Wujudkan Komitmen Kuat Penanggulangan Karhutla, PT. BGA Sei Rasau Gelar Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Karhutla

Editor: Redaksi author photo

PT. BGA Sei Rasau Gelar Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Karhutla 

KALBARNEWS.CO.ID (MARAU)
- Kembali perusahaan kelapa sawit PT. Bumitama Gunajaya Agro (BGA), kali ini Region Sei Rasau Kecamatan Marau menunjukkan komitmennya yang kuat dalam rangka ikut pencegahan dan penanggulangan Karhutla untuk menghadapi musim kemarau tahun 2024 ini. 


Komitmen ini diwujudkan dalam bentuk apel Kesiapsiagaan penanggulangan dan pengendalian Karhutla yang digelar di lapangan bola Dusun Belatuk Desa Belaban Kecamatan Marau Kabupaten Ketapang, pada Kamis (11 Juli 2024).

 

Selain menggelar apel Kesiapsiagaan penanggulangan dan pengendalian Karhutla juga dilanjutkan dengan simulasi penanganan pemadam kebakaran tiap tiap divisi dan kesiapan personil dan alat pemadam kebakaran serta tak kalah penting adalah MOU atau penandatanganan kesepakatan antara PT. BGA Region Sei Rasau dengan pihak Forkopimcam Marau dan Desa sekitar dalam rangka penanggulangan dan pengendalian Karhutla tahun 2024.

 

PT. BGA Sei Rasau Gelar Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Karhutla 

Dalam sambutannya Camat Marau Supardi, Spd.M.Sos mengatakan bahwa Apel siaga pengendalian Karhutla di lapangan bola Belatuk ini sebagai bentuk kepedulian dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan yang berada di Kecamatan Marau tercinta ini.

 

"Rangkaian apel siaga ini untuk mengingatkan kita semua pihak baik TNI-Polri maupun pemerintah desa, Manggala Agni dan pihak perusahaan agar bersama-sama melakukan pengecekan mulai dari kelengkapan peralatan dan personel dari pihak perusahaan maupun masyarakat peduli api yang berada di Kecamatan Marau.


Dikatakannya pula bahwa titik api dapat menimbulkan gangguan pada kesehatan kita bahkan pencemaran udara ini dapat mengganggu aktivitas kita sehari-hari.

 

"Pengalaman yang pernah kita alami, anak-anak kita tidak dapat sekolah bahkan mendapatkan teguran oleh negara tetangga dalam pencemaran lingkungan ini.


Tahun 2024 ini cuaca yang dialami memang tidak kemarau panjang namun tetap kita persiapkan dari sekarang dengan lebih baik dan diperkuat personelnya.

 

Ditambahkannya bahwa untuk menanggulangi Karhutla, management dan tata kelola air juga sangat diperlukan, sehingga kerjasama semua pihak menjadi wajib agar penanganan karhutla tidak terhambat.  


Menilai penanganan karhutla tahun sebelumnya sudah cukup baik dan maksimal, adapun untuk di tahun 2024 ini untuk semua pihak dapat mengantisipasi dengan patroli bersama atau menghimbau kepada masyarakat yang membuka lahan dengan cara tidak membakar atau dengan aturan regulasi yang berlaku oleh Pemda atau Pergub yang sudah dikeluarkan.

 

Harapan besar kita semua untuk wilayah Ketapang khususnya Kecamatan Marau memiliki kepedulian dan tanggung jawab bersama untuk bergerak menghentikan dan memadamkan kebakaran hutan dan lahan secara bersama-sama sehingga sekecil apapun api dapat kita kendalikan, kita hindari ego sektoral dalam pelaksanaan tugas dengan ini kita mampu mengatasi setiap kendala dilapangan.

 

Akhir kata saya menekankan kembali bahwa kebakaran hutan dan lahan adalah tugas dan tanggung jawab kita bersama dalam mengendalikannya, semoga Tuhan memberkati kita semua dan diberikan kesehatan dalam menjalankan tugas kita.

 

Demikian yang dapat saya sampaikan, agar apa yang menjadi pernyataan ini dapat di pahami dan dimengerti oleh semua pihak," tutupnya.

 

PT. BGA Sei Rasau Gelar Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Karhutla 

Hadir dalam kegiatan acara Apel Kesiapsiagaan penanggulangan dan pengendalian Karhutla di PT. BGA Region Sei Rasau Kecamatan Marau ini selain Forkopimcam Marau seperti Camat Marau Supardi S.Pd, M.Sos, Kapolsek Marau Iptu Martin Nababan beserta anggota, Danramil Marau Pelda Andi Wijaya beserta anggota, Kepala Manggala Agni Pondok Kerja Kendawangan yakni M.Iswandi, Kades Belaban Kornelius, Kades Sukakarya Harsoyo, Kades Riam Baru Nopianus dan sejumlah Demong Adat Dusun Belatuk. 


Sementara hadir dari pihak manajemen PT. BGA Region Sei Rasau diantaranya adalah Lukman Saprudin Area Controller 7B, Satriadi HOS Sei Rasau, Taharuddin Manager   Corporate Affair Region Sei Rasau, Yadi Saputra Sustaianability Region Sei Rasau, Bagus Ali Imran Dept CCR serta Jajaran Staff Support dan Agronomi Region Sei Rasau juga seluruh Team Damkar Regional Sei Rasau  (Fendi's/Adv)

Editor : Aan


Share:
Komentar

Berita Terkini