KALBARNEWS.CO.ID (JERMAN) -- SAP
SE (NYSE: SAP) hari ini melansirkan Joule, sebuah kopilot
AI dengan bahasa alami dan generatif yang akan mengubah cara bisnis berjalan.
Joule akan disematkan di seluruh portofolio perusahaan cloud SAP, memberikan
wawasan yang proaktif dan kontekstual dari seluruh lingkup luas dan kedalaman
portofolio solusi SAP serta sumber pihak ketiga. (26 September 2023)SAP Mengumumkan Asisten AI Generatif Baru, Joule
Dengan memilah-milah dan
mengontekstualisasikan data dari berbagai sistem secara cepat untuk
menghasilkan wawasan yang lebih cerdas, Joule membantu orang-orang
menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan mendorong hasil bisnis yang
lebih baik dengan cara yang aman dan patuh.
Joule menghadirkan rekam jejak teknologi
revolusioner SAP yang telah terbukti mendorong hasil yang nyata.
"Dengan hampir 300 juta pengguna dari berbagai
perusahaan di seluruh dunia yang bekerja secara teratur dengan solusi cloud
SAP, Joule memiliki kekuatan untuk mendefinisikan ulang cara bisnis - dan
orang-orang yang mendukungnya - bekerja," kata CEO dan anggota Executive Board
SAP SE, Christian Klein.
Joule memanfaatkan posisi unik SAP di titik temu antara
bisnis dan teknologi dan dibangun di atas pendekatan yang relevan, handal, dan
bertanggung jawab terhadap Business AI. Joule akan mengetahui apa yang Anda
maksud, bukan hanya apa yang Anda katakan.
Joule
akan disematkan ke dalam aplikasi SAP mulai dari SDM hingga keuangan, rantai
pasokan, pengadaan dan pengalaman pelanggan, serta SAP Business Technology
Platform.
Joule mengubah pengalaman pengguna SAP – bak menepuk bahu
rekan kerja Anda yang paling cerdas.
Karyawan cukup mengajukan pertanyaan atau merangkai
masalah untuk dipecahkan, dalam bahasa yang sederhana, dan menerima jawaban
yang cerdas disaring dari sumber data bisnis, teks, gambar, dan wawasan dari
seluruh portofolio SAP, dan sumber pihak ketiga, dengan tetap mempertahankan
konteks.
Bayangkan, misalnya, produsen meminta bantuan Joule untuk
memahami kinerja penjualan dengan lebih baik. Joule dapat mengidentifikasi
wilayah yang berkinerja kurang baik; menghubungkan ke kumpulan data lain yang
mengungkapkan, misalnya, masalah rantai pasokan; dan secara otomatis terhubung
ke sistem rantai pasokan dan menawarkan perbaikan potensial untuk ditinjau oleh
produsen. Joule akan terus memberikan skenario baru untuk semua solusi SAP.
Sebagai contoh, di bagian HR, Joule akan membantu menulis
deskripsi pekerjaan yang tidak bias serta menyusun pertanyaan wawancara yang
relevan.
"Ketika
AI generatif bergerak dari hype awal, tugas untuk memastikan laba atas
investasi yang terukur dimulai," kata Phil Carter, Group Vice
President, Worldwide Thought Leadership Research, IDC.
SAP memahami bahwa AI generatif pada akhirnya akan menjadi
bagian dari kehidupan dan pekerjaan sehari-hari, dan meluangkan waktu untuk
membangun kopilot bisnis yang berfokus pada menghasilkan respons berdasarkan
skenario dunia nyata - dan untuk menempatkan pagar pembatas yang diperlukan
untuk memastikan bahwa hal itu juga bertanggung jawab.
Joule
akan tersedia dengan SAP SuccessFactors® dan SAP Start pada bulan November
tahun ini, dan dengan SAP S/4HANA® Cloud, public edition, pada awal tahun
depan. Solusi-solusi SAP Customer Experience dan SAP Ariba® beserta SAP
Business Technology Platform akan menyusul, dengan banyak pembaruan lainnya di
seluruh portofolio SAP yang akan diumumkan pada SAP SuccessConnect 2-4 Oktober, SAP SpendConnect Live 9-11 Oktober, SAP Customer Experience Live 25 Oktober,
dan SAP TechEd 2-3 November.
Joule
membangun dan meningkatkan penawaran Business AI SAP yang sudah ada; lebih dari
26.000 pelanggan cloud SAP sekarang memiliki akses ke SAP Business AI di
berbagai skenario dan solusi mitra.
Strategi
komprehensif SAP untuk membangun ekosistem AI enterprise di
masa depan mencakup investasi langsung, seperti yang diumumkan pada bulan Juli dengan Aleph Alpha, Anthropic
dan Cohere, serta kemitraan pihak ketiga termasuk dengan Microsoft, Google Cloud dan IBM yang diumumkan pada bulan Mei.
Sapphire Ventures, perusahaan modal ventura perangkat
lunak global, didukung oleh SAP dan mendedikasikan lebih
dari US$1 miliar untuk mendanai startup teknologi perusahaan yang
didukung oleh AI.
Strategi SAP adalah membantu setiap bisnis berjalan
sebagai perusahaan yang cerdas dan berkelanjutan. Sebagai pemimpin pasar dalam
perangkat lunak aplikasi perusahaan, kami membantu perusahaan dari semua ukuran
dan di semua industri berjalan sebaik mungkin: Pelanggan SAP menghasilkan 87%
dari total perdagangan global.
Pembelajaran mesin, Internet of Things (IoT), dan
teknologi analitik canggih kami membantu mengubah bisnis pelanggan menjadi
perusahaan cerdas. SAP membantu memberi orang dan organisasi wawasan bisnis
yang mendalam dan mendorong kolaborasi yang membantu mereka tetap terdepan
dalam persaingan.
Kami menyederhanakan teknologi untuk perusahaan sehingga
mereka dapat menggunakan perangkat lunak kami seperti yang mereka inginkan –
tanpa gangguan.
Rangkaian aplikasi dan layanan end-to-end kami
memungkinkan pelanggan bisnis dan publik di 25 industri secara global untuk
beroperasi secara menguntungkan, terus beradaptasi, dan membuat perbedaan.
Dengan jaringan global pelanggan, mitra, karyawan, dan pemimpin pemikiran, SAP
membantu dunia berjalan lebih baik dan meningkatkan kehidupan masyarakat.
Dokumen ini berisi pernyataan-pernyataan berwawasan ke
depan, yang merupakan prediksi, proyeksi, atau pernyataan lain tentang kejadian
di masa depan.
Pernyataan ini didasarkan pada ekspektasi, prakiraan, dan
asumsi saat ini yang tunduk pada risiko dan ketidakpastian yang dapat
menyebabkan hasil dan hasil aktual berbeda secara material. Informasi tambahan
mengenai risiko dan ketidakpastian ini dapat ditemukan dalam pengajuan kami
kepada Securities and Exchange Commission, termasuk namun tidak terbatas pada
bagian faktor risiko Laporan Tahunan SAP 2021 pada Formulir 20-F.
SAP dan
produk dan layanan SAP lainnya yang disebutkan di sini serta logo masing-masing
adalah merek dagang atau merek dagang terdaftar dari SAP SE di Jerman dan
negara lain.
Strategi SAP adalah membantu setiap bisnis berjalan
sebagai perusahaan yang cerdas dan berkelanjutan. Sebagai pemimpin pasar dalam
perangkat lunak aplikasi perusahaan, kami membantu perusahaan dari semua ukuran
dan di semua industri berjalan sebaik mungkin:
Pelanggan SAP menghasilkan 87% dari total perdagangan
global. Pembelajaran mesin, Internet of Things (IoT), dan teknologi analitik
canggih kami membantu mengubah bisnis pelanggan menjadi perusahaan cerdas.
SAP membantu memberi orang dan organisasi wawasan bisnis
yang mendalam dan mendorong kolaborasi yang membantu mereka tetap terdepan
dalam persaingan. Kami menyederhanakan teknologi untuk perusahaan sehingga
mereka dapat menggunakan perangkat lunak kami seperti yang mereka inginkan –
tanpa gangguan.
Rangkaian aplikasi dan layanan end-to-end kami
memungkinkan pelanggan bisnis dan publik di 25 industri secara global untuk
beroperasi secara menguntungkan, terus beradaptasi, dan membuat perbedaan.
Dengan jaringan global pelanggan, mitra, karyawan, dan
pemimpin pemikiran, SAP membantu dunia berjalan lebih baik dan meningkatkan
kehidupan masyarakat.
Dokumen ini berisi pernyataan-pernyataan berwawasan ke
depan, yang merupakan prediksi, proyeksi, atau pernyataan lain tentang kejadian
di masa depan. Pernyataan ini didasarkan pada ekspektasi, prakiraan, dan asumsi
saat ini yang tunduk pada risiko dan ketidakpastian yang dapat menyebabkan
hasil dan hasil aktual berbeda secara material. (Tim Liputan)
Editor : Aan