MAKESTA IPNU-IPPNU Sungai Ambawang : Penguatan Nilai Ke-NU-an Untuk Generasi Muda

Editor: Redaksi author photo

Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdhatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) gelar kegiatan Masa Kesetiaan Anggota (MAKESTA)

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA)
- Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdhatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) gelar kegiatan Masa Kesetiaan Anggota (MAKESTA). Kegiatan MAKESTA ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Nahdlatul Atfal Parit Adam Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat. Sabtu (26/10/2024).


Makesta merupakan singkatan dari Masa Kesetiaan Anggota. Ini adalah tahap kaderisasi pertama dalam sistem formal Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) untuk mempersiapkan calon anggota IPNU dan IPPNU agar memiliki pemahaman yang kuat tentang ajaran Islam dan nilai-nilai Nahdlatul Ulama.


Kepala Sekolah dan juga sebagai pengurus aktif MWC NU kecamatan sungai Ambawang, Rusdi, A.Md menyampaikan IPNU - IPPNU harus menjadi garda terdepan dalam pengembangan NU di Kabupaten Kubu Raya khususnya di Kecamatan Sungai Ambawang.


"Kader IPNU dan IPPNU adalah NU masa depan dan masa depan NU, bangsa masa depan dan masa depan bangsa, maka dari itu kader kader IPNU IPPNU harus mampu bersaing dan mampu mengisi disegala lini yang diperlukan" tegasnya


Pengurus PAC IPNU Sungai Ambawang Ihsan   mengakatakan kami sangat bersemangat dalam mengadakan acara Makesta (Masa Kesetian Anggota) ini, karena ini merupakan langkah pertama untuk memasuki gerbang bagi para pelajar NU. 


"Tujuan kami mengadakan Makesta tersebut adalah menanamkan nilai-nilai ke-NU-an sejak dini kepada para pelajar di tengah arus globalisasi yang sangat berbahaya, khususnya para pelajar yang otaknya mudah terdoktrin oleh faham-faham selain Ahlussunah Wal Jama'ah," tuturnya


Ketua Pimpinan Cabang IPNU Kabupaten Kubu Raya Achmad Ruzi menyampaikan Makesta (Masa Kesetiaan Anggota) adalah acara orientasi awal bagi anggota baru yang diselenggarakan oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Sungai Ambawang. 


"Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan nilai-nilai dasar dan visi organisasi IPNU kepada anggota baru, serta memperkuat rasa kebersamaan dan kepedulian di antara sesama pelajar NU," ujarnya


Ruzi menambahakn dalam kegiatan Makesta ini, para peserta diberi pembekalan berupa materi tentang ke-NU-an, sejarah IPNU IPPNU, serta pentingnya kontribusi pemuda dalam menjaga dan mengembangkan nilai-nilai Islam Ahlussunnah wal Jamaah. 


"Selain sesi materi, acara ini juga mencakup berbagai aktivitas dinamika kelompok yang bertujuan untuk membangun karakter, kepercayaan diri, dan jiwa kepemimpinan," jelasnya.


Achmad Ruzi menjelaskan Makesta  PAC IPNU IPPNU Sungai Ambawang dilaksanakan dalam suasana penuh semangat dan antusiasme, dengan dihadiri oleh para pengurus, alumni, dan tokoh tokoh pengurus Banom NU yang turut memberikan motivasi kepada peserta. 

"Kegiatan ini diakhiri dengan sesi penutupan yang penuh khidmat, di mana para anggota baru secara resmi dilantik sebagai bagian dari keluarga besar IPNU" tutupnya. (Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini