Momen Paus Fransiskus Keliling Sapa Umat Naik Maung Tangguh Besutan Prabowo

Editor: Redaksi author photo

Momen Paus Fransiskus Keliling Sapa Umat Naik Maung Tangguh Besutan Prabowo

KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA)
— Paus Fransiskus, pemimpin tertinggi Gereja Katolik sekaligus kepala negara Vatikan berkeliling dengan mobil nasional Indonesia Maung ‘Tangguh’ jenis MV3 besutan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto yang diproduksi oleh PT Pindad saat berkeliling menyapa sekitar 87.000 jemaat yang hadir pada Misa Akbar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis (5/8) sore.


Kedatangan Paus Fransiskus di GBK disambut langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, keduanya saling bertegur sapa dan bersalaman. Tak lama berselang, Paus Fransiskus berganti kendaraan dan menaiki mobil Maung MV3 berwarna putih yang telah di modifikasi khusus oleh Kemhan atas arahan Prabowo.


Dilakukan beberapa modifikasi pada Maung yang dinaiki Sri Paus. Pada bagian kursi didesain ergonomis dan dapat berputar sehingga Sri Paus bisa menyapa para jemaat baik di sisi kanan dan sisi kiri maupun sisi belakangnya. Pada dasar kursi itu pun juga dibalut dengan karpet merah tanda kehormatan untuk Paus Fransiskus.


Sepanjang jalan iringan mobil Maung yang dikendarai Paus Fransiskus menuju Stadion Madya GBK, terdengar gemuruh 87.000 jemaat yang meneriakkan yel-yel ‘Viva il Papa’.


“Viva il Papa, Viva il Papa Francisco” seru ribuan jemaat Katolik seraya menyambut kedatangan Paus Fransiskus di Stadion Madya, GBK.


Viva il Papa merupakan seruan yang kerap digunakan oleh umat Katolik ketika berkesempatan bertemu dengan Paus Fransiskus. Adapun, kata tersebut bermakna serupa dengan “Long live Pope” dalam bahasa Inggris atau “Panjang Umur untuk Paus Fransiskus.”


Di kesempatan yang sama, Paus Fransiskus juga menyempatkan menyapa dan memberikan berkat kepada sejumlah jemaat Katolik dari mobil Maung.


Berkenaan dengan Mobil Maung jenis MV3 ini, Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose menjelaskan bahwa perubahan Maung MV3 untuk Popemobile adalah berupa penambahan tangga lipat untuk mengakses panggung yang dilengkapi kursi utama di bagian belakang kendaraan, sunroof pada kabin pengemudi, rear step untuk penjaga Paus, roof protector antisipasi hujan, dan kursi belakang yang bisa dilipat untuk asisten Paus.


Adapun, berkaitan dengan spesifikasi mesinnya tidak ada perubahan. Maung MV3 diketahui menggunakan mesin turbo diesel 2.200 cc yang mampu melaju dengan kecepatan aman 100 km/jam dan tenaga maksimum 199 dk.(Tim Liputan).

Editor : Lan

Share:
Komentar

Berita Terkini