Indosat Ooredoo Hutchison Digital Intelligence Operations Center, Era Baru Telekomuniasi Berbasis Kecerdasan Buatan
KALBARNEWS.CO.ID
(JAKARTA) - Indosat
Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mencatatkan tonggak sejarah baru
dalam perjalanan transformasi digitalnya melalui peresmian Digital Intelligence
Operation Center (DIOC).
Fasilitas termutakhir ini menandai kemajuan signifikan bagi komitmen Indosat menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligene/AI) dalam memberikan pelayanan terbaik bagi lebih dari seratus juta pelanggan di seluruh Indonesia. (7 Agustus, 2024).
DIOC diresmikan oleh Vikram Sinha, President Director and CEO, Indosat Ooredoo Hutchison, beserta jajaran manajemen dan komisaris Indosat Ooredoo Hutchison, serta Simon Lin, President Huawei Asia-Pacific Region dan jajarannya. Peresmian ini juga sekaligus menegaskan kerja sama strategis antara kedua belah pihak.
DIOC
didirikan sebagai pusat operasi jaringan Indosat untuk menyediakan real-time
insights dan manajemen layanan proaktif, menggabungkan keandalan
fungsi Network Operations Center (NOC) dan Service
Operations Center (SOC).
Vikram Sinha, Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo Hutchison mengatakan, "Digital Intelligence Operation Center menandai babak baru dalam mewujudkan ambisi kami untuk menjadi perushaan telekomunikasi berbasis AI.
Mellaui DIOC, Indosat tidak hanya meningkatkan kinerja jaringan, tetapi juga
merevolusi pelayanan pelanggan. Integrasi teknologi canggih dan pengembangan
talenta, menjadi kombinasi dalam menetapkan standar baru dalam kinerja jaringan
dan kepuasan pelanggan. Kolaborasi ini menjadi kunci untuk mewujudkan misi kami
dalam menghubungkan dan memberdayakan setiap
masyarakat Indonesia melalui konektivitas digital."
Keunggulan fungsi DIOC dalam memberikan Real-time Network Insights, memungkinkan Indosat beralih dari penyelesaian masalah reaktif ke manajemen layanan proaktif dengan data waktu nyata untuk mengoptimalkan kinerja jaringan.
DIOC juga
menyediakan End-to-End Service Management, termasuk kinerja,
pengalaman aplikasi, dan kualitas layanan, yang mempercepat penyelesaian
masalah pelanggan. Kemampuan DIOC untuk mengintegrasikan analisis data dan
teknologi mutakhir mendorong Data-Driven Innovation yang
berkelanjutan, memungkinkan Indosat mengembangkan produk dan layanan baru yang
berfokus pada pelanggan, serta memimpin dalam kemajuan layanan digital.
Peresmian ini juga memperkuat kemitraan antara Indosat dan Huawei, dengan tujuan bersama untuk meningkatkan infrastruktur jaringan, mempercepat transformasi digital, dan mengembangkan talenta unggul bagi masa depan digital Indonesia.
Solusi ICT canggih dan
kepemimpinan teknologi Huawei akan membantu Indosat membangun jaringan yang
berorientasi masa depan, otomatis, dan cerdas, memastikan fleksibilitas untuk
memenuhi kebutuhan digital pelanggan yang dinamis.
Simon Lin, President of Huawei Asia-Pacific Region mengatakan, "Peresmian Digital Intelligence Operations Center (DIOC) Indosat merupakan pencapaian yang luar biasa, menandai era baru kerja sama dalam mengembangkan pusat inovasi dan menyambut manajemen jaringan cerdas.
Kolaborasi ini didasarkan pada kemitraan strategis jangka panjang kami dengan Indosat, yang menjadi bukti komitmen bersama untuk terus memberikan pengalaman jaringan yang luar biasa.
Sebagai
inovator teknologi, pelopor industri, dan kontributor lokal yang berakar di
region, Huawei berkomitmen untuk memanfaatkan solusi inovatif kami guna
membantu pelanggan kami mencapai kesuksesan bisnis yang berkelanjutan dan daya
saing. Bersama-sama, kita membentuk masa depan yang lebih digital, terhubung,
dan cerdas untuk Indonesia."
Indosat telah mencapai hasil signifikan dalam transformasi digitalnya dan mencapai hasil yang signifikan. Dalam kolaborasinya dengan Huawei melalui pusat layanan dan operasi terkelola, Indosat berhasil melakukan konsolidasi jaringan berfokus pada pengalaman dan secara signifikan meningkatkan kualitas jaringan serta pengalaman pengguna.
Pengujian independen pihak ketiga menunjukkan peningkatan substansial Indosat
di daerah pedesaan, perkotaan, dan pinggiran kota, di mana kecepatan unduh
meningkat secara signifikan dari tahun ke tahun (YoY), meningkat 44,1% YoY
di daerah pedesaan, 43,5% YoY di daerah perkotaan, dan
43,9% YoY di daerah pinggiran kota, berkontribusi pada kepuasan
pelanggan dan kinerja jaringan yang lebih tinggi. Indosat juga meningkatkan cakupan
populasi hingga 12,7 juta penduduk.
Penerapan strategi transformasi jaringan dan adopsi teknologi mutakhir yang didukung oleh kolaborasi kuat dengan mitra global sangat penting untuk memberikan pengalaman yang luar biasa kepada pelanggan. Indosat dan Huawei telah memulai perjalanan kolaborasi untuk memperdalam kerjasama, dengan fokus pada infrastruktur jaringan, operasi jaringan, dan pengembangan talenta.
Indosat juga menciptakan lingkungan terbuka
dan kolaboratif dengan bekerja sama dengan organisasi internasional seperti TM
Forum untuk mendorong inovasi dan mengeksplorasi kasus penggunaan baru dengan
pemimpin industri global lainnya.
"Seiring Indosat terus menerapkan teknologi inovatif seperti digital twin networks, AI/ML, dan otomatisasi, kami tetap berkomitmen untuk menjadi katalisator masa depan digital Indonesia.
Dengan memanfaatkan jangkauan jaringan yang luas dan
adopsi teknologi generasi berikutnya, Indosat bertujuan untuk menghubungkan
individu, bisnis, dan segala sesuatu di antaranya, membuka potensi digital di
seluruh Indonesia," tutup Vikram.
Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat, IDX: ISAT) memiliki visi untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital yang paling dipilih di Indonesia. Bersama anak usaha dan afiliasinya, Indosat menghadirkan layanan seluler, solusi TIK, data center, Fiber to the Home (FTTH), layanan pembayaran elektronik, layanan finansial dan layanan digital lainnya.
Indosat memiliki tujuan yang lebih besar yaitu memberdayakan Indonesia,
dan dengan semangat gotong royong, Indosat ingin menjadi kolaborator utama
dalam mewujudkannya serta menciptakan perubahan yang berarti. (Tim Liputan)
Editor
: Aan