KALBARNEWS.CO.IOD (SINGAPURA) - , -- Bayer Divisi Pharmaceuticals
Asia/Pasifik, hari ini bertepatan dengan Hari Kontrasepsi Sedunia meluncurkan
kampanye regional "Bayer For Her" yang sebelumnya telah di uji coba
di Thailand sejak September 2022. Kampanye ini
diperluas ke Singapura, Korea Selatan, Taipei, dan negara-negara ASEAN lainnya seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, serta Vietnam. (27 September 2023)"Bayer For Her" Dukung Perempuan di Asia Untuk Berbincang Tentang Isu Kesehatan
"Bayer For Her" bukan hanya kampanye yang meningkatkan kesadaran publik, namun ajakan bagi kaum perempuan di Asia agar berbincang #ConversationsofCare tentang kondisi kesehatannya - mulai dari kontrasepsi hingga endometriosis dan nyeri haid atau pendarahan berlebih akibat haid - serta berkonsultasi dengan tenaga kesehatan mengenai hal tersebut.
Stigma sosial yang dihadapi perempuan, baik di rumah dan tempat kerja, kerap
menimbulkan banyak stres dan rasa malu. "Bayer For Her" mendorong
pemeriksaan kesehatan di negara-negara tersebut di atas, dukungan bagi karyawan
terkait kondisi haid dan psikologis, serta kebijakan bekerja yang fleksibel.
Kaum
perempuan di Singapura lebih rentan mengalami endometriosis yang cukup
parah dan pendarahan berlebih saat haid dibandingkan perempuan di dunia Barat[1].
Dalam penelitian yang dilakukan di Singapura, haid menjadi salah satu isu yang
paling dikhawatirkan, dan delapan dari 10 perempuan responden terdampak oleh
isu tersebut menurut "Women's Health Survey" oleh Doctor Anywhere
dan Bayer Women.
Menurut Guttmacher Institute, hampir 132 juta perempuan berusia subur di Asia memiliki kebutuhan kontrasepsi modern yang belum terpenuhi. Artinya, perempuan ini ingin mencegah kehamilan namun belum menggunakan kontrasepsi atau menggunakan metode tradisional yang kurang efektif dibandingkan metode modern.
Kemampuan perempuan dalam
menentukan jumlah anak dan kapan ingin merencanakan kehamilan sangat
penting dalam pemberdayaan perempuan dan pembangunan berkelanjutan demi
mencapai Target Pembangunan Berkelanjutan Perserikatan Bangsa Bangsa. Untuk
itu, Bayer menetapkan target untuk mengedukasi 100 juta perempuan di
negara-negara pendapatan rendah dan menengah tentang keluarga berencana pada
2030.
Peningkatan kesehatan, hak, dan status ekonomi perempuan merupakan langkah besar menuju kesetaraan gender yang lebih baik. Perempuan semakin berperan dalam berbagai aspek sosial, termasuk peran kepemimpinan dan mengambil keputusan tentang kesehatan keluarga, pemenuhan isu kesehatan masing-masing perempuan juga kian mendesak.
Selain itu, pendekatan khusus pun harus ditempuh demi menjawab
kebutuhan tersebut. Ketika menjalani berbagai peran sekaligus menjadi sosok
yang merawat keluarga, kaum perempuan sering kali terlalu mengutamakan orang
lain sehingga lupa memprioritaskan kesehatannya sendiri.
"Bayer
For Her" memperjuangkan kaum perempuan untuk memiliki sarana terbaik dalam
berkonsultasi dengan tenaga kesehatan, sahabat, dan keluarga, tidak hanya
berdiam diri dalam sakitnya. Kampanye "Bayer For Her", sukses menjadi
Finalis "SABRE Awards APAC 2023", berkembang pesat sepanjang tahun
lalu - didukung lebih dari 18 mitra/organisasi non-pemerintah di delapan
negara, serta ribuan tenaga kesehatan dan karyawan Bayer.
Indonesia
Bekerja
sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan
Ikatan Bidan Indonesia (IBI), sejumlah livestream lewat akun
Instagram Bicara Kontrasepsi dan BKKBN melibatkan perempuan untuk membahas
topik kontrasepsi. Kegiatan olahraga bersama karyawan "EmpowerHer"
dengan kampanye media sosial, serta rangkaian diskusi tentang kesehatan
perempuan bersama Dokter spesialis diadakan untuk menyebarluaskan kampanye
ini. Pada Maret lalu, dua karyawan juga tampil dalam video serial
Bayer di Linkedln dan berbagi pengalaman pribadi tentang Endometriosis.
Malaysia
Selain
kampanye edukasi "Ask Maya" yang telah berlangsung di Meta, Bayer
berkolaborasi dengan National Population and Family Development Board untuk
meningkatkan kesadaran dan pengetahuan publik tentang pentingnya keluarga
berencana dan manfaat penggunaan kontrasepsi. Lewat kampanye "Choose
with Confidence" yang berlangsung pada September tahun ini, perempuan
dari keluarga pendapatan rendah yang memenuhi persyaratan akan memperoleh
layanan konsultasi dan bantuan kontrasepsi di klinik-klinik Nur
Sejahtera tertentu dalam naungan National Population and Family
Development Board. Kampanye ini mengatasi kendala biaya, khususnya yang
dihadapi kelompok berisiko tinggi.
Filipina
"Bayer For Her" diluncurkan di Filipina pada Agustus lalu dengan klinik konsultasi gratis di sejumlah apotek mitra. Lewat konsultasi ini, Bayer mendorong semakin banyak perempuan berkonsultasi dengan pakar tentang kesehatan reproduksi. Klinik konsultasi di apotek ini turut menciptakan ruang yang aman bagi perempuan yang ingin berdiskusi tentang isu kesehatan reproduktif, serta mengatasi hambatan atau kekeliruan umum yang menghalangi perempuan untuk berkonsultasi dengan Dokter atau memperoleh bantuan yang dibutuhkan.
Kreator
konten dan sosok yang memperjuangkan kesehatan reproduktif, Say
Tioco, Verniece Enciso, dan mantan atlet voli profesional Melissa
Gohing-Nacino juga memakai sarana tersebut untuk menyebarluaskan wacana tentang
kesehatan.
Singapura
Dokter umum biasanya menjadi pihak pertama yang dihubungi pasien sehubungan dengan kesehatan perempuan dan tindakan medis preventif. Maka, Bayer berkolaborasi dengan penyedia layanan konsultasi kesehatan jarak jauh Doctor Anywhere (DA) untuk mengadakan survei kesehatan perempuan ("Conversations of Care") pada tahun 2022 yang melibatkan 1.212 perempuan Asia di Singapura. Lewat upaya ini, Bayer mempelajari perspektif perempuan tentang berbagai topik, mulai dari kontrasepsi hingga kanker dan haid.
Survei ini mengumpulkan pendapat
perempuan secara anonim tentang isu-isu kesehatan utama. Salah satu temuan
utama dari survei ini berdampak besar di Singapura yaitu: Rekan kerja/kolega
merasa tidak terlibat ketika mempelajari isu-isu kesehatan perempuan.
Akibatnya, perempuan tidak nyaman berbincang dengan rekan kerja/kolega tentang
kesehatannya. Sebagai bagian dari tahap awal peluncuran "Bayer For
Her", survei ini mengingatkan kolega perempuan di tempat kerja untuk
menjaga kesehatan lewat pemeriksaan dan skrining rutin, serta mendorong setiap
rekan kerja agar saling mendukung melalui inisiatif perusahaan dalam bentuk
kebijakan sumber daya manusia.
Korea Selatan
Bayer Korea mengembangkan indikator penting, MVPT, guna memonitor kondisi haid. Bayer Korea juga mengadakan survei yang melibatkan 1.000 perempuan Korea tentang gejala haid, serta dampaknya pada kehidupan mereka sehari-hari. Selanjutnya, Bayer Korea memakai temuan survei untuk membuat infografis, termasuk heavy menstrual bleeding (HMB) self-checklist (daftar periksa tentang pendarahan berlebih akibat haid),
pada platform pesan singkat
terpopuler di Korea, KakaoTalk, dan SNS (IG, Blog). Bayer Korea juga
berkolaborasi dengan influencer dalam kampanye ini, dan sukses
meraih lebih dari 3.659.102 view. Selain itu, poster edukasi
dengan self-checklist dan informasi penyakit turut diedarkan
Bayer Korea di 600 klinik di seluruh Korea. Poster tersebut dilengkapi kode QR
agar pasien mudah mengakses informasi tentang HMB yang diperkirakan berdampak
pada satu dari tiga perempuan.
Kota Taipei
Lebih dari 60 pegawai dan tenaga kesehatan dari komunitas medis dan organisasi non pemerintah HOPE Foundation, Taiwan, meluncurkan kampanye "Bayer For Her" dengan bersepeda sejauh 60 km di seputar Kota Taipei, dan membuat rangkaian yang berbentuk rahim perempuan demi mengatasi diskriminasi (#breakdiscrimination) dan mendesak perempuan mencegah penyakit (#DoNotLiveWithPain).
Aktivasi kampanye ini juga mengajak perempuan agar
mengunduh kode QR tentang pemeriksaan endometriosis. Lewat kode QR ini,
perempuan dapat menemukan spesialis Ginekologi di pusat layanan medis dan rumah
sakit terdekat. Kampanye ini tidak hanya meningkatkan kesadaran publik tentang
endometriosis dan pemeriksaan kesehatan dini, namun juga menciptakan suasana
positif bagi kaum perempuan.
Thailand
Bayer melansir "Bayer For Her" pada Hari Kontrasepsi Sedunia 2022 lewat kerja sama dengan Department of Health's Bureau of Reproductive Health and the Planned Parenthood Association of Thailand (PPAT) dalam naungan H.R.H. Princess Mother, Thailand mengadakan kegiatan edukasi "Breaking Myths" secara daring dan di Siam Square. Melibatkan jaringan apotek Bangkok Drugstore, Boots Pharmacy, serta P&F, perempuan di Thailand memperoleh informasi kontrasepsi yang tepat.
Bekerja sama
dengan digital thought leader, termasuk Dokter dan farmasi,
kampanye promosi juga berlangsung di TikTok selama tiga bulan dengan tema
#ConversationsofCare, didukung rangkaian video lokal di kanal Meta, termasuk
"Pantip".
Vietnam
Mengusung sains, platform "Science for Her" di Vietnam menyatukan divisi Pharmaceuticals dan Consumer Health untuk mengulas berbagai kebutuhan kesehatan perempuan pada seluruh fase kehidupan.
Bayer Vietnam juga menjalin kemitraan strategis melalui dua nota kesepahaman (MOU) yang diresmikan di National Hospital of Obstetrics and Gynecology Hung Vuong Hospital serta France-Vietnam OBGYN Conference, sebuah acara yang diikuti lebih dari ribuan delegasi. Melalui kemitraan ini, Bayer Vietnam membina kolaborasi dengan asosiasi dan pakar OBGYN internasional guna memfasilitasi transfer pengetahuan dan pertukaran informasi di komunitas kedokteran lokal.
Untuk melibatkan konsumen, sejumlah kegiatan khusus diadakan
Bayer Vietnam bersama dua jaringan apotek lokal. Lebih lagi, livestream juga
digelar Bayer Vietnam tentang merawat kesehatan pribadi, gaya hidup aktif, dan
pencegahan penyakit. Bayer Vietnam telah bermitra dengan General
Office of Population and Family Planning, Kementerian Kesehatan Vietnam, untuk
menyediakan layanan kesehatan dan akses yang lebih baik bagi
perempuan Vietnam selama delapan tahun berturut-turut.
Bayer adalah perusahaan global dengan kompetensi inti di bidang life science terkait kesehatan dan pertanian. Produk dan layanan Bayer dirancang untuk memberikan manfaat dan menjawab tantangan utama yang muncul akibat populasi dunia yang terus bertambah dan menua. Bayer juga berkomitmen mendorong pembangunan berkelanjutan dan membuat dampak positif lewat kegiatan bisnis. Selain itu, Bayer bertujuan untuk meningkatkan profitabilitas dan nilai tambah melalui inovasi dan pertumbuhan.
Merek Bayer melambangkan kepercayaan,
reliabilitas, dan kualitas di seluruh dunia. Pada tahun buku 2022, Bayer
mempekerjakan sekitar 101.000 orang dan mencatat pendapatan senilai EUR
50,7 miliar. Anggaran R&D sebelum item khusus mencapai EUR
6,2 miliar. (Tim Liputan)
Edoitor : Aan