KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) -- Pameran dagang
internasional terkemuka untuk industri perhotelan, makanan, dan minuman, Food
& Hotel Indonesia (FHI), pada tahun ini merayakan kehadirannya selama lebih
dari 29 tahun di Indonesia. Food Dan Hospitality Indonesia 2024 Akan Hadir Mulai 23-26 Juli 2024 Diikuti Lebih Dari 1000 Merek Dagang
Kehadiran FHI pada edisi ke-18 tahun ini ditandai dengan acara tahunan yang kini telah berubah menjadi Food & Hospitality Indonesia (FHI), untuk dapat menawarkan pengalaman yang lebih berdampak bagi para pelaku industri nasional.
FHI 2024 akan berlangsung bersama dengan Hotelex Indonesia, Finefood Indonesia, dan Retail Indonesia pada tanggal 23-26 Juli 2024 mendatang di Jakarta International Expo (JiExpo), Kemayoran. (16 Juli 2024).
Portfolio Director, Juanita Soerakoesoemah, mengatakan bahwa perubahan FHI menjadi Food & Hospitality Indonesia sekaligus menandakan komitmen baru untuk semakin mendorong koneksi dan kemajuan industri pada sektor-sektor food & hospitality di Indonesia.
“Transformasi Food &
Hospitality Indonesia (FHI) ini makin menandakan komitmen yang telah
diperbaharui. Agar bisa terus meningkatkan perkembangan bisnis pada sektor
perhotelan, makanan, dan minuman ke tingkat yang lebih tinggi dan terus menjadi
penunjuk arah keunggulan industri, mendorong koneksi dan kemajuan di
sektor-sektor tersebut,” terang Juanita.
Sejalan dengan hal ini, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa, pertumbuhan industri makanan dan minuman pada triwulan I 2024 meningkat sebesar 5,87% untuk produk domestik bruto (PDB), dan menyumbang 6,47% dari total PDB nasional.
Seiring dengan peningkatan angka tersebut,
menunjukkan dukungan industri ini terdahap pertumbuhan ekonomi Indonesia secara
keseluruhan yang turut meningkat sebesar 5,11% pada triwulan I 2024, jika
dibandingkan triwulan I 2023.[1]
Sementara itu, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia secara kumulatif dari Januari hingga April 2024 meningkat sebesar 24,85% dibandingkan periode yang sama pada tahun 2023.[2]
Data tersebut menunjukan Indonesia sebagai pasar yang menarik dan berkembang
bagi perusahaan internasional, sehingga kehadiran Food & Hospitality
Indonesia 2024 memberikan peluang pasar global untuk masuk ke pasar Indonesia yang
menguntungkan ini dan mewakili peluang yang tak tertandingi bagi para pelaku
bisnis untuk membangun jaringan dan terlibat di dalamnya.
FHI 2024 sebagai pameran dagang internasional perhotelan, makanan dan minuman yang paling komperhensif di Indonesia telah dipercaya menjadi acara dagang terbesar dan terdepan selama hampir 3 dekade.
Dengan menyediakan pintu gerbang unik bagi perusahaan Internasional untuk mengakses pasar Indonesia yang sudah berkembang sangat pesat. FHI memfasilitasi koneksi bisnis dengan lebih dari 450 perusahaan dari 20 negara dan 7 country pavilions dari Amerika Serikat, India, Jerman, Korea Selatan, dan Thailand.
Tahun ini, tercatat terdapat lebih dari 1000 merek dagang yang mengikuti FHI
2024 diantaranya adalah Nayati, Indo Porcelain,
Kerry Ingredients, Senfienta, Anugrah Indo Mandiri, JAPFA, Royal Sutan Agung,
Atosa Indonesia, Kurniamitra Duta Sentosa (KMDS), Pulau Rempah Indonesia, dan
masih banyak lagi.
Menariknya, para pengunjung FHI 2024 juga akan terus mendapatkan kesempatan untuk belajar dari para pemain terbaik dalam industri, sambil menjalin jaringan bisnis dengan para profesional unggulan dunia di industri ini melalui berbagai acara dan kompetisi menarik yang diselenggarakan bersama mitra asosiasi dalam industri perhotelan dan F&B.
Termasuk diantaranya, Liga Kopi:
Indonesia Barista Championship (IBC) oleh Specialty Coffee Association of
Indonesia (SCAI), Hotelicious Thematic Bed Making Competition oleh FHI dan
Binus Hotel Management – BINUS Bekasi (BHM BINUS), Elderly & Diffable
Pastry Competition oleh Indonesia Pastry Alliance (IPA), US Beef Butchering Technique
Workshop oleh Association of Culinary Professional (ACP), Gelato Workshop &
Dry Aging Workshop oleh Lotus Food Services, Wine Masterclass oleh Indonesia
Sommelier Association (ISA), Seminar Industri oleh LPPOM MUI dan BULOG, NOW!
Jakarta Talk Show bertajuk “Not Just Sustainability but Responsibility, Not
Just Recycle but Regenerate,” Business Breakfast oleh EUROMONITOR, FHI TV
Programme, FHI Business Matching dan masih banyak lainnya.
Sejalan dengan tren global menuju keberlanjutan, FHI berkomitmen untuk terus
mempromosikan keberlanjutan dalam industri ini. “Sustainability menjadi
salah satu komitmen PT. Pamerindo Indonesia sebagai penyelenggara acara yang menjadi
bagian dari Informa Markets, yang fokus pada pembangunan berkelanjutan, manajemen
acara yang bertanggung jawab terhadap lingkungan, dan mempromosikan tanggung
jawab sosial,” tambah Juanita.
Mendukung hal tersebut, lebih lanjut disampaikan oleh Leonarita Hutama selaku Marketing Communication Manager FHI 2024
bahwa, FHI 2024 masih terus berusaha mengurangi dampak lingkungan pada planet
melalui praktek sustainability di
sektor perhotelan, makanan & minuman, dan pariwisata. Berbagai inovasi ramah
lingkungan dan optimalisasi peluang dengan mengajak semua pihak dilakukan demi perubahan
yang berkelanjutan untuk bisnis masa depan yang terus berkembang.
“FHI 2024 senantiasa mengikuti
FasterForward sebagai panduan keberlanjutan/sustainability oleh Induk
perusahaan kami, Informa Markets, dan menerapkan inisiatif yang dapat diukur untuk
mengintegrasikan praktik keberlanjutan dalam acara-acara yang diselenggarakan,
seperti penghematan energi melalui penggunaan listrik yang terbarukan,
pengurangan penggunaan kertas, penggunaan kembali produk yang dapat dipakai
ulang di setiap acara, serta penggunaan produk yang berbahan dasar ramah
lingkungan,” jelas Leona.
FHI 2024 juga menjalankan Better Stands dari Informa Markets yang berdampak positif dalam upaya mendorong sustainability dalam industri.
Program ini bertujuan untuk menghindari penggunaan stand sekali pakai untuk dapat digantikan dengan struktur stand yang dapat digunakan kembali (reusable stand). Peserta pameran didorong untuk meninggalkan penggunaan bahan material struktur konstruksi sekali pakai yang kemudian dihancurkan dan dibuang ke daratan atau dibakar setelah acara berakhir.
FHI melalui Better
Stands memastikan perusahaan peserta pameran untuk mendesain dan membangun stand pameran dengan bahan yang sustainable dan dapat digunakan kembali agar
dapat mengurangi sampah, mengurangi jejak karbon, menciptakan lingkungan kerja
yang lebih aman, yang pada akhirnya dapat meningkatkan pengalaman pelanggan
lebih baik serta berpotensi menghemat biaya.
Leona pun menambahkan bahwa FHI ingin melibatkan lebih banyak khalayak yang peduli lingkungan dan menginspirasi pilihan yang sadar lingkungan melalui kolaborasi dengan organisasi dan perusahaan yang berkelanjutan, untuk mencerminkan komitmen terhadap pengelolaan lingkungan.
“FHI 2024 bermitra dengan NGO terkemuka seperti Yayasan Cheshire
Indonesia untuk menyelenggarakan program pelatihan vokasional bagi pria dan
wanita dewasa yang memiliki disabilitas mobilitas, melalui pelatihan kerajinan
kayu dan menjahit, serta keterampilan tambahan seperti komputer dan bahasa
Inggris untuk membantu mereka menjadi mandiri secara finansial,” terangnya.
Selain itu, FHI 2024 juga mengimplementasikan metode daur ulang dan penggunaan kembali barang yang tidak terpakai menjadi sebuah barang baru yang berguna pakai.
Setelah acara berakhir, FHI akan mendonasikan sampah banner untuk didaur ulang menjadi tas
yang dilakukan dengan berkolaborasi bersama STUFFO. FHI 2024 juga mengajak
pengunjung dan peserta pameran untuk membawa botol minuman sendiri melalui
kampanye “Bring Your Own Tumbler”
berkolaborasi bersama Pureve, sebagai penyedia station pengisian isi ulang air minum di seluruh area pameran. Langkah
ini dilakukan untuk meminimalkan pemborosan sampah botol plastik guna mendukung
usaha berkelanjutan.
Food & Hospitality Indonesia (FHI) 2024 menawarkan banyak alasan yang kuat bagi bisnis di industri perhotelan, makanan, dan minuman untuk berpartisipasi dan bergabung dalam acara ini. Akses pengunjung melalui pra-pendaftaran di https://www.foodhospitalityindonesia.com/pre-registration2024/ telah dibuka untuk para profesional dan pengunjung bisnis hingga tanggal 19 Juli 2024. Segera daftarkan diri melalui pra-pendaftaran untuk mendapatkan akses masuk penuh selama 4 hari ke FHI 2024 yang bernilai Rp. 150.000,- secara gratis.
Calon pengujung dapat mengkases https://www.foodhospitalityindonesia.com/ atau akun sosial media resmi FHI di Instagram @foodhospitalityindonesia_fhi, Facebook dan Linked in Food & Hospitality Indonesia, serta Kanal Youtube Food & Hospitality Series_ID untuk informasi lebih lanjut. (Tim Liputan)
Editor : Aan