UNU Kalbar Raih Akreditasi Sangat Baik dari BAN-PT

Editor: Redaksi author photo

UNU Kalbar Raih Akreditasi Sangat Baik dari BAN-PT

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) 
- Kabar gembira datang dari Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kalbar. Lembaga Penjamin Mutu (LPM) UNU Kalbar yang dipimpin oleh Siti Nurasmah mengumumkan, UNU Kalbar berhasil meraih predikat "Sangat Baik" dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).  


Pengumuman itu disampaikan pada 15 Juli 2024 dan langsung mendapat sambutan meriah dari seluruh civitas akademika.


Para dosen UNU Kalbar tidak bisa menahan rasa syukur dan bangga atas pencapaian ini. Wakil Rektor (Warek) I Dr. Agung Hartoyo menyampaikan rasa terima kasihnya.


"Terima kasih kepada seluruh civitas akademika UNU Kalbar yang telah bergotong royong mensukseskan akreditasi ini. Selamat! Kalau mau sukses, berlarilah duluan. Kalau mau lebih berhasil, berkolaborasilah," katanya, Senin (15/7/2024).


"Ini kabar yang menggembirakan. Dengan akreditasi ini, UNU Kalbar bisa mensejajarkan diri dengan kampus yang sudah lama berdiri. Bukan hanya kerja keras dari sivitas akademika, melainkan dukungan dari rakyat Kalbar juga," tambah Warek IV UNU Kalbar, Jasmin Haris M Pd. 


Dengan adanya hasil Sangat Baik ini, Jasmin mengimbau bagi masyarakat ingin menitipkan anaknya kuliah di UNU Kalbar, tak perlu ragu soal akreditasi. Predikat tersebut membuktikan kampus yang dibangun oleh kalangan ulama itu dikelola dengan baik. 


UNU Kalbar sendiri memiliki empat fakultas dengan 10 Program Studi (Prodi) Ada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dengan Prodi PGSD, Matematika, dan Bahasa Inggris. Fakultas Ekonomi dengan Prodi Manajemen. 


Fakultas Teknik dengan Prodi Sistem Informasi dan Teknikingkungan. Terakhir Fakultas Pertanian dengan Prodi Agribisnis, Agraoteknologi, Manajemen Sumber Daya  Perikanan, dan Teknik Hasil Perikanan. Alamat kampus di Jalan Ayani 2 Parit Deraba Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya.  


Sebelumnya, BAN-PT telah melakukan asesmen lapangan selama dua hari, dari tanggal 25 hingga 26 Juni 2024. Asesmen ini secara resmi dimulai dengan acara pembukaan di Aula Kampus UNU Kalbar.


"Sejak pertama berdiri, inilah asesmen pertama yang dilakukan untuk institusi. Kalau untuk program studi sudah lama dilakukan," ujar Rektor UNU Kalbar, Dr. Rachmat Sahputra M.Si. di sela-sela asesmen pada 25 Juni 2024.


Proses asesmen ini melibatkan tiga asesor ahli dari berbagai universitas ternama di Indonesia, yaitu Prof. Dr. Mulyono Baskoro M.S. dari Institut Pertanian Bogor, Dr. Muhammad Rohmadi S.S., M.Hum. dari Universitas Sebelas Maret, dan Prof. Dr. Titin Siswantining DEA dari Universitas Indonesia.


Pencapaian ini merupakan sejarah baru bagi UNU Kalbar yang berdiri sejak tahun 2015, dan diharapkan akan membawa dampak positif bagi pengembangan lembaga dan peningkatan mutu pendidikan di universitas ini. (Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini