Arbudin Dorong UMKM Pasarkan Produknya Lewat Media Sosial

Editor: Redaksi author photo

 Arbudin Dorong UMKM Pasarkan Produknya Lewat Media Sosial

KALBARNEWS.CO.ID (SINTANG)
- Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Sintang melaksanakan Launching dan Pembekalan Tim Kolaborasi Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Teknologi Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Menggunakan Media Sosial di Balai Praja Kantor Bupati Sintang pada Rabu, 31 Juli 2024.


Arbudin Kadis Perindagkop dan UKM Kabupaten Sintang menjelaskan bahwa terbentuknya tim kolaborasi ini adalah bertujuan untuk mengatasi isu strategis terutama dalam pembinaan terhadap UMKM.


“Permasalahan yang sering terjadi disebabkan karena lambatnya dalam menerapkan transformasi digital sebagai media pemasaran produknya. UMKM sering menghadapi beberapa permasalahan ketika mencoba menggunakan media sosial  untuk berjualan atau memasarkan produknya,” terang Arbudin.


Arbudin mengatakan ada keterbatasan pengetahuan dan keterampilan teknologi digital marketing, kesulitan dalam menghasilkan konten berkualitas, keterbatasan anggaran, kurangnya pemahaman tentang target pasar, dan kurangnya infrastruktur.


“Dengan terbentuknya tim kolaborasi ini diharapkan permasalahan-permasalahan diatas dapat diatasi melalui kegiatan pelatihan dan pendampingan untuk peningkatan pengetahuan dan keterampilan teknologi digital marketing menggunakan media sosial bagi pelaku UMKM,” terang Arbudin.


Arbudin menjelaskan adapun manfaat yang diperoleh disperindagkop dan UKM dengan terbentuknya tim kolaborasi ini yaitu mengoptimalkan program pembinaan dan pendampingan bagi umkm di kabupaten sintang, meningkatkan pertumbuhan UMKM di kabupaten sintang, dan memberikan gambaran tentang kondisi saat ini dan kondisi yang diharapkan dengan cara mencari solusi berupa terobosan inovasi dalam pembinaan dan pendampingan umkm di Kabupaten Sintang.


”Tim kolaborasi ini beranggotakan dari berbagai stake holder, yaitu dari OPD terkait, bank bumn dan bank daerah, dan non government organization (NGO) yang bergerak pada kegiatan pembinaan dan pendampingan umkm di Kabupaten Sintang,” tambah Arbudin.

Arbudin berharap dengan melibatkan lintas stake holder, baik unsur pemerintah maupun unsur diluar pemerintah, hambatan-hambatan yang sering dihadapi dalam pembinaan umkm di kabupaten sintang dapat diminimalkan. dan dengan terbentuknya tim kolaborasi ini dapat tercipta sinergi dan dan kolaborasi sehingga dapat menyatukan visi dan menciptakan inovasi dan program kerja untuk pembinaan dan pendampingan UMKM di Kabupaten Sintang. (Tim Liputan)

Editor : Aan


Share:
Komentar

Berita Terkini