Kenali Gaya Kepemimpinan: The Six Styles of Leadership Ala Anggota AIESEC in Untan

Editor: Redaksi author photo

Kenali Gaya Kepemimpinan: The Six Styles of Leadership  Ala Anggota AIESEC in Untan
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Leadership atau lebih kita kenal dengan kepemimpinan merupakan suatu proses dimana seorang individu mampu mempengaruhi suatu kelompok atau pun orang untuk mencapai tujuan bersama. (17 Juli 2024)

 

Melalui leadership kita akan melibatkan penggunaan keterampilan interpersonal serta komunikasi yang berguna untuk memberikan motivasi, mengarahkan serta mendukung orang lain demi mencapai pencapaian yang diinginkan.

 

Kepemimpinan tidak hanya membahas tentang hal-hal seperti memberi perintah saja tetapi lebih mengenai bagaimana menciptakan visi dan misi, membangun suatu tim yang kuat serta mengelola dinamika kelompok agar bisa mencapai tujuan yang telah ditetapkan.  

 

Telah dilakukan penelitian oleh Daniel Goleman mengenai apa saja jenis gaya kepemimpinan dan diperoleh nya “The Six Styles of Leadership” yang terdiri dari Coaching, Affiliative, Democratic, Commanding, Visionary dan Pacesetting.

 

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah mengkorelasikan jenis-jenis gaya kepemimpinan tersebut dengan pengaruhnya terhadap berjalannya suatu perusahaan yang berkaitan pula dengan hasil output pekerjaan yang diperoleh. 

 

Yuk, kita kenalan sekaligus melihat jenis gaya kepemimpinan member AIESEC in Untan yang dikembangkan melalui berbagai kegiatan yang mereka lalui selama menjadi anggota AIESEC in Untan !


Wira Kasyfurrahman, atau lebih akrab dipanggil Wira, adalah seorang Team Leader dari subdivisi International Relations yang terpaut dalam Divisi Outgoing Global Exchange AIESEC in Untan.

 

Selama 6 bulan perjalanannya menjadi anggota AIESEC in Untan, ia merupakan orang yang percaya bahwa Affiliative Leadership, yaitu gaya kepemimpinan yang biasanya dilakukan dengan berupa dukungan dalam perkataan dan motivasi menjadi salah satu jenis gaya kepemimpinan yang ia tekuni.

 

Sejauh perjalanan yang Wira lalui selama bergabung di AIESEC in Untan, ia telah belajar pentingnya bonding di dalam sebuah tim. Atmosfer kerja yang harmonis dan hubungan yang sudah terjalin baik antar anggota pasti akan memudahkan dalam melakukan kerja sama tim.

 

Menurut Wira, kegiatan sehari-hari yang dilakukan di subdivisi International Relations seperti melakukan kompilasi peluang, check-up, dan hal lainnya bersifat regular, terjadwal dan berkala sehingga dengan itu ia belajar untuk menerapkan jenis gaya kepemimpinan ini kepada setiap anggota timnya baik dengan memberikan pujian kepada sesama anggota serta menerapkan team bonding.

 

Wira sangat berterima kasih kepada segala kesempatan yang ia dapatkan di AIESEC in Untan yang mampu memberikan kesadaran kepada dirinya dalam menjadi seorang pemimpin yang baik bagi tim nya. 


Selanjutnya, mari kita juga ber kenalan dengan Muthia Risti Fadhila dan akrab dipanggil Muthia, ia merupakan Team Leader dari subdivisi Network Maintenance yang terpaut dalam Divisi External Relations AIESEC in Untan..

 

Selama kurang lebih 6 bulan perjalanannya sebagai anggota AIESEC in Untan dan juga sebagai seorang Team Leader ia dapat katakan bahwa jenis gaya kepemimpinan yang cocok dengan karakteristiknya adalah Democratic Styles yaitu jenis gaya kepemimpinan yang selalu memperhatikan berbagai kepentingan dan pendapat orang lain dan tidak mendahulukan kepentingan pribadi diatas segalanya, jenis gaya ini sangat berusaha untuk mensinkronisasikan kepentingan bersama dan bersifat terbuka terhadap saran dan pendapat yang ada. 

 

Sebagai seorang leader dari Network Maintenance ia tidak jarang untuk selalu meminta pendapat dan saran dari ketua divisi dan juga anggota tim nya. Muthia yakin dengan menerapkan hal ini pada tim bisa menciptakan hal besar yang tidak pernah ia bayangkan sebelumnya.

 

Ia percaya bahwa pendapat orang lain sangat berharga karena dengan ia mendengarkan pendapat orang lain disekitarnya, hal itu dapat memberikan sudut pandang lain yang dapat membantunya dalam menyelesaikan suatu permasalahan atau mencapai target yang ia inginkan.

 

Setelah mengetahui gaya kepemimpinan yang para anggota AIESEC in Untan tekuni tentu mereka tidak akan bisa mengembangkan gaya kepemimpinan itu tanpa menemukan platform yang tepat untuk mendukung serta mengembangkan leadership skills yang mereka miliki.

 

AIESEC in Untan sebagai organisasi kepemudaan yang bergerak di bidang kepemimpinan hadir sebagai wadah untuk anak muda khususnya di Kalimantan Barat yang ingin mengembangkan leadership skills bagi para mahasiswa baru maupun mahasiswa kelas atas.

 

Organisasi yang berfokus pada pengembangan kepemimpinan anak muda ini telah memberikan banyak kesempatan dan pengalaman kepada anak muda yang ingin mengembangkan dirinya dan memberikan banyak pengetahuan serta relasi baru kepada setiap anggotanya. 

 

Jadi, tunggu apalagi? Mari kembangkan leadership skills mu dengan bergabung bersama kami di AIESEC in Untan !. (SyaNf)

Editor : Aan

 


Share:
Komentar

Berita Terkini