Hujan Lebat, Jalan di Tepi Sungai Desa Mungguk Longsor

Editor: Redaksi author photo

Hujan Lebat, Jalan di Tepi Sungai Desa Mungguk Longsor

KALBARNEWS.CO.ID (SEKADAU) 
- Setelah diguyur hujan lebat, jalan jalan Masjid At-Taqwa (Jalan Kabupaten) RT 01 RW 01 Dusun Mungguk Satu Desa Mungguk Kecamatan Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau terkena longsor, Rabu (25/9/2024).


Kepala BPBD Kabupaten Sekadau Akhmad Suryadi mengatakan kejadian tersebut berawal dari BPBD mendapat informasi dari Grup 'wa siaga karhutla' oleh Kades Mungguk Abang Irwandi dan dari Kepala RT 01 Abang Suryadi bahwa telah terjadi Longsor di Jl. Masjid At-Taqwa.


"Setelah mendapat informasi tersebut Tim BPBD dan Tim dari Dinas PUPR Kabupaten Sekadau ke lokasi untuk mengecek kondisi dilapangan. Berdasarkan pengamatan dan analisis singkat dilapangan, Jalan tersebut rusak karena mengalami longsor yg dipicu oleh curah hujan tinggi yang berlansung sangat lama," katanya.


Ia juga menjelaskan bahwa pada tanggal 24 September 2024 (Tengah Malam) jam tidak diketahui pasti dan terdapat jalur air di bawah badan jalan, sehingga membuat tanah dasar jalan tersebut mengalami pergeseran/penurunan tanah.


"Sehingga tanah tersebut tidak mampu menahan beban jalan diatasnya. Dan tidak terdapat bronjong/barau pada jalan tersebut yg juga membuat kurangnya kekuatan jalan terhadap curah hujan tinggi. Pada dinding jalan diketahui sangat curam dan berada ditepi sungai sekadau," jelasnya.


Ia menambahkan, Adapun longsor tersebut dengan panjang 14,80 meter, dengan lebar jalan 4 meter, dan lebar longsor badan jalan 2,30 mete, dengan tebing longsoran ke sungai 9,40 meter. Ada 2 buah rumah, 1 buah rumah tidak berpenghuni dan 1 rumah 1 KK (6 jiwa). Kami menghimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati melewati jalan tersebut, dan memberi tahu yang terdampak untuk mengungsi. (Tim Liputan).

Editor : Lan

Share:
Komentar

Berita Terkini