Sebanyak 45 Capaska Mulai Ikuti Pemusatan Diklat di Gedung Cadika Sintang

Editor: Redaksi author photo

Sebanyak 45 Capaska Mulai Ikuti Pemusatan Diklat di Gedung Cadika Sintang

KALBARNEWS.CO.ID (SINTANG)
- Sebanyak 45 Calon Paskibaraka Kabupaten Sintang mulai masuk ke tempat pemusatan Pendidikan dan Pelatihan di Gedung Cadika Sintang pada Minggu, 28 Juli 2024. Kegiatan tersebut ditandai dengan pelaksanaan upacara Tantingan Memasuki Perkampungan Desa Bahagia Paskibraka  Duta Pancasila. Sebanyak 45 capaska setelah melakukan registrasi di Hall GOR Apang Semangai, lalu membawa koper, tas dan ember menuju Gedung Cadika, tempat mereka tinggal selama 2 minggu. 


Kusnidar Kaban Kesbangpol Sintang menjelaskan bahwa dari 45 orang tersebut, ada 20 putri dan 25 putra, ditambah 3 orang pelajar Sintang yang lolos ke Tingkat Propinsi Kalbar.


“45 orang ini dari berbagai sekolah dan kecamatan. Kami sangat berharap, ke depan semua sekolah di 14 kecamatan bisa mengirim peserta untuk mengikuti seleksi di Kabupaten Sintang supaya ada pemerataan. Caranya menyiapkan diri sejak di sekolah masing-masingM” terang Kusnidar.


Kusnidar mengatakan bahwa 45 capaska ini, akan masuk ke kampung desa bahagia. Maka peserta wajib melakukan interaksi sosial dengan sesama peserta dan panitia dengan bahagia dan menerapkan nilai Pancasila. Kata kuncinya, siap, semangat, kompak dan disiplin selama mengikuti diklat. 


"Maka akan berhasil. Bangun komunikasi dan interaksi secara langsung dengan teman-teman yang berbeda suku, agama, budaya, dan karakter,” terang Kusnidar.


Kusnidar menjelaskan bahwa semua peserta mengikuti semua proses yang ada, taati semua aturan. Jangan segan untuk bertanya kepada panitia dan pengasuh. Kita disini menjadi keluarga besar, tidak ada yang ditutup tutupi. Semua terbuka.


Helmi Staf Ahli Bupati Sintang Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Keuangan mewakili Bupati Sintang menyampaikan Pemkab Sintang mengucapkan selamat kepada 45 capaska yang akan mulai pemusatan pendidikan dan pelatihan. 


“Kalian beruntung bisa terpilih setelah mengikuti seleksi. Kalian akan bertugas mengibarkan bendera Merah Putih pada 17 Agustus 2024 nanti di Stadion Baning Sintang. Mulai sore ini, tinggalkan kebiasaan di rumah yang tidak baik seperti tidak disipilin dan manja,” terang Helmi.


Helmi menjelaskan saat ini musim kemarau dan panas. Pesan saya jaga kesehatan, cukup minum air putih, jaga pola makan, istirahat yang cukup, dan minum vitamin. Bertegur sapalah yang baik. Karena salah bertegur sapa, bisa membuat tidak bertegur sapa. Jangan lupa laksanakan ibadah kalian. (Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini