Rizky Chikay, Pasangan Suami Istri yang Sukses Raih Miliaran Rupiah jadi Kreator Affiliate TikTok
KALBARNEWS.CO.ID
(KALIMANTAN) - Berawal dari
ketertarikan melihat para kreator yang sukses menjadi affiliate di TikTok, sepasang suami istri asal Jakarta, Mohamad
Rizky dan Cahya Dhita (Chikay), ikut tertarik menjadi konten kreator pada tahun
2022 dan memutuskan untuk pindah ke Banjarbaru, Kalimantan Selatan. (12 Juli
2024).
Sebagai
mantan karyawan swasta, Chikay dan Rizky juga sempat memiliki usaha mainan dan
toko peralatan sekolah. Pada tahun 2021, Rizky diajak temannya untuk bekerja
dan pindah ke Kalimantan dengan modal dari hasil menjual toko di Jakarta.
“Setelah
pindah ke Kalimantan, kami semakin penasaran karena ada teman yang tadinya
bekerja sebagai ojek online,
tiba-tiba bisa membeli rumah dan kendaraan dari hasil menjadi kreator konten
dan affiliate TikTok. Lalu pada tahun
2022, akhirnya kami membuat akun TikTok dan mulai live walaupun pada awalnya belum ada yang nonton. Lalu, seiring
berjalannya waktu, live kami semakin ramai dan kami pun bisa mendapatkan
penghasilan tambahan. Bahkan, kami juga bisa bertemu dengan teman-teman baru di
Kalimantan berkat TikTok,” ujar Rizky
dan Chikay, kreator affiliate TikTok Rizky.Chikay.
Rizky
menambahkan bahwa ia cukup terkesan dengan jangkauan pengguna TikTok yang luas
hingga menjangkau daerah yang terletak jauh dari pusat kota di wilayah
Kalimantan. Hal ini dibuktikan dengan tingginya minat pembeli di wilayah
tersebut terhadap produk-produk yang dipromosikan Rizky dan Chikay melalui akun
TikToknya ketika bekerja sama dengan salah satu UMKM lokal di Kalimantan. Hal
ini cukup menunjukkan pengguna TikTok tidak hanya besar di Pulau Jawa,
melainkan tersebar luas hingga menjangkau wilayah lain di Indonesia.
Data ini didukung dengan studi TikTok bersama dengan Toluna yang berjudul 'TikTok Opportunities Beyond Key Cities: Unleashing Local Potential', yang menunjukkan 74% pengguna TikTok di luar kota-kota besar di Indonesia terbukti gemar berbelanja online, bahkan sebagian besar dari mereka juga tertarik untuk melakukan pembelian produk dari konten yang baru mereka lihat.
Selain itu, riset tersebut juga menunjukkan bahwa pengguna TikTok di wilayah rural Indonesia cenderung lebih banyak menghabiskan waktu untuk mengakses konten di TikTok dibandingkan menonton TV.
Hal ini juga terlihat dari munculnya ketertarikan dari beberapa teman-teman RizkyChikay di Kalimantan, yang menghubungi mereka untuk bertanya seputar program kreator affiliate di TikTok. Kesuksesan RizkyChikay ditandai dengan munculnya beberapa kreator affiliate baru dari Kalimantan yang menunjukkan bahwa kreator affiliate tidak perlu untuk tinggal di kota besar di Indonesia untuk bisa meraup keuntungan dari TikTok.
Selain itu, RizkyChikay juga
bercerita bagaimana audiens mereka di Kalimantan bisa mendapatkan referensi
produk yang sebelumnya sulit ditemukan di wilayah sekitar mereka. Kini, akses
berbagai produk tersebut dapat lebih mudah didapatkan berkat TikTok.
Kontribusi RizkyChikay terhadap UMKM dan
membuka lapangan pekerjaan baru melalui ShopTokopedia
Berkat kegigihannya, kini RizkyChikay dapat membantu perekonomian keluarganya bahkan dapat membiayai pendidikan sekolah adiknya dari hasil menjadi kreator affiliate di TikTok melalui ShopTokopedia.
RizkyChikay juga membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat di sekitar tempat tinggal. Saat ini, sudah ada sekitar 25 karyawan yang membantu dalam usaha RizkyChikay. Kisah mereka ini adalah salah satu contoh bagaimana program kreator affiliate di TikTok dapat membuka banyak lapangan kerja baru.
“Kami
bersyukur sekali dengan adanya ShopTokopedia karena bisnis kami semakin tumbuh
dan kami memiliki kesempatan untuk mengembangkan usaha lebih baik lagi. Kami
bahkan dapat membuka lapangan pekerjaan baru dengan mempekerjakan hingga 25
orang untuk membantu usaha kami.” tambah Rizky.
“Sejak
menjadi affiliate di TikTok, omzet
kami dapat mencapai miliaran Rupiah per bulannya, bahkan saat Lebaran lalu,
omzet kami bisa mencapai dua kali lipat biasanya. Kami pun merasa senang karena
dapat membantu perekonomian para seller
sekaligus UMKM lokal yang produknya kami promosikan. Bahkan ada beberapa seller yang sempat jadi kewalahan ketika
pesanan yang diterima sangat membludak. Tidak menyangka melalui TikTok dan ShopTokopedia,
selain kami ternyata banyak orang yang merasa terbantu secara ekonomi,” ucap
Rizky.
“Banyak
sekali pengalaman yang baru kami dapatkan sejak menjadi kreator affiliate, salah satunya kami dapat
mewujudkan mimpi untuk liburan ke luar negeri. Selain itu, kami pun jadi sering
diundang oleh teman-teman di Kalimantan untuk berbagi cerita sukses dan
pengalaman kami menjadi kreator affiliate
di TikTok. Kami berharap dapat terus menginspirasi teman-teman di
Kalimantan maupun di daerah lain dan terus dapat membantu UMKM lokal,” tutup
RizkyChikay. (tim Liputan)
Editor
: Aan