi lebih dari 2 kali lipat selama kuartal II
2023 dibandingkan kuartal II 2022. Bahkan jumlah transaksi antarpulau kami
lewat Tokopedia melonjak hampir 3 kali lipat. Hal ini karena Tokopedia bisa memfasilitasi
pengiriman makanan ke luar pulau secara aman dan cepat,” jelas Dode.
Tokopedia
Gandeng Dokter Gizi Sharing Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan Selain memiliki
nilai ekonomi yang tinggi, cokelat juga memiliki banyak nilai baik untuk
kesehatan tubuh. Tokopedia bersama Dokter Gizi, dr Elfina Rachmi, M.Gizi, SpGK,
pun mengungkapkan berbagai manfaat cokelat bagi kesehatan jelang Hari Cokelat
Sedunia 2023.
1.
Mencegah penyakit jantung dan menurunkan darah tinggi “Cokelat mengandung
senyawa kimia yang dapat membantu sistem kardiovaskuler menjadi lebih lancar. Bahkan
dengan mengonsumsi dark chocolate atau cokelat hitam–yang kaya akan kandungan
mineral, seperti zat besi, magnesium dan zinc–maka bisa mengurangi risiko
penyakit jantung koroner, serangan jantung hingga menurunkan darah tinggi,”
ujar dr Elfina bersama Tokopedia.
2. Menurunkan berat badan dan mencegah penuaan dini Cokelat cenderung dianggap sebagai pemicu kenaikan berat badan. dr Elfina bersama Tokopedia menjelaskan padahal jika dikonsumsi dalam porsi secukupnya, yaitu 30-50 gram per hari, cokelat hitam bisa membantu menurunkan berat badan. Cokelat mampu meningkatkan sensitivitas hormon leptin yang memicu rasa kenyang serta mengurangi hormon ghrelin yang dapat mengurangi rasa lapar.
“Selain
menurunkan berat badan, cokelat memiliki kandungan flavonoid serta antioksidan
alami untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh. Hal ini dapat membantu
memperlancar sirkulasi darah ke otak hingga mencegah demensia dan penuaan
dini,” kata dr Elfina bersama Tokopedia.
3.
Menenangkan pikiran dan meningkatkan mood Cokelat dikenal mampu memperbaiki
mood. dr Elfina bersama Tokopedia menjelaskan Khasiat cokelat ini diperoleh dari
beberapa kandungan cokelat yang memiliki efek antidepresan, seperti endorfin
dan serotonin, sehingga dapat meningkatkan dan menjaga keseimbangan mood.
“Animo
masyarakat dalam mengonsumsi makanan berbahan dasar cokelat cenderung tinggi.
Terlihat dari tren belanja online, misalnya cookies cokelat. Jumlah pembeli
cookies cokelat di Tokopedia meningkat lebih dari 1,5 kali lipat selama kuartal
II 2023,” tutup Sherine.(Tim Liputan).
Editor : Lan