Aditif Nitrogen Dan Oksigen Tingkatkan Efisiensi Elektroda Sel Bahan Bakar, Kata Penelitian

Editor: Redaksi author photo

Aditif Nitrogen Dan Oksigen Tingkatkan Efisiensi Elektroda Sel Bahan Bakar, Kata Penelitian 

KALBARNEWS.CO.ID (RUSIA)
Para ilmuwan dari Institut Sains dan Teknologi Skolkovo telah memasukkan atom oksigen dan nitrogen ke dalam grafit pirolitik, yang dapat digunakan sebagai anoda sel bahan bakar yang mengubah energi kimia hidrogen menjadi listrik. Hal ini memungkinkan efisiensi bahan anoda mendekati efisiensi elektroda berbahan logam mulia. Hasil penelitian tersebut telah dipublikasikan dalam Journal of Electroanalytical Chemistry.


Sel bahan bakar menghasilkan listrik dengan mengoksidasi bahan bakar melalui reaksi kimia selain pembakaran. Hal ini tidak hanya memberikan pengurangan emisi atmosfer yang berbahaya, tetapi juga kemungkinan menghasilkan listrik di daerah terpencil yang terisolasi dari jaringan listrik umum.


 Namun, penggunaan sel bahan bakar terus terhambat oleh tingginya suhu pengoperasian dan sulitnya menemukan bahan untuk elektroda positif dan negatif serta lapisan elektrolit di antara keduanya, yang menyebabkan reaksi kimia dengan pelepasan energi.


“Anoda sel bahan bakar oksida padat terbuat dari berbagai jenis bahan karbon, yang aktivitasnya sangat penting untuk reaksi menghasilkan listrik. Kami bertujuan untuk meningkatkan aktivitas katalitik dengan memasukkan atom asing ke dalam elektroda karbon. Dalam hal ini, kami memasukkan atom oksigen dan nitrogen dalam proporsi berbeda ke dalam grafit pirolitik yang sangat berorientasi dan bahan karbon lainnya, sehingga memaparkannya pada plasma dengan komposisi berbeda,” Stanislav Evlashin, asisten profesor di Pusat Teknologi Material, dikutip oleh Skoltech .


Perlakuan bahan anoda dilakukan dalam ruangan yang pada berbagai tahap percobaan diisi dengan nitrogen murni, oksigen murni, atau udara biasa. Ketika tegangan listrik digunakan, molekul nitrogen dan oksigen terpecah menjadi ion dan elektron yang menghantarkan arus listrik, yaitu berubah menjadi plasma. 


Yang terakhir, pada gilirannya, meningkatkan aktivitas katalitik bahan anoda, sehingga efisiensinya mendekati efisiensi elektroda yang berbahan dasar logam mulia, termasuk rutenium dan platinum. Perlu dicatat bahwa aditif oksigen dan nitrogen dapat dimasukkan langsung selama pembuatan bahan elektroda, yang akan memfasilitasi penskalaan larutan Skoltech. (Tim Liputan)

Editor : Aan



Share:
Komentar

Berita Terkini