Satlantas Polres Kubu Raya Himbau Pengendara Waspada Dijalan Disaat Musim Hujan

Editor: Redaksi author photo

 Satlantas Polres Kubu Raya Himbau Pengendara Waspada Dijalan Disaat Musim Hujan

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) 
- Hujan deras mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Kubu Raya dan Kota Pontianak dari subuh hingga pagi hari ini. Akibatnya, beberapa ruas jalan menjadi licin dan tergenang air, sehingga beberapa pengendara tergelincir saat beraktivitas di pagi hari, Kamis (01/8).

  

Tercatat, ada tujuh pengendara sepeda motor dan satu mobil yang menjadi korban licinnya jalan raya di Jalan Arteri Supadio Kecamatan Sungai Raya dan Jalan Mayor Alianyang Kecamatan Sungai Ambawang. 


Polres Kubu Raya melalui Satuan Lalu Lintasnya menghimbau kepada seluruh pengendara pengguna jalan agar lebih berhati-hati dalam berkendara, mengingat kondisi jalan raya yang licin dan tergenang air dapat meningkatkan risiko kecelakaan.


Kasat Lantas Polres Kubu Raya, AKP Supriyanto,S.H,.M.A.P., melalui Kasubsi Penmas Sihumas Polres Kubu Raya, AIPTU Ade menghimbau para pengendara diharapkan mengurangi kecepatan, menjaga jarak aman, dan memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik. Keselamatan di jalan raya adalah prioritas bersama.


"Pertama, kami menghimbau para pengendara untuk selalu memperhatikan kecepatan kendaraan, terutama saat melintasi jalan yang basah atau tergenang air. Kurangi kecepatan untuk menghindari tergelincir. Kedua, pastikan kondisi kendaraan, terutama ban dan rem, dalam keadaan baik. Ban yang aus atau tidak layak pakai dapat mengurangi daya cengkeram pada jalan yang licin,"katanya.


"Ketiga, jaga jarak aman antar kendaraan untuk memberi waktu reaksi lebih jika terjadi hal yang tidak terduga. Selain itu, hindari melakukan manuver tiba-tiba seperti pengereman mendadak atau berbelok secara tajam. Terakhir, kami mengingatkan untuk selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan arahan dari petugas di lapangan," jelas AKP Supriyanto saat dikonfirmasi.  


Ade juga menambahkan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk memastikan saluran air berfungsi dengan baik guna mengurangi genangan di jalan raya serta menekankan pentingnya kesadaran setiap pengguna jalan terhadap keselamatan diri sendiri dan orang lain.


"Kedisiplinan dan kehati-hatian dalam berkendara adalah kunci untuk menjaga keselamatan bersama. Kami juga menghimbau agar pengendara selalu menggunakan perlengkapan keselamatan, seperti helm bagi pengendara motor dan sabuk pengaman bagi pengemudi mobil," tegas Ade. (tim Liputan)

Editor : Aan



Share:
Komentar

Berita Terkini