Kisah Inspirasi Xaviera Putri: Komitmen Dalam Beradaptasi Di Lingkungan Penuh Tantangan

Editor: Redaksi author photo

Xaviera Putri, seorang youtuber sekaligus content creator Indonesia

KALBARNEWS.CO.ID  (PONTIANAK)
- AIESEC dikenal sebagai organisasi kepemudaan yang memberikan kesempatan bagi para anak muda untuk mengembangkan diri di berbagai lingkungan.


Terdapat salah satu kisah yang mampu menginspirasi para anak muda, salah satunya perjalanan Xaviera Putri, seorang youtuber sekaligus content creator Indonesia, yang menggambarkan bagaimana hidup dalam lingkungan baru di Korea dapat memberikannya banyak pelajaran berharga dan pengalaman yang tak terlupakan.


Tentu saat melanjutkan studinya di Korea, ia memasuki lingkungan yang berbeda secara budaya dan sosial. Tantangan pertama yang ia hadapi adalah penyesuaian diri terhadap bahasa, norma sosial dan budaya yang baru. 


Namun, Xaviera mampu mengatasi hambatan tersebut dengan semangat yang sama seperti yang ditanamkan AIESEC dalam jiwa para anggotanya yaitu kemampuan untuk beradaptasi dalam berbagai situasi dan lingkungan serta dapat mencari solusi.


Dari berbagai platform seperti youtube dan instagram, Xaviera banyak membagikan pengalaman sekaligus kesehariannya saat studi di Korea.  


Tentunya adaptasi di lingkungan yang baru bukanlah suatu hal yang mudah baginya. Namun ia mengingatkan kita pada salah satu nilai inti AIESEC, yaitu keberanian untuk keluar dari zona nyaman.


 Dalam setiap kegiatan yang diikuti oleh anggota AIESEC, mereka dilatih untuk menghadapi lingkungan yang beragam serta dinamis dengan keterampilan komunikasi antarbudaya, pengembangan kepemimpinan, dan pembentukan relasi di berbagai lingkup. Tentu dalam setiap tantangan di lingkungan asing dapat menjadi batu loncatan untuk mencapai potensi diri. 


Umur bukanlah suatu hal yang bisa menjadi alasan untuk kita tidak berkembang. Mungkin hal itulah yang menjadi alasan Xaviera dengan berani mengambil kesempatan untuk studi di Korea. Kesempatan yang tidak semua orang bisa dapatkan dan tidak akan terulang dua kali. Bahkan saat disana, dia selalu menjunjung tinggi nilai agama, terlebih dalam hal berpakaian.


AIESEC juga mengajarkan nilai-nilai yang diajarkan seperti penghargaan terhadap keragaman dan kesetaraan serta kesempatan yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Anak muda kini harus mulai menanamkan komitmen untuk tetap konsisten pada nilai-nilai keberagaman. 


Dimana ini menunjukkan bahwa AIESEC tidak hanya mendukung setiap perbedaan yang ada tetapi juga menghargai setiap individu sebagai pribadi yang unik dan berharga. Meskipun berada di lingkungan yang sangat berbeda, Xaviera tetap menjaga prinsip-prinsip agama dan budaya yang dipegangnya, termasuk dalam hal berpakaian.


Keberanian Xaviera untuk menjunjung tinggi nilai-nilai agama di tengah budaya yang berbeda mencerminkan prinsip AIESEC yang mendukung inklusivitas dan penghargaan terhadap setiap budaya, agama, dan latar belakang. 


AIESEC percaya bahwa setiap manusia memiliki potensi dan kesempatan yang sama untuk berkontribusi dalam masyarakat global, dan kisah Xaviera adalah contoh inspiratif tentang bagaimana seseorang dapat mencapai keseimbangan antara menghargai identitas pribadi dan beradaptasi dengan lingkungan baru.


Melalui kisah inspiratif Xaviera Putri, AIESEC mengajak para pemuda untuk tidak takut menghadapi tantangan di berbagai lingkungan. Seperti Xaviera, setiap anggota AIESEC dapat menemukan nilai yang berharga dari setiap pengalaman yang mereka jalani, dan pada akhirnya, mereka akan tumbuh menjadi individu yang lebih tangguh dan siap menghadapi dunia.


Di era modern saat ini, anak muda dihadapkan pada beragam, dan tantangan baru yang terus berkembang. Dalam hal ini, penting untuk bisa membuat diri dapat beradaptasi dan tumbuh di berbagai kondisi yang ada. 


Tidak jarang, kesempatan yang datang mungkin tampak menakutkan atau di luar zona nyaman kita, namun itulah yang sering kali menjadi kunci untuk meraih kesuksesan di masa depan. AIESEC percaya bahwa generasi muda saat ini memiliki potensi luar biasa untuk memimpin dan berkontribusi pada perubahan positif di dunia. 


Oleh karena itu, AIESEC mendorong anggotanya untuk tidak hanya melihat peluang sebagai langkah menuju kesuksesan, tetapi juga sebagai media untuk mengatasi ketidakpastian dan tantangan.(tim Liputan)

Editor : Aan


Share:
Komentar

Berita Terkini