Bagaimana Industri Tenaga Listrik Mendapat Manfaat Dari Eksplorasi Ruang Angkasa

Editor: Redaksi author photo

Pemantauan pembakaran APG

KALBARNEWS.CO.ID (RUSIA)
- Peringatan terakhir penerbangan pertama manusia ke luar angkasa merupakan kesempatan yang baik untuk berbicara tentang kontribusi industri dirgantara terhadap pengembangan industri tenaga listrik.


Penerbangan Yuri Gagarin diawali dengan peluncuran satelit buatan pertama di bumi, yang dilakukan pada bulan Oktober 1957. 



Saat ini, satelit banyak digunakan di sektor tenaga listrik: misalnya, satelit memantau pembakaran gas minyak bumi terkait (APG). Satelit tersebut dilengkapi dengan sensor yang mendeteksi panas yang keluar dari unit suar sebagai radiasi infra merah, yang menunjukkan lokasi suar untuk menghasilkan peta fasilitas suar APG. 



Publikasi data ini memberikan kontribusi penting terhadap peningkatan keselamatan lingkungan di sektor minyak dan gas: menurut Bank Dunia, volume global APG yang terbakar turun sebesar 3% (menjadi 139 miliar m3) pada tahun 2022, yang merupakan tingkat terendah sejak tahun 2010, meskipun terjadi kenaikan produksi minyak sebesar 5%.



Bahan bakar baru untuk transportasi laut

Industri dirgantara adalah salah satu sektor konsumen utama hidrogen. Hidrogen cair adalah komponen bahan bakar roket, yang digunakan untuk meluncurkan kapal induk dan kendaraan luar angkasa. 



Meskipun demikian, hidrogen cair kini juga digunakan dalam transportasi laut: hidrogen ini akan menggerakkan kapal feri MF Hydra, yang akan mulai melakukan perjalanan antara komune Hjelmeland, Skipavik, dan Nesvik di Norwegia selatan pada awal tahun ini. 



Kapal yang mampu mengangkut 300 penumpang dan 80 mobil ini mampu melaju dengan kecepatan hingga 9 knot (16,7 km/jam) dengan bantuan dua sel bahan bakar berkapasitas daya masing-masing 200 kilowatt (kW). mengubah energi kimia hidrogen menjadi listrik.

Panel surya film tipis

Pasokan listrik ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dilakukan melalui panel surya film tipis yang juga digunakan di Bumi. 



Misalnya, Solartek dari Rusia mengumumkan tahun lalu bahwa mereka berencana membuat panel surya fleksibel untuk atap yang terdiri dari beberapa modul film tipis yang direkatkan di area seluas 6,8 meter persegi. 



Setiap modul akan mencakup 248 sel film tipis fleksibel dengan ketebalan 2 mm, yang akan beroperasi secara mandiri. Inilah sebabnya mengapa meskipun sebagian panel tertutup bayangan, sel-sel yang terkena sinar matahari akan terus menghasilkan listrik. Modul dapat digulung menjadi gulungan dengan diameter 800 mm agar lebih mudah diangkut.

Pembangkit listrik orbital



Beberapa solusi teknis masih dalam tahap desain, namun hal ini tidak menjadikannya kurang revolusioner. 



Misalnya, Frazer-Nash Consultancy sedang mengerjakan proyek transfer energi matahari dari luar angkasa ke Bumi: untuk mencapai hal tersebut, modul pembangkit harus dirakit di orbit tengah Bumi (untuk menghindari risiko tabrakan dengan puing-puing luar angkasa), setelah itu unit tersebut harus diluncurkan ke orbit geostasioner di atas ekuator bumi. 



Listrik yang dihasilkan oleh unit tersebut akan diubah menjadi gelombang radio dan ditransmisikan ke Bumi pada frekuensi 1 hingga 10 gigahertz. Gelombang radio akan diterima oleh rectenna – ruang elips berukuran 6,7 km x 13 km. Prototipe darat dari unit ini akan diproduksi pada tahun 2026, dan versi lengkapnya dengan kapasitas 40 megawatt (MW) akan diluncurkan ke orbit pada tahun 2031.

Reaktor di Bulan

Yang tidak kalah ambisiusnya adalah proyek yang dikembangkan oleh Rolls-Royce dengan tujuan menciptakan mikroreaktor. Unit tersebut akan membantu memasok listrik ke stasiun luar angkasa di Bulan. 



Di tahun-tahun mendatang, spesialis Rolls-Royce harus memutuskan jenis bahan bakar apa yang akan menggerakkan reaktor, bahan apa yang akan digunakan sebagai pembawa panas, dan teknologi apa yang akan digunakan untuk mengubah energi panas menjadi listrik. 



Reaktor tersebut harus siap diluncurkan ke Bulan pada tahun 2029, dengan opsi untuk menggunakannya juga untuk keperluan pasokan listrik di Bumi.(Tim Liputan)

Editor ; Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini