FHA-Food & Beverage – Ajang Perdagangan F&B Terbesar di Singapura Kembali Hadir Dengan Menargetkan 60.000 Pengunjung
● Pameran dagang F&B
terbesar di Singapura telah menetapkan tanggal acara pada 23-26 April 2024,
dengan menargetkan kehadiran 60.000 pengunjung dan 70 paviliun internasional
dari 50 negara peserta.
● Rasakan pengalaman produk terbaik dari Jerman sebagai Negara Kehormatan pilihan FHA-Food & Beverage 2024.
● FHA-Food & Beverage akan meluncurkan FHA Ultimate Meat Challenge yang pertama pada tahun 2024!
KALBARNEWS.CO.ID (SINGAPURA) – FHA-Food & Beverage, ajang pameran dagang makanan dan minuman (Food & Beverage-F&B) terbesar di Singapura, telah dijadwalkan hadir pada tanggal 23-26 April untuk edisi tahun 2024. Diposisikan untuk menjadi platform terpadu yang terbaik bagi para profesional dan pemimpin industri F&B di Asia, acara ini digelar bersama ProWine Singapore, pameran perdagangan wine dan minuman beralkohol terkemuka di Asia Tenggara. Acara gabungan ini menjanjikan pameran inovasi makanan dan minuman yang tak tertandingi, serta solusi industri di seluruh wilayah. (2 April 2024)
Acara ini akan digelar
selama empat hari
di Singapore EXPO, yang mencakup area seluas 65.000 meter persegi dengan 70
paviliun internasional. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi partisipasi
dari lebih 1.500 peserta pameran dari 50 negara dan wilayah, dengan
perkiraan kehadiran 60.000 pengunjung.
Krisetiadi Purwanto sebagai Market Lead for
Customer Success Indonesia NielsonIQ menyampaikan bahwa FHA-Food &
Beverage 2024 menawarkan pengalaman yang lebih mendalam dan komprehensif kepada
para profesional di industri F&B Asia, termasuk Indonesia. “FHA-Food
& Beverage 2024 diharapkan menjadi kesempatan terbaik untuk mempromosikan
dan memperkenalkan potensi industri F&B Indonesia ke pasar global. Apalagi,
Singapura sendiri telah menjadi salah satu mitra dagang yang paling strategis
bagi Indonesia di antara negara-negara ASEAN lainnya," terangnya.
Jerman, sebagai Negara
Kehormatan
Jerman dan Singapura menjaga hubungan bilateral
yang kuat, mengakui satu sama lain sebagai sekutu penting di kawasan
masing-masing, terutama dengan penandatanganan Deklarasi Bersama yang strategis
pada tahun 2022. Penekanan pada keberlanjutan dan perdagangan bebas dalam
penandatanganan tersebut mencerminkan komitmen terhadap nilai-nilai dan tujuan
bersama. Pencapaian ekspor makanan dan minuman Jerman ke negara-negara Asia
Tenggara yang melampaui satu miliar euro, dengan Singapura sebagai salah satu
pemain utamanya, menegaskan keberhasilan kolaborasi ekonomi ini.
Tahun ini, bekerja sama dengan Kementerian
Pangan dan Pertanian Federal Jerman, FHA-Food & Beverage telah menunjuk Jerman
sebagai Negara Kehormatan, dimana 37 peserta pameran akan hadir di
Paviliun Jerman, menjadikannya partisipasi Jerman yang substansial dan terbesar
dalam sejarah penyelenggaraan acara. Pengunjung akan memiliki kesempatan
eksklusif untuk membenamkan diri dalam kegiatan seperti presentasi "German
Day," sebuah kombinasi acara wine-food pairing (memadukan wine
dengan makanan) dan acara memasak.
Kompetisi Daging Pertama di FHA-Food & Beverage
Volume penjualan daging di Singapura
diproyeksikan mencapai 502.400 ton[1] pada tahun 2026 dari 411.100 ton pada tahun 2021.
Menanggapi tren pertumbuhan ini, FHA-Food & Beverage akan meluncurkan
kompetisi daging perdana, yang disponsori oleh Meat & Livestock Australia,
tempat para butchers (pemotong daging) dan koki profesional dapat
berkumpul untuk menantang keahlian dan penggunaan daging sapi dan domba secara
kreatif. Kompetisi ini akan berlangsung pada tanggal 24 & 25 April 2024,
dan bertujuan untuk memberikan edukasi konsumen serta ide memasak untuk
mempromosikan konsumsi daging sapi dan domba.
Memupuk Semangat Kreatif
Talenta Muda dan Pembuat Beer
Kembali untuk kali kedua, FHA Beer Awards
2024 berupaya menampilkan keragaman dan kreativitas dunia pembuatan bir
masa kini. Peserta akan dinilai berdasarkan 10 kategori dan pemenang
dari setiap kategori akan melanjutkan untuk berpartisipasi dalam babak Best
of Show.
Edisi kedua juga menampilkan Young Talents
Escoffier – Singapore Selection. Kompetisi ini menjadi wadah bagi individu
berusia di bawah 25 tahun untuk menampilkan keahlian kulinernya.
Untuk pertama kalinya di FHA-Food &
Beverage, peserta akan menerima akreditasi dari juri panel Chef Michelin
terkemuka dalam dua kategori: Kitchen Category, yang menampilkan
chef ternama seperti Emmanuel Stroobant dari 2 Bintang Michelin Saint Pierre,
Jeremy Gillon dari 1 Bintang Michelin JAG, dan banyak lagi; serta Service
Category, yang terdiri dari sommelier dan profesional bidang wine
berpenghargaan sebagai dewan juri.
Untuk rincian lebih lanjut mengenai juri di FHA Beer
Awards and Young Talents Escoffier, silakan lihat Lampiran A.
FHA-Food & Beverage sebagai
Platform
Terpadu
FHA-Food & Beverage 2024 akan mempertemukan
peserta dengan 12 segmen produk inti. Dari inovasi gastronomi hingga praktik berkelanjutan, segmen-segmen
ini akan memperkaya pengalaman yang komprehensif bagi pengunjung, serta
memenuhi beragam kebutuhan dan minat para penggemar dan pakar kuliner.
“Kami sangat
senang bisa kembali menyelenggarakan FHA-Food & Beverage 2024 di Singapura, ajang F&B paling
internasional di Asia. Selama bertahun-tahun, kami telah menyaksikan
pertumbuhannya menjadi pameran perdagangan pangan
internasional terkemuka, yang menampilkan keragaman kuliner Singapura di tengah
komunitas pakar pangan global. Dengan rekam jejak yang kuat selama 46 tahun,
FHA tetap menjadi acara bisnis utama bagi pemasok internasional untuk terhubung
dengan pembeli di Asia dan sekitarnya, beradaptasi dengan tren yang
berkembang,” jelas Janice Lee selaku Event Director -
Food, Hong Kong & Singapore, Informa Markets.
FHA-Food & Beverage giat mengajak pelaku usaha di Indonesia untuk hadir dan berpartisipasi di acara ini. Seperti Christin Sugiarto, National Sales Manager PT. Pandurasa Kharisma, yang juga Hosted Buyer di FHA-Food & Beverage 2023 sebelumnya, berbagi pengalaman mengapa ia terus kembali ke FHA-Food & Beverage dari tahun ke tahun dan mengajak pelaku usaha di Indonesia untuk bergabung.
"FHA-Food & Beverage secara signifikan menghemat waktu dan
biaya perjalanan untuk dapat menemukan beragam supplier internasional.
Lokasinya sendiri di Singapura, dekat secara geografis dan memungkinkan
perjalanan yang efisien dari Indonesia dibandingkan dengan menuju langsung ke
sumber produk di seluruh dunia. Selain itu, acara ini memberikan informasi
tentang permintaan produk di pasar kami, menunjukkan apakah produk-produk
tersebut telah diimpor oleh pelaku industri lainnya," jelasnya. (Tim Liputan)