Pamerkan Inovasi Tiongkok kepada Dunia! AIMA Jalani Debut di CES, Lansir Babak Baru dalam Strategi Global
KALBARNEWS.CO.ID (LAS VEGAS) -- Pada 9-12
Januari 2024, Consumer Electronics Show (CES) berlangsung di Las Vegas Convention Center. Ajang ini, pertama kali
digelar pada 1967, telah berkembang menjadi salah satu pameran industri
elektronik konsumer yang terbesar, paling bergengsi, dan paling berpengaruh di
dunia.
AIMA menjalani debut di CES tahun ini, serta untuk pertama kalinya menggelar peluncuran produk global. Dengan citra merek internasional, AIMA tampil di ajang ini dan bersaing dengan lebih dari 4.000 merek konsumer global. (15 Januari 2024).
Selain debut di CES, AIMA juga melansir strategi global yang
mengutamakan "globalisasi merek", serta memperlihatkan kesuksesan
dalam melokalisasi kegiatan operasional di Amerika Serikat. AIMA melansir model
eMoped terkini, HYHAWK, serta eBike terbaru, Santa Monica. Di sisi lain,
AIMA turut meresmikan kolaborasi luas yang terjalin dengan Bafang Electric di
segmen eBike. Rencana pengembangan bisnis strategis yang lengkap ini melambangkan
ambisi dan tekad AIMA untuk menembus pasar Amerika Serikat dan global.
Mempersembahkan
Pengalaman Berkendara yang Trendi bagi Seluruh Pengguna Amerika, Debut AIMA di
CES Mempercepat Perkembangan Globalnya
Berbeda dari ajang pameran industri biasa, CES edisi Amerika Serikat menghadirkan berbagai jenis perusahaan, termasuk produsen barang elektronik konsumer yang terkemuka, dan produsen TI dari seluruh dunia.
Dikenal atas produk canggih dan
konsep teknologi, serta profesionalisme yang menghasilkan kinerja perdagangan
luar negeri, CES menawarkan platform unik. Maka, peluncuran produk global
perdana AIMA pun mendapat perhatian luas, memamerkan inovasi Tiongkok dari sisi
mode dan teknologi di hadapan audiens yang berjumlah lebih dari 130.000 orang di
seluruh dunia. Visibilitas tersebut tidak sekadar mengangkat daya tarik AIMA
dari sisi mode, namun juga menghadirkan peluang bisnis dengan berbagai produsen
luar negeri.
Di CES, stan pameran AIMA dipenuhi banyak kegiatan, tak hanya memamerkan emoped terbaru HYHAWK dan eBike Santa Monica, namun juga model legendaris seperti AIMA Dandan series dan Tiger Saber. Seluruh model ini populer di pasar internasional. Desain produk AIMA yang menarik mendapat banyak pujian dari kalangan ekshibitor dan pengunjung, serta menyedot arus kunjungan.
Hal tersebut semakin membuktikan
daya saing komprehensif dan pengaruh AIMA Technology di pasar global, khususnya
sebagai merek terkemuka pada segmen produk kendaraan roda dua elektrik.
Ajang teknologi global ini juga diikuti banyak produsen ternama asal Tiongkok, mencapai lebih dari 1.100 ekshibitor, bahkan perusahaan Tiongkok mengambil porsi lebih dari seperempat jumlah total ekshibitor CES. Tampil bersama merek-merek unggulan asal Tiongkok ini, AIMA pun mempercepat kemajuan teknologi inti dan produk strategis pada panggung global.
AIMA juga ingin menjajaki
kolaborasi yang saling menguntungkan dengan berbagai perusahaan terbaik di
dunia. Mengandalkan CES sebagai batu lompatan, AIMA ingin merebut perhatian di
pasar dunia lewat keahlian manufaktur pintar, menandai sebuah babak awal dalam
strategi global terbarunya pada 2024.
Peluncuran
Produk Baru dan Kolaborasi Teknologi Mutakhir, AIMA Berkolaborasi dengan
Mitra-Mitra Baru guna Meningkatkan Mobilitas Pengguna Global
Di CES
tahun ini, AIMA menghadirkan berbagai jenis produk, melansir eMoped terbaru dan
model sepeda dengan fitur pedal-assist. Penampilan di CES bukan
hanya debut publik dari produk strategis baru dari AIMA, melainkan juga
lompatan penting dalam strategi globalnya. Secara khusus, emoped unggulan AIMA,
HYHAWK, berkat desain cross-riding yang luar biasa dan konsep
yang menyasar generasi muda, merebut perhatian pasar internasional dan media
profesional.
emoped HYHAWK dari AIMA juga baru saja memenangkan "U.S. MUSE Design Gold Award" 2024. Dirancang khusus untuk generasi muda dan pelajar, eMoped ini menjadi langkah pertama AIMA pada segmen produk cross-riding. Dengan desain yang menampilkan garis-garis bersih, HYHAWK memiliki nuansa futuristis dan tampilan urban street bike.
Skema warna hitam dari HYHAWK turut melambangkan kesan keren dan mekanis, sedangkan, aksen warna fluorescent mewakili gaya cyber-tech. Desain cross-riding ini memadukan postur dan kenyamanan dari sebuah cruiser. HYHAWK bahkan dilengkapi simulator gelombang suara yang meniru raungan mesin sepeda motor konvensional.
Hal ini sejalan dengan keinginan pengemudi muda yang menyukai kebebasan dan
kendali. Atensi detail pada HYHAWK terlihat dari panel instrumen bawaan yang
tersembunyi, dilengkapi animasi pencahayaan dinamis yang menayangkan informasi
kapasitas baterai dan durasi penggunaan baterai. Lebih lagi, lampu depan
berbentuk digital dot-matrix dan ambient lighting yang
mencakup tujuh warna ikut menambah nuansa teknologi digital sehingga pengalaman
berkendara di malam hari menjadi lebih seru dan menarik.
Sebagai eMoped urban yang dirancang untuk generasi muda, emoped HYHAWK juga memiliki keunggulan dari sisi performa. HYHAWK dilengkapi baterai graphene berukuran besar dengan jarak tempuh yang lebih jauh. Ban tipe all-season thermal yang dipakai HYHAWK, setelah berkendara selama 15 menit, suhunya meningkat hingga 50°C, dan ukuran ban bertambah besar dan menjadi lebih lembut sehingga daya cengkeram semakin baik.
Bentuk ban ini kembali normal
setelah suhunya dingin. eMoped ini didukung piringan rem ganda yang
berpori-pori (perforated) pada sisi depan dan belakang, serta alat
peredam kejut hidraulis agar HYHAWK mudah dikendarai di medan yang
berbeda-beda.
Produk
terbaru lain dari AIMA, e-bike Santa Monica, dirancang khusus untuk pasar luar
negeri, terinspirasi dari gaya hidup kota-kota pesisir di Amerika dan jalanan
Route 66 yang ikonis. Menurut Angela Zheng, Regional Head, AIMA
Technology Group, Amerika Serikat, Santa Monica dilengkapi motor listrik city
bike 750 W yang bertenaga besar dan berbobot ringan, pertama kali
dikembangkan oleh Bafang Electric untuk e-bike AIMA. Motor listrik ini memiliki
keistimewaan berkat torsi 73 nm, serta sistem pendinginan, efisiensi, dan
kecepatan start-up yang lebih baik sehingga menjadi produk
terbaik di kelasnya dari sisi performa.
Dalam acara peluncuran global ini, AIMA meresmikan kemitraan strategis dengan Bafang Electric. Seluruh produk e-bike AIMA yang dilansir mendatang akan memakai sistem kendali elektronik buatan Bafang. Lebih lagi, AIMA Amerika Serikat siap memperluas kolaborasi dengan Bafang, mengutamakan litbang (R&D) teknologi, desain produk, dan inovasi aplikasi guna menciptakan produk dan pengalaman mobilitas dengan pengaruh internasional yang semakin baik.
Kerja sama yang
saling menguntungkan ini memanfaatkan jaringan layanan purnajual Bafang di luar
negeri yang luas dan reliabel. Dengan demikian, hal tersebut menjamin dukungan
servis yang efisien dan lengkap bagi agen penyalur dan pelanggan AIMA Amerika
Serikat.
Produk
dan teknologi terbaru menandai debut internasional AIMA tahun ini,
memperkenalkan produk buatan AIMA yang teranyar dan trendi kepada dunia. Lewat
kolaborasi dengan mitra-mitra baru, AIMA menghadirkan teknologi revolusioner
dalam bentuk komponen inti kendaraan listrik. Strategi global AIMA kini telah
diperbarui, menjanjikan mobilitas bermutu tinggi bagi seluruh pengguna global.
Perkembangan
Strategi Global AIMA Menjadi Pemimpin
Industri yang Menciptakan Merek Kendaraan Listrik Kelas Dunia dari Tiongkok
Pada awal
2024, acara jumpa pers global perdana AIMA di CES, Amerika Serikat, menjadi
pencapaian strategis yang penting. Luo Jiangang, General Manager,
International Business, AIMA Technology Group, resmi melansir strategi
global terbaru AIMA—memprioritaskan bisnis OBM untuk mencapai globalisasi
merek. Dia menekankan pentingnya peningkatan kolaborasi internasional dan
pengembangan merek lokal agar AIMA dapat tampil sebagai merek kendaraan roda
dua elektrik yang terkemuka di dunia.
Angela Zheng, Regional Head, AIMA Technology Group, Amerika Serikat, turut membagikan pencapaian terkini dalam lokalisasi merek AIMA: DI 19 negara bagian di Amerika Serikat, AIMA telah membangun 206 kanal IBD.
Langkah ini
tidak hanya menjamin jangkauan beragam produk secara komprehensif, namun juga
mengembangkan model operasional di pasar lokal Amerika Serikat. AIMA kini
memiliki tim lokal yang komplet, termasuk fasilitas pergudangan lokal, layanan
purnajual, serta strategi pemasaran. Pendekatan tersebut mendukung AIMA dalam
mempelajari dan memenuhi kebutuhan pasar lokal dengan lebih baik, serta
menyediakan layanan yang semakin efisien dan andal bagi pelanggan dan mitra.
Pada
2024, AIMA ingin menambah jumlah jaringan gerai IBD di Amerika Serikat hingga
mencapai 400 gerai, meliputi basis konsumen yang lebih luas. Hal ini sejalan
dengan strategi global terbaru AIMA pada 2024—terus membangun merek kendaraan
roda dua elektrik terkemuka di dunia, menghadirkan mobilitas bergaya baru bagi
pengguna global sekaligus membuktikan keunggulan "Manufaktur Pintar
Tiongkok" di dunia.
Sebagai
pionir industri, AIMA telah lama memimpin ekspansi global, serta menjadi merek
kendaraan listrik Tiongkok pertama yang mendirikan gerai di Eropa. Fase
perkembangan baru ini juga menghadirkan peluang terkini. Memanfaatkan pengaruh
internasional Tiongkok yang semakin kuat, didukung inisiatif "Belt and
Road", AIMA mengambil lompatan baru dalam strategi global. Dengan memperlihatkan
pamornya di CES, AIMA menjadi representasi kendaraan listrik buatan Tiongkok di
tingkat dunia, serta mengusung babak baru dalam strategi globalnya.
AIMA kini
memasuki titik awal baru lewat debut, strategi baru, produk inovatif, dan
kolaborasi. Merambah wilayah di luar negara asalnya, AIMA menjadi pihak
terdepan, memperlihatkan kekuatan dan pesona manufaktur pintar Tiongkok, serta
merek AIMA. AIMA dari Tiongkok segera memimpin pasar global (Tim Liputan)
Editor : Aan