Menyongsong Harvesting BBI/BBWI Kalteng 2024: Kemenkes Latih 410 UMKM Kalteng Bidang Digital

Editor: Redaksi author photo
Kemenkes Latih 410 UMKM Kalteng Bidang Digital

KALBARNEWS.CO.ID (KALTENG) - Kementerian Kesehatan telah melatih 410 Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Provinsi Kalimantan Tengah dalam bidang digital Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di wilayah Indonesia (BBWI) Provinsi Kalimantan Tengah. Pelatihan tersebut telah dilakukan secara daring, luring dan hybrid pada bulan Juni-Juli 2024.

 

Secara lebih rinci Zulvia Dwi Kurnaini, S.E., M.Ec. Kepala Biro Pengadaan Barang/Jasa (PBJ) Kementerian Kesehatan bahwa Kementerian Kesehatan telah melakukan Pelatihan UMKM Kalteng secara daring tanggal 20 Juni sampai dengan 5 Juli 2024 dengan jumlah pendaftar 917 UMKM dan yang hadir sebanyak 360 UMKM.

 

Selanjutnya Pelatihan Hybrid Onboarding telah dilaksanakan pada tanggal 23 – 24 Juli 2024 yang diikuti 150 UMKM luring dan 210 UMKM daring.

 

Selain pelatihan diatas, ada juga pelatihan khusus tema kesehatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Kemenkes tanggal 9 Juli 2024 diikuti oleh 50 UMKM secara luring dan pelatihan tanggal 17-18 Juli 2024 oleh Direktorat Jenderal Farmalkes diikuti oleh 100 UMKM secara luring.

 

Adapun pelatihan sesi daring meliputi beberapa tema antara lain; membuat konsep dan rencanakan bisnismu makin unik, cara membuat laporan keuangan, pentingnya memiliki legalitas dan perizinan kerjasama, Adopsi transaksi pembayaran digital/QRIS serta tips cepat dan sukses jualan dengan affiliate program.

 

“Jadi secara keseluruhan Kementerian Kesehatan telah melatih sebanyak 410 UMKM dan ada beberapa UMKM yang mengikuti lebih 1 kali pelatihan dengan tema yang berbeda. Sedangkan UMKM hasil kurasi dari pelatihan tersebut memperoleh kesempatan memamerkan hasil produksinya dalam kegiatan HarvestingBBI/BBWI”, ujar Zulfia.

 

Dalam rapat panitia bersama 5 Agustus 2024 di Palangkaraya yang dihadiri Kemenkes, Pemerintah Provinsi Kalteng dan Bank Indonesia, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid berharap bahwa seluruh rangkaian Harvesting Gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di wilayah Indonesia (BBWI) Provisi Kalimatan Tengah dapat meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pemberdayaan UMKM Provinsi Kalteng.

 

Harvesting Gerakan BBI dan BBWI Provinsi Kalimatan Tengah yang akan diselenggarakan di Kota Palangkaraya tahun 2024 merupakan kolaborasi antara Kementerian Kesehatan sebagai campaign manager, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan Bank Indonesia dengan tema HARVESTING BBI/BBWI dalam PESONA TAMBUN BUNGAI yang pelaksanaanya tanggal 14-17 Agustus 2024 bertempat di GPU Tambun Bungai dan Stadion Sanaman Mentikei Kota Palangkaraya. (Sumber : Humas Kemenkes RI).

 

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini