Menjaga Integritas Dan Mencegah Politik Identitas, Elemen Masyarakat Kapuas Hulu Deklarasikan Pilkada Damai

Editor: Redaksi author photo
 Elemen Masyarakat Kapuas Hulu Deklarasikan Pilkada Damai

KALBARNEWS.CO.ID (KAPUAS HULU) – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Kapuas Hulu bersama seluruh Elemen masyarakat di Kabupaten Kapuas Hulu melaksanakan deklarasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Damai pada hari Kamis (8 Agustus 2024).

 

Deklarasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Damai itu dilaksanakan di gedung Serba Guna Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, dengan tema "Sinergitas Elemen Masyarakat Kapuas Hulu dalam Mewujudkan Pilkada yang Aman dan Berintegritas dengan Melawan Politik Identitas dan Hoax".

 

Deklarasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Damai ini dihadiri ratusan perwakilan dari berbagai elemen masyarakat, termasuk perwakilan partai politik, organisasi kemasyarakatan, tokoh masyarakat, dan mahasiswa.

 

Tampak hadir Pelaksana Harian (Plh) Kepala Badan Kesbangpol Kapuas Hulu, A.W. Habibie, yang mewakili Bupati Kapuas Hulu; Wakapolres Kapuas Hulu, Kompol Dahomi Baleo Siregar, S.H.; Pasiter Kodim 1206 Kapuas Hulu, Supratno; Ketua MUI Kapuas Hulu, H. Wakasman; serta sejumlah komisioner dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kapuas Hulu.

 

Dalam sambutannya Plh. Kesbangpol Kapuas Hulu, A.W. Habibie, menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan deklarasi tersebut, Ia juga menekankan pentingnya sinergi seluruh elemen masyarakat untuk menyukseskan Pilkada 2024 yang aman, tertib, dan berintegritas.

 

"Pilkada yang sudah semakin dekat menuntut kita semua untuk menjaga keutuhan dan meredam isu-isu yang berkembang, terutama dalam era digital ini di mana informasi tersebar begitu cepat," katanya.

 

Sementara itu Wakapolres Kapuas Hulu, Kompol Dahomi Baleo Siregar, dalam sambutannya juga mengatakan bahwa pihak kepolisian telah mempersiapkan langkah-langkah pengamanan untuk Pilkada 2024.

 

"Kami telah melakukan pemetaan terhadap potensi-potensi yang dapat mengganggu keamanan dan berharap masyarakat turut serta menjaga situasi kondusif," jelasnya.

 

Hal sama disampaikan Komisioner KPU Kapuas Hulu, Ramadhani, dalam penyampaian materinya, mengapresiasi langkah Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Kapuas Hulu dalam menginisiasi deklarasi ini.

 

Ia juga menekankan pentingnya kewaspadaan terhadap penyebaran informasi hoaks di media sosial yang dapat memecah belah masyarakat.

 

"Kita semua harus bijak dalam bermedia dan menjaga situasi tetap kondusif menjelang Pilkada," ujarnya.

 

Perwakilan Bawaslu Kapuas Hulu, Alexsius Dani, mengingatkan bahwa tahapan coklit masih berlangsung dan sangat penting untuk memastikan hak pilih warga terakomodasi.

 

Ia juga menyarankan masyarakat untuk melaporkan setiap pelanggaran pemilu yang mereka temui.

 

Ketua FKUB Kapuas Hulu menutup rangkaian sambutan dengan ajakan kepada seluruh peserta untuk menjaga keamanan dan kedamaian menjelang Pilkada 2024.

 

"Damai adalah tanggung jawab kita bersama. Mari berkompetisi dengan martabat dan menjunjung tinggi sportifitas," katanya.

 

Acara dilanjutkan dengan pembacaan dan penandatanganan Deklarasi Pilkada Damai oleh seluruh perwakilan peserta dan Forkopimda Kabupaten Kapuas Hulu.

 

Sesi diskusi yang digelar setelahnya juga berjalan dengan interaktif, di mana berbagai isu seperti politisasi agama, hoaks, dan pemasangan alat peraga pemilu menjadi topik pembahasan.

 

Pada pukul 11.05 WIB, acara resmi berakhir dengan harapan bahwa Pilkada Kapuas Hulu 2024 dapat berjalan dengan aman, tertib, dan berintegritas. (tim liputan).

 

Editor : Heri

Share:
Komentar

Berita Terkini