Polri Ajak Warga Nonton Wayang Di Hari Bhayangkara Dengan Lakon Tumurune Wiji Sejati

Editor: Redaksi author photo
Polri Ajak Warga Nonton Wayang Di Hari Bhayangkara Dengan Lakon Tumurune Wiji Sejati

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dalam ranka memperingati Hari Bhayangkara Ke-78 melaksanakan kegiatan kebudayaan pertunjukan wayang kulit semalam suntuk dengan lakon “Tumurune Wiji Sejati”.


Hal tersebut disampaikan Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko, Ia menatakan bahwa Pagelaran Wayang Kulit Semalam Suntuk dengan lakon Tumure Wiji Sejati mengisahkan tentang lahirnya kesatria sejati yang cerdas dan sakti, yakni Raden Wisanggeni.


“Tumurune wiji sejati itu artinya lahirnya satria unggul, cerdas dan sakti. Yakni, Raden Wisanggeni,” kata Trunoyudo di Jakarta pada hari Jumat (5 Juli 2024).


Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko menjelaskan bahwa pertunjukan wayang ini akan dilaksanakan di Lapangan Bhayangkara, mulai dari pukul 20.00 WIB sampai dengan selesai.


Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko menjelaskan, lakon ini diangkat dengan pesan khusus bagi masyarakat yang menonton pertunjukan, yakni sosok Wisanggeni yang menegakkan kebenaran, keadilan dan kejujuran.


“Seperti sosok Raden Wisanggeni ini simbol kekuatan dan kerabagaman yang luar biasa,” katanya.


Ini merupakan tahun ketiga Polri mengadakan pertunjukan wayang kulit semalam suntuk dalam rangka Hari Bhayangkara. Seperti tahun-tahun sebelumnya, lakon dimainkan oleh 3 dalang, yakni Ki Yanto, yang merupakan Hakim Agung, Ki Sri Kuncoro, perwira Polri berpangkat Ipda, dan Ki Harso Widisantoso, anggota TNI berpangkat Mayor Angkatan Laut.


Selain dipandu oleh 3 dalang tersebut, juga dibawakan oleh Ki Bayu Aji Pamungkas dari unsur aparatur sipil negara.


Jenderal polisi bintang satu itu mengatakan pertunjukan wayang kulit semalam suntuk ini terbuka untuk umum, gratis bagi seluruh masyarakat yang datang dan menonton.


Selain wayang kulit, juga diisi dengan hiburan komedi oleh Seniman Srimulat, yakni Dhinas Tedjo, Endah Laras, Cak Percil, Eka Kebumen dan Agens Serfozo.


“Selain pertunjukkan wayang juga ada pembagian hadiah doorprize, dengan hadiah-hadiah yang menarik tentunya,” ujarnya.


Tidak hanya itu, di sela-sela pertunjukan wayang kulit tersebut, juga tersedia area bazar bagi pelaku usaha untuk mempromosikan produk-produk lokal buatannya.


Pertunjukan wayang kulit ini, kata dia, selain dalam rangka HUT Ke-78 Bhayangkara, sekaligus sebagai upaya Polri melestarikan seni dan budaya.


Seperti pada HUT Ke-77 Bhayangkara, Polri juga menggelar wayang kulit dengan lakon “Wahyu Cakraningrat”. Kemudian, pada HUT Ke-76 Bhayangkara dengan lakon “Semar membangun kayangan”.


Selain dihadiri oleh Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo beserta pejabat utama Mabes Polri, turut mengundang Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, serta kementerian dan lembaga terkait.


“Kami turut mengundang Panglima TNI, serta menteri dan lembaga terkait,” kata Trunoyudo.


Nonton Wayang kulit semalam suntuk dengan lakon “Tumurune Wiji Sejati” ini juga dilaksanakan disemua Polda Jajaran, seperti halnya yang dilaksanakan di Polres Kubu Raya, yang juga melaksanakan nonton bareng Wayang Kulit yang dilaksanakan secara virtual di AulaPolres Kubu Raya Jalan Trans Kalimantan Sungai Ambawang Kubu Raya.


Hal tersebut disampaikan Kapolres Kubu Raya, AKBP Wahyu Jati Wibowo, SH, S.I.K melalui Penmas Humas Polres Kubu Raya, Aipda Ade Surdiansyah, Ia mengatakan bahwa Polres mengajak masyarakat pengemar wayang untuk menyaksikan paelaran wayang itu secara virtual bersama Kapolres dan Para PJU Polres Kubu Raya. (tim liputan).


Editor : Heri

Share:
Komentar

Berita Terkini