Indosat Ooredoo Hutchison (IDX: ISAT) ("Indosat", "IOH", atau "Perusahaan") |
- Total
pendapatan meningkat 10% dibandingkan tahun sebelumnya (YoY) menjadi
Rp51,2 triliun.
- EBITDA
tumbuh signifikan 23,0% YoY menjadi Rp23,9 triliun.
- Margin
EBITDA yang dinormalisasi bertambah 4,5 poin persentase YoY menjadi 46,8%.
- Laba
bersih yang dinormalisasi mencapai Rp3,5 triliun dan tetap positif selama
3 tahun berturut-turut.
- Mobile ARPU naik 5,3% YoY
menjadi Rp35,6 ribu.
- Trafik
data meningkat 14,8% YoY menjadi 14.417 Petabyte (PB).
- Total
BTS 4G bertambah 30,7% YoY menjadi 179 ribu, bentuk komitmen Perusahaan
untuk terus meningkatkan kualitas layanan ke seluruh pelosok Tanah Air.
Indosat membukukan total pendapatan
sebesar Rp51,2 triliun di sepanjang 2023, meningkat 10% dibandingkan tahun
sebelumnya (Year-on-Year/YoY). Pertumbuhan total pendapatan tersebut
didorong oleh peningkatan kualitas pelanggan konsumen dan korporasi serta
kinerja positif dari semua lini bisnis Perusahaan. Pendapatan Selular tumbuh
8,7% YoY disebabkan oleh peningkatan pendapatan Data dan Interkoneksi.
Sementara itu pendapatan Multimedia, Data Communication, and Internet (MIDI)
naik 13,0% YoY ditopang oleh peningkatan pendapatan layanan IT dan Internet
Tetap. Selanjutnya, pendapatan Telekomunikasi Tetap juga melesat 28,4% YoY
dikontribusi oleh peningkatan pendapatan Telepon Internasional dan Jaringan
tetap.
Peningkatan pendapatan ini juga
diikuti oleh optimalisasi biaya yang berdampak pada pertumbuhan positif pada
EBITDA sebesar 23,0% YoY menjadi Rp23,9 triliun. Indosat juga berhasil mencatat
EBITDA margin yang dinormalisasi tumbuh solid sebesar 46,8%, meningkat 4,5 poin
persentase YoY. Dengan capaian tersebut, Laba Normalisasi Periode Berjalan yang
Dapat Diatribusikan Kepada Pemilik Entitas Induk mencapai Rp3,5 triliun dan
tetap positif selama 3 tahun berturut-turut.
Vikram Sinha, President Director and
Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison mengatakan,
“Pencapaian Indosat Ooredoo Hutchison pada tahun 2023 tak lepas dari kontribusi
seluruh pihak mulai dari mitra bisnis, pelanggan, pemegang saham, dan tentunya
seluruh karyawan kami. Kinerja keuangan dan operasional yang kuat ini
menegaskan komitmen Indosat untuk terus mendorong kemajuan ekosistem industri
telekomunikasi di Indonesia. Peka terhadap dinamika pasar, inovasi layanan yang
berpusat pada teknologi, serta integritas pada keunggulan operasional tidak
hanya menjadi kunci dalam menavigasi pertumbuhan bisnis namun turut memperbesar
penciptaan nilai bagi para pemangku kepentingan kami.”
Sepanjang tahun 2023, Indosat juga
terus mendekatkan hubungannya dengan hampir seratus juta pelanggannya di kedua
merek konsumennya, IM3 dan Tri, yang menghasilkan peningkatan Mobile Average
Revenue Per User (ARPU) sebesar 5,3% menjadi Rp35,6 ribu. Bertambahnya
basis pelanggan yang berkualitas semakin diperkokoh dengan peningkatan
skor Customer Satisfaction (CSAT) IM3 yang naik 4 poin
YoY menjadi 84.1, sedangkan CSAT Tri turut naik 3 poin YoY menjadi 84.0.
Hasil ini menunjukkan keberhasilan strategi Go-to-Market Indosat dan
mencerminkan pengalaman mengesankan atau marvelous experience yang
diberikan Perusahaan kepada pelanggan.
Sementara itu, hadirnya layanan
Indosat juga semakin memudahkan masyarakat terhadap kebutuhan akses layanan
digital serta memberikan pengalaman yang mengesankan di Region Kalimantan,
Sulawesi, Maluku dan Papua (Kalisumapa). Sepanjang dua belas bulan tahun 2023
(FY2023), jumlah pelanggan Indosat di region Kalisumapa mencapai 11,6 juta
pelanggan, di mana sekitar 77 persen diantaranya aktif menggunakan layanan
internet dengan total trafik data sebesar 1.889 Petabyte (PB). Selain itu,
sepanjang 2023 jumlah BTS 4G di region Kalisumapa meningkat 47% dibandingkan
periode yang sama tahun 2022 menjadi sekitar 27 ribu sites.
Mengakselerasi Perjalanan
Transformatif dari Telco menjadi TechCo
Strategi transformasi Indosat dari
Telco ke TechCo mencapai tonggak penting pada tahun 2023. Untuk meningkatkan
kualitas layanan dan memperluas konektivitas di wilayah perdesaan, Indosat
meningkatkan jumlah BTS 4G sebesar 30,7% YoY, menjadi 179.000 sites di
seluruh Indonesia. Indosat juga menyelesaikan proses integrasi jaringan di
lebih dari 46.000 sites hanya dalam waktu satu tahun dengan
menggunakan teknologi Multi-Operator Core Network (MOCN). Dengan penerapan
teknologi ini, seluruh pelanggan Indosat, baik IM3 maupun Tri, dapat merasakan
jangkauan jaringan yang lebih luas, kualitas layanan di dalam ruangan yang
lebih baik, serta pengalaman internet yang lebih cepat hingga dua kali lipat.
Kecepatan unduh dan latensi yang lebih baik meningkatkan pengalaman digital
pelanggan untuk layanan utama seperti video streaming dan gaming.
Peningkatan kualitas layanan ini berkontribusi terhadap pertumbuhan trafik data
yang kuat sebesar 14,8% YoY menjadi 14.417 Petabyte (PB).
Belanja modal Indosat tercatat
sebesar Rp12,7 triliun yang sebagian besar digunakan untuk pengembangan bisnis
selular serta perluasan jangkauan jaringan hingga ke daerah perdesaan dan
terpencil. Tidak hanya itu, Perusahaan terus melakukan berbagai kerja sama
strategis dengan berbagai mitra berskala global, mulai dari peluncuran pusat
pameran inovasi, Indosat Marvelous Xperience (MX) Center, hingga kerja sama
strategis dalam pengelolaan pusat data berteknologi tinggi.
Dalam perjalanan menuju perusahaan
teknologi, Indosat juga terus mengembangkan layanan internet fixed
broadband, termasuk melalui akuisisi sejumlah pelanggan aset milik MNC Play
dalam rangka mempertegas langkahnya di bisnis Home Broadband (HBB).
Perusahaan mencatat kenaikan jumlah pelanggan HBB menjadi 336,9 ribu di akhir
2023. Sedangkan pengguna aktif bulanan (Monthly Active Users/MAU) aplikasi
milik Indosat, myIM3 dan bima+ turut meningkat pesat sebanyak 8,6 juta YoY
menjadi 37,7 juta pengguna, mencerminkan potensi bisnis digital
yang menjanjikan.
Lebih lanjut, Vikram menegaskan peran
strategis Indosat dalam menginisiasi pertumbuhan infrastruktur pusat data
berbasis Artificial Intelligence (AI) di Indonesia. Bersama
mitra strategisnya, Indosat memiliki tekad untuk memajukan Indonesia dalam
pengembangan AI Cloud tingkat dunia.
“Dengan adopsi teknologi terbaru
didukung kolaborasi bersama berbagai pihak yang didasari semangat gotong
royong, kami akan melanjutkan perjalanan tanpa akhir kami dalam mewujudkan
tujuan besar Indosat untuk menghubungkan dan memberdayakan seluruh masyarakat
Indonesia dengan mengakselerasi transformasi digital bangsa,” tutup Vikram. (Tim
Liputan)
Editor : Aan