Sambut Pilkada, PPS Sungai Beliung Berikan Bimtek sekaligus melantik 154 Pantarlih

Editor: Redaksi author photo

PPS sungai beliung 

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) -
Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Sungai Beliung membentuk dan memyiapkan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) sebagai langkah suksesi  Pilkada 2024.


Tercatat sudah 154 partisipan Pantarlih yang bergabung sejak dibukanya pendaftaran pada 13 hingga 19 Juni 2024, di Sungai Beliung Kecamatan Pontianak Barat.


Ketua PPS Kelurahan Sungai Beliung Rahul Fikri menyampaikan sebagai langkah awal pihaknya saat ini sudah mengumpulkan para anggota PPS dan Sekretariatan PPS kemudian Berkoordinasi dengan PPK Kecamatan Pontianak Barat untuk mempersiapkan pelantikan dan Bimbingan teknis bagi Pantarlih yang Terpilih.


"Pada hari senin tadi 24 Juni 2024 pantarlih se-kecamatan Pontianak barat telah dikumpulkan untuk melaksanakan Pelantikan, dan setelah itu pantarlih kelurahan sungai beliung juga mengadakan bimbingan teknis di aula Kelurahan di hadiri Lurah, Babinsa dan bhabinkamtibmas," Kata Rahul (24/06/2024).


Adapun tugas Pantarlih secara umum selain melakukan pemuktakhiran data pemilu dalam pemilu menurut Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 8 Tahun 2022 antara lain:


Membantu KPU Kabupaten/Kota, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), DAN PPS dalam penyusunan datar pemilih dan pemutakhiran data pemilih. Melaksanakan pencocokan dan penelitiandata pemilih. Memberikan tanda bukti terdaftar kepada pemilih. 


Menyampaikan hasil pencocokan dan penelitian kepada PPS, dan melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh KPU, PPK, dan PPS sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.


Rahul menambahkan kewajiaban Pantarlih dalam pemilu meliputi beberapa hal yakni menjadi mitra PPS untuk menyusun daftar pemilih hasil pemuktakhiran kemudian mencocokan data penelitian kepada PPS.


"Melakukan koordinasi dalam membantu PPS untuk menyusun daftar pemilih hasil pemutakhiran, menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan pencocokan data penelitian kepada PPS," tutup Rahul. (Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini