Indosat Ooredoo Hutchison Gandeng Microsoft Akselerasi Transformasi Menjadi TechCo Melalui Pemanfaatan AI
KALBARNEWS.CO.ID
(JAKARTA)
- Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) menegaskan komitmennya untuk
bertransformasi dari Telco menjadi AI Native TechCo dengan memaksimalkan
penggunaan kecerdasan buatan (AI) di seluruh operasional perusahaan. (14
Agustus 2024)
Melanjutkan
kemitraan strategis dengan Microsoft, Indosat menggunakan Copilot for Microsoft
365, asisten kecerdasan buatan terintegrasi, untuk meningkatkan produktivitas
dan menghubungkan masyarakat di seluruh kepulauan Indonesia.
Sanjeev
Rawat, Chief Digital Officer Indosat Ooredoo Hutchison, menekankan misi
perusahaan seiring kemitraan dengan Microsoft, “Di Indosat, kami tidak hanya
mengintegrasikan kecerdasan buatan ke dalam strategi kami; kami turut
membudayakan inovasi.
Kami
memiliki tujuan untuk memberdayakan setiap individu Indonesia melalui solusi
yang diperkaya oleh kecerdasan buatan, memastikan bahwa teknologi dapat
memberikan dampak positif bagi masyarakat."
Pendekatan
Indosat sejalan dengan Microsoft’s Work Trend Index 2024 yang menunjukkan
perubahan dinamika kerja di Indonesia dengan penggunaan AI. Studi ini mencatat
bahwa 92% profesional di Indonesia memanfaatkan AI generatif di tempat kerja,
dan 92% pemimpin menganggap AI penting untuk meningkatkan daya saing.
Tingginya
adopsi ini menunjukkan pentingnya pemanfaatan teknologi AI di berbagai lapisan
tenaga kerja. Implikasinya, pemimpin yang memahami nilai AI dapat memotivasi
karyawan dan mengubahnya menjadi manfaat bisnis yang nyata.
Sebagai tim
yang terlibat dalam teknologi informasi dan operasi digital, kami seringkali
terjebak dalam aspek teknis dan menyisakan sedikit waktu yang tersedia untuk
tugas-tugas rutin seperti pembuatan dokumen dan manajemen konten.
Copilot for
Microsoft 365 menjadi mitra yang luar biasa bagi kami. Seolah memiliki asisten
cerdas yang memahami kebutuhan kami, alat ini menyederhanakan tugas-tugas kami.
Tidak hanya meningkatkan produktivitas saja, tetapi juga memungkinkan kami
fokus pada inisiatif strategis dan pelayanan pelanggan.
“Dengan
pengelolaan sumber daya yang efisien, Indosat dapat meningkatkan kualitas
layanan untuk lebih dari 100 juta basis pelanggannya yang luas dan mendorong
pertumbuhan perusahaan,” tambah Sanjeev.
Copilot for
Microsoft 360 menyederhanakan berbagai pekerjaan seperti mengatur jadwal
pertemuan, merangkum notulen rapat, menyiapkan email, dan banyak lagi.
Penggunaannya di Indosat kini meluas dari Divisi Digital ke Divisi lain
termasuk Sumber Daya Manusia (SDM), Business-to-Business (B2B), dan Jaringan.
Dalam
transformasi dari Telco ke AI Native TechCo, Indosat didukung oleh Microsoft
dalam memanfaatkan Copilot untuk meningkatkan dampak bisnis dan kontribusi
strategis terhadap konektivitas digital.
Dharma
Simorangkir, Presiden Direktur Microsoft Indonesia, mengatakan, “Kami merasa
terhormat mendukung Indosat dalam perjalanan transformasi AI mereka dari
perusahaan Telco menjadi TechCo. Integrasi Microsoft Copilot ke dalam pekerjaan
sehari-hari tidak hanya meningkatkan produktivitas di internal perusahaan,
tetapi juga menciptakan dampak yang luas di luar Indosat.
Melalui
peningkatan efektivitas dan inovasi, Indosat mendorong konektivitas digital di
seluruh Indonesia. Ini adalah bukti kekuatan teknologi untuk mendorong dampak
sosial, dan Microsoft sangat bersemangat menjadi bagian dari perjalanan
bersejarah ini.” (Tim Liputan)
Editor : Aan