Aghanim Diluncurkan Untuk Mengubah Cara Monetisasi Dan Distribusi Game Seluler
KALBARNEWS.CO.ID (LOS ANGELES) -- Aghanim adalah
platform perdagangan terintegrasi, otomatisasi liveop, keterlibatan komunitas,
dan pembayaran untuk game seluler. Aghanim diluncurkan secara terbatas hari ini
oleh mantan CEO dan CTO Xsolla, sebuah perusahaan pembayaran video game global.
(14 Februari 2024).
Memberdayakan
Studio Game dengan Solusi Inovatif
Aghanim berlokasi di Los Angeles dan telah membuat platform langsung ke konsumen (direct-to-consumer) yang memungkinkan pengembang game seluler membuat pusat game berbasis web dan menyediakan penawaran yang dipersonalisasi, selagi melibatkan komunitas pemain dengan berbagai pengalaman metagame seperti berita, papan peringkat, pencapaian, imbalan harian, dan banyak lagi.
Penerbit juga
mendapatkan dukungan perdagangan tingkat Merchant of Record. Artinya, tugas
keuangan back office terkait penipuan, pajak, kepatuhan terhadap peraturan,
pertukaran mata uang, dan aspek lain dalam menerima pembayaran internasional
telah ditangani untuk mereka.
Tim inti Aghanim memiliki rekam jejak yang luas dalam memberikan solusi kemampuan perluasan platform. Mereka telah bekerja di berbagai perusahaan video game, berpengalaman selama puluhan tahun di bidang game, dan bersama-sama memiliki keahlian selama lebih dari 20 tahun di bidang fintech dan video game.
Aghanim didirikan oleh Konstantin Golubitsky, mantan CEO dan CTO
Xsolla; Constantin Andry, mantan CEO Xsolla Labs; dan Albert Tugushev, mantan CTO Xsolla Labs.
Mereka melihat peluang mengubah lanskap game seluler secara mendasar dengan
merombak strategi distribusi dan monetisasi untuk menghasilkan nilai miliaran
bagi studio video game dan memastikan bahwa kekayaan baru ini tetap beredar di
ekosistem video game yang lebih luas, sehingga mendorong penciptaan game baru,
permintaan akan teknologi baru, dan pada akhirnya menjadikan dunia ini lebih
baik.
Aghanim secara signifikan mengurangi
hambatan ekspansi mobile-to-web untuk game seluler, membantu semua ukuran
studio melakukan distribusi direct-to-consumer, dan sebagai hasilnya mampu
melipatgandakan pendapatan bersih mereka. Dengan margin lebih tinggi, studio
game dapat menjalankan strategi akuisisi pengguna secara lebih kompetitif untuk
meningkatkan skala game mereka.
Memperkenalkan Rangkaian Produk Inti
Aghanim:
Game Hub Builder : Alat pembuatan
situs web bebas kode yang memungkinkan studio game membuat rumah di web yang sangat
menarik untuk game seluler mereka. Dalam hitungan menit, pengembang dapat
membuat pusat game khusus yang sejalan dengan identitas merek mereka. Didukung
oleh AI generatif, Game Hub Builder membuat versi awal hub, dan studio dapat
menyempurnakan warna, visual, dan pengalaman pengguna secara keseluruhan.
LiveOps Builder : Alat otomatisasi
pemasaran visual yang inovatif dan membuat pemain tetap terlibat dan
bersemangat. Dengan LiveOps Builder, studio secara tepat dapat menargetkan
segmen pemain yang berbeda di seluruh saluran. Kampanye yang disesuaikan dan
penawaran individual—dipicu oleh peristiwa seperti meninggalkan keranjang
belanja tanpa transaksi, kunjungan ke pusat game, dan peningkatan
level—menciptakan pengalaman pribadi bagi pemain. Saluran pengiriman pesan
seperti pop-up, notifikasi push dalam game dan peramban, serta email akan
memastikan kelancaran komunikasi.
Segmentasi Pemain : Sistem
canggih yang mengkategorikan pemain berdasarkan perilaku, preferensi, dan pola
interaksi. Dengan memahami segmen pemain, studio dapat menyesuaikan
strateginya, mengoptimalkan monetisasi, dan meningkatkan pengalaman game secara
keseluruhan.
Manajemen SKU : Menyederhanakan
pengelolaan unit penyimpanan stok (SKU) untuk studio game, alat ini menyederhanakan
proses pelacakan inventaris, penjualan, dan pendapatan. Dengan Alat Manajemen
SKU, studio dapat berfokus pada pembuatan game yang hebat dan menyerahkan
pekerjaan keuangan back-office kepada Aghanim.
Mesin Penagihan : Pengalaman checkout
seluler, diciptakan dengan obsesi untuk terus mengoptimalkan biaya distribusi,
menawarkan pilihan pembayaran paling berharga, termasuk kartu kredit, transfer
elektronik, Apple Pay, dan lain-lain.
Kata Constantin Andry, salah satu pendiri Aghanim, "Terkait penurunan pendapatan bersih akibat lingkungan akuisisi pengguna yang terus memburuk, dan mengingat perubahan terbaru dalam hal peraturan serta respons Apple terhadap perubahan ini, jelas bahwa tidak memiliki strategi direct-to-consumer akan menjadi ancaman nyata bagi penerbit game seluler yang selama ini terlalu bergantung pada saluran distribusi.
Kini
studio secara strategis mempertimbangkan untuk memiliki pusat permainan sendiri
daripada pembayaran melalui web yang hampir tidak menghasilkan apa pun."
"Karena profil pemain yang
sangat bervariasi dan saluran distribusi yang spesifik, kemampuan segmentasi
pemain dan liveop harus dimiliki oleh setiap studio game yang ingin bersaing di
bidang ini. Namun, sering kali data tersebut dikelola secara manual dari
spreadsheet. Karena Aghanim sangat berfokus untuk menyajikan game seluler,
segmentasi dan liveop menjadi dasar utama platform ini," kata Albert
Tugushev, salah satu pendiri Aghanim.
Analitik percakapan Aghanim dilakukan oleh kopilot AI generatif miliknya, yakni Newton, yang secara proaktif mencari anomali, tren, dan solusi pertumbuhan serta menyarankan peningkatan berdasarkan temuan tersebut.
"Tidak lama lagi Anda dapat menugaskan Newton untuk
meningkatkan LTV dan memangkas biaya distribusi, dan Newton akan bekerja selama
24 jam sehari, 7 hari seminggu dan 365 hari setahun untuk menguji pesan email
A/B, bereksperimen dengan penawaran monetisasi, dan menjalankan semuanya
melalui berbagai segmen di perangkat yang tersedia untuk memberikan hasil
terbaik bagi Anda," kata Konstantin Golubitsky, salah satu pendiri
Aghanim.
Aghanim dirancang sebagai platform
terbuka bagi pakar game, agen pemasaran, dan penyedia alat game untuk mendaftar
atau menyelesaikan pra integrasi agar mudah diakses oleh mitra Aghanim melalui Connectors Marketplace and Experts Directory.
Perusahaan akan membentuk dewan
penasihat bersama mitra utama untuk meningkatkan platform dan menyelaraskan
prioritas.
Aghanim telah mengumpulkan dana
strategis dari empat perusahaan modal ventura asal A.S.: investor awal Shopify,
Bessemer Venture Partners; Point 72 Ventures dari NY; perusahaan fintech VC
terkemuka, QED Investors; dan dari A16Z GAMES SPEEDRUN, perusahaan terdepan dan
terkenal di bidang investasi teknologi x games.
Aghanim Didirikan pada bulan Juni 2023, Aghanim siap mengubah cara
monetisasi dan distribusi game seluler(Tim Liputan)
Editor
: Aan