Dr. Nur Hamzah M.Pd Dorong Hypnoteaching untuk Anak Usia Dini
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Kasim Riau menyelenggarakan Kuliah Umum dengan menghadirkan Dr. Nur Hamzah, M.Pd, sebagai narasumber. Dr. Nur Hamzah, yang juga menjabat sebagai Ketua Pengurus Pusat Pendidikan Islam Anak Usia Dini dan Dosen PIAUD IAIN Pontianak, membawakan tema "Hypnoteaching untuk Anak Usia Dini".Selasa (4 Juni 2024).
Dalam paparannya, Dr. Nur Hamzah menjelaskan bahwa hypnoteaching adalah metode pembelajaran yang memanfaatkan teknik "hipnotis" untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan efektif bagi anak-anak. Metode ini dirancang untuk membantu anak-anak terlibat aktif dan termotivasi dalam kegiatan belajar melalui komunikasi positif.
Ia memaparkan beberapa alasan penting mengapa hypnoteaching diterapkan dalam pendidikan anak usia dini. Pertama, hypnoteaching membantu anak-anak untuk lebih fokus dan berkonsentrasi dalam belajar. Kedua, metode ini meningkatkan motivasi intrinsik dalam diri anak-anak untuk belajar dan berkembang. Ketiga, hypnoteaching memperkuat daya ingat dan memori jangka panjang anak-anak, sehingga mereka lebih mudah mengingat materi yang telah diajarkan.
Ia juga menjelaskan prinsip-prinsip dasar yang mendasari hypnoteaching. Pertama, sugesti positif digunakan untuk menanamkan pikiran-pikiran positif dalam diri anak-anak, membangun keyakinan diri dan perilaku yang baik. Kedua, relaksasi adalah menciptakan suasana yang tenang dan rileks untuk memudahkan penyerapan materi pembelajaran. Ketiga, fokus perhatian dicapai dengan menggunakan teknik-teknik yang menarik dan mempertahankan fokus anak-anak selama proses belajar.
Dirinya menguraikan beberapa teknik hypnoteaching yang efektif. Salah satunya adalah pacing dan leading, yaitu menyesuaikan gaya bahasa dan tempo dengan anak-anak untuk membangun hubungan baik dan kepercayaan. Teknik visualisasi mendorong anak-anak untuk memvisualisasikan konsep-konsep pembelajaran secara mental. Teknik anker menciptakan stimulus-stimulus tertentu yang dapat memicu respon positif pada anak-anak. Selain itu, penggunaan permainan imajinatif juga sangat efektif untuk menyampaikan materi pembelajaran melalui cerita-cerita yang menarik.
Selain penyampaian materi, dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Prodi PIAUD IAIN Pontianak yang diwakili oleh Kaprodi Rahnang, M.Pd dengan Prodi PIAUD UIN Syarif Kasim Riau yang diwakili oleh Kaprodi Baihaqi, MA. Kerjasama ini meliputi beberapa bidang, antara lain dosen tamu, pembimbing dan penguji skripsi mahasiswa, serta editor dan reviewer jurnal. Dengan adanya kerjasama ini, dosen PIAUD IAIN Pontianak akan berperan sebagai dosen tamu, pembimbing, penguji skripsi, serta editor atau reviewer di UIN Syarif Kasim Riau, dan sebaliknya.
Melalui kuliah umum ini, diharapkan para pendidik dapat memperoleh wawasan baru tentang penerapan metode hypnoteaching, serta kerjasama yang terjalin dapat meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di Indonesia. (Tim Liputan)
Editor : Aan