Forum Kerukunan Umat Beragama Kayong Utara Gelar FGD Untuk Wujudkan Pilkada Damai Dan Sukses

Editor: Redaksi author photo
Forum Kerukunan Umat Beragama Kayong Utara Gelar FGD 

KALBARNEWS.CO.ID (KAYONG UTARA) - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Kayong Utara menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan tema "Menggagas Pilkada Kayong Utara yang Sukses, Aman, dan Damai."


Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka mendukung pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kayong Utara Tahun 2024 di Pendopo Bupati Kayong Utara, yang berlokasi di Jalan Tanah Merah, Desa Sutera, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, pada hari Kamis (22 Agustus 2024).


FGD ini dipimpin oleh Ketua FKUB Kayong Utara, H. Nazril Hijar, S.Ag, dan menghadirkan sejumlah narasumber penting, antara lain Pj Bupati Kayong Utara yang diwakili oleh Kabid Poldagri Badan Kesbangpol Hidayadi, Wakapolres Kayong Utara Kompol Aris Sutrisno, S.Pd, yang menyampaikan materi dari pihak Kepolisian, serta perwakilan dari KPU dan Bawaslu Kabupaten Kayong Utara yang diwakili oleh Abdul Khoir T.W. dan Yusmandi.


Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, termasuk anggota FKUB, Kemenag, perwakilan OPD, partai politik, organisasi masyarakat, organisasi kepemudaan, tokoh masyarakat, dan tokoh agama.

Dalam FGD ini, para narasumber membahas berbagai aspek penting untuk memastikan pelaksanaan Pilkada 2024 di Kayong Utara berjalan dengan sukses, aman, dan damai. Topik yang dibahas meliputi pentingnya menjaga netralitas, menghindari politik uang, serta menolak kampanye hitam dan hoax.


Sebagai penutup kegiatan, para peserta FGD mendeklarasikan komitmen untuk menyukseskan Pilkada 2024 dengan damai dan menolak segala bentuk hoax. Deklarasi ini berisi lima poin penting, yaitu:


  1. Siap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
  2. Siap mewujudkan pemilihan bupati dan wakil bupati Kayong Utara tahun 2024 yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil demi integritas bangsa.
  3. Tunduk dan patuh pada peraturan perundang-undangan yang berlaku di NKRI.
  4. Menolak segala bentuk penyebaran hoax, kampanye hitam, ujaran kebencian, politik uang, dan politisasi SARA.
  5. Mendukung sinergitas dan solidaritas TNI-Polri, pemerintah daerah, tokoh masyarakat, serta elemen masyarakat demi terciptanya keamanan yang kondusif di Kabupaten Kayong Utara.

Melalui kegiatan ini, FKUB berharap seluruh umat beragama di Kabupaten Kayong Utara dapat berperan aktif dalam menjaga situasi yang aman, damai, dan kondusif selama pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kayong Utara Tahun 2024. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian umat beragama di Kayong Utara terhadap pentingnya Pilkada yang damai, serta upaya untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah tersebut. (tim liputan).


Editopr : Heri

Share:
Komentar

Berita Terkini