India Akan Melipatgandakan Kapasitas Tenaga Nuklirnya Pada Tahun 2031

Editor: Redaksi author photo

India Akan Melipatgandakan Kapasitas Tenaga Nuklirnya Pada Tahun 2031

KALBARNEWS.CO.ID (INDIA)
- Kapasitas terpasang pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) India akan meningkat tiga kali lipat pada tahun 2031, meningkat dari 6.780 megawatt (MW) menjadi 22.480 MW, kata Menteri Luar Negeri India Jitendra Singh. 


Sebagian besar pertumbuhan ini akan berasal dari 10 reaktor air berat dengan kapasitas masing-masing 700 MW dan total biaya sebesar $1,3 miliar, yang operatornya telah menerima izin pembangunan di empat negara bagian (Karnataka, Haryana, Madhya Pradesh dan Rajasthan) .


Kontribusi besar terhadap pertumbuhan kapasitas akan diberikan oleh proyek-proyek yang sedang berjalan: empat reaktor air berat dengan kapasitas masing-masing 700 MW di negara bagian Gujarat dan Rajasthan, serta empat reaktor air ringan dengan kapasitas. masing-masing sebesar 1.000 MW di PLTN Kudankulam (proyek ini didukung oleh Rosatom) di negara bagian Tamil Nadu, di mana prototipe reaktor neutron cepat berkapasitas 500 MW juga sedang dibangun. 



Menteri Singh juga menyebutkan proyek dua reaktor air berat berkapasitas 700 MW sedang dilaksanakan di kota Gorakhpur di negara bagian Uttar Pradesh, meskipun penuangan beton belum dilakukan.



Reaktor air ringan menggunakan air biasa (H2O) untuk memperlambat neutron (untuk mengendalikan reaksi nuklir), sedangkan reaktor air berat menggunakan apa yang disebut air berat (D2O) di mana kedua atom hidrogen (H) digantikan oleh atom. deuterium (hidrogen berat, D). 



Sebaliknya, reaktor neutron cepat tidak menggunakan moderator neutron dan dapat mengubah bahan bakar nuklir bekas menjadi bahan bakar baru, sehingga proses produksinya bersifat siklus tertutup.




Menteri Singh memperkirakan bahwa pembangunan dan pemanfaatan reaktor nuklir baru akan memungkinkan peningkatan pangsa pembangkit listrik tenaga nuklir dalam bauran energi India menjadi 9% pada tahun 2047, sedangkan pangsa mereka hanya sebesar 2,5% pada tahun 2022 (menurut pemikiran Ember tangki). 



Pembangunan unit pembangkit listrik baru akan membantu India mengurangi jejak karbon dari industri pembangkit listriknya: Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC) memperkirakan bahwa pembangkitan 1 kilowatt-jam (kWh) listrik di PLTN hanya menghasilkan 12 gram CO2 -setara dengan emisi gas rumah kaca, yang hampir 70 kali lebih kecil dibandingkan tingkat emisi TPP berbahan bakar batubara (840 gram setara CO2).




Selain PLTN, India juga aktif mengembangkan infrastruktur energi terbarukan. Pada tahun 2030, negara ini berencana untuk meningkatkan kapasitas terpasang energi terbarukan menjadi 500 gigawatt (GW), seperti yang diumumkan oleh Perdana Menteri India Narendra Modi sebelumnya. Kapasitas agregat pembangkit listrik berbasis energi terbarukan di India mencapai 162,9 GW pada tahun 2022, menurut Badan Energi Terbarukan Internasional (IRENA).(Tim Liputan)

Editor : Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini