Meriah, Tradisi Grebeg Suro Dan Kirap Budaya Paguyuban Jawa Di Kabupaten Ketapang

Editor: Redaksi author photo
Meriah, Tradisi Grebeg Suro Dan Kirap Budaya Paguyuban Jawa Di Kabupaten Ketapang

KALBARNEWS.CO.ID (KETAPANG) – Paguyuban Jawa Kabupaten Ketapang Gelar Kirab Budaya Grebeg Suro Tahun 1446 H/2024 M, Ketua DPRD Kabupaten Ketapang, M. Febriadi, S.Sos, M. Si, menghadiri sekaligus meresmikan Pelepasan Grebeg Suro Kirap Budaya dan Sedekah Bumi  Paguyuban Jawa Ketapang Tahun 2024, di Stadion Tentemak, Desa Payak Kumang, Kecamatan Delta Pawan Kabupaten Ketapang pada hari Sabtu, (13 Juli 2024) siang.

 

Pelepasan tersebut ditandai dengan pengibaran bendera disaksikan oleh Ketua Umum Paguyuban Jawa Kabupaten Ketapang, Achmad Sholeh, S.T., M. Sos beserta Istri, Kepala Desa Payak Kumang, Zulkifli, Peserta Grebek Suro Kirab Budaya, dan Masyarakat Kabupaten Ketapang.

 

Grebeg Suro ini adalah kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan Paguyuban Jawa Kabupaten Ketapang dalam rangka memperingati hari lahir Paguyuban Jawa Kabupaten Ketapang yang ke 27 tahun.

 

Ketua DPRD Kabupaten Ketapang, M. Febriadi dalam sambutannya mengapresiasi dan Paguyuban Jawa Kabupaten Ketapang sebut dia mampu memberikan warna bagi daerah. Setiap budaya-budaya yang ditampilkan dipandang kompak, solid dan penuh semangat, sebagai kekuatan demi kemajuan bersama.


Selanjutnya Febriadi mengajak agar masyarakat menjadikan moment kegiatan Grebeg Suro Kirap Budaya dan Sedekah hasil Bumi ini sebagai penyemangat meningkatkan prilaku kerjasama untuk bahu membahu menjaga keharmonisan, saling menghormati antar sesama.

 

Guna memeriahkan Grebeg Suro Kirap Budaya dan Sedekah Bumi paguyuban Jawa Ketapang Tahun 2024, peserta pawai didukung puluhan mobil secara beriringan membawa berbagai jenis buah-buahan dan sayur-sayuran serta hasil bumi lainnya, mengelilingi kota dan berakhir di halaman Kantor Bupati Ketapang.

 

Grebek Suro yang dikemas dengan acara Kirab Budaya dan Sedekah Bumi ini, berjalan meriah dan disaksikan masyarakat penuh antusias.

 

Ribuan Masyarakat antusias menyaksikan dan mengikuti ritual acara grebeg suro yang dilaksanakan oleh Paguyuban Jawa Kabupaten Ketapang, yang diisi dengan rangkaian kegiatan mulai dengan pagelaran seni Budaya Jawa diantaranya ada Penampilan Kuda Lumping, Reog Ponorogo, Singo Barong. Campur Sari hingga Pagelaran Wayang kulit semalam suntuk. (tim liputan).

 

Editor : Heri

Share:
Komentar

Berita Terkini