Pengukuhan Pengurus Baru Masjid Al-Hikmah Pontianak Periode 2024-2027: Dr. Luqman Hakim Resmi Pimpin

Editor: Redaksi author photo

Pengukuhan Pengurus Baru Masjid Al-Hikmah Pontianak Periode 2024-2027: Dr. Luqman Hakim Resmi Pimpin

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK)
Kepengurusan baru Masjid Al-Hikmah Pontianak resmi dikukuhkan dalam suasana khidmat pada Minggu malam, 20 Oktober 2024. Dr. Luqman Hakim, S.H.I., M.S.I., ditunjuk sebagai Ketua Masjid untuk periode 2024-2027, menggantikan Ust. H. Sayuti Ilyas, S.H.I., M.Pd yang sebelumnya menjabat sebagai Pj Ketua. (22-10-2024)


Acara ini berlangsung di Masjid Al-Hikmah, Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo, selain pengurus yang dikukuhkan, hadir pula jamaah serta tokoh masyarakat seperti Pembina Pengurus Masjid Al Hikmah, Drs. H. Momon Salmon, M.Pd dan H. Rachmat Karyawan yang selain menjadi pengurus Al-Hikmah juga merupakan ketua Dewan Masjid Indonesia Kec. Pontianak Kota.


Dalam sambutannya, Ust. H. Sayuti Ilyas yang mewakili Yayasan Al-Hikmah memberikan pesan dan harapan. 




"Kepengurusan baru ini diharapkan bisa lebih solid dan mampu membawa perubahan positif bagi kemakmuran masjid. Kami juga berharap mereka dapat menjalin sinergi yang lebih erat dengan pemerintah dan masyarakat sekitar," ungkapnya.




 Ia menekankan pentingnya inovasi dalam kepengurusan masjid, sembari tetap mempertahankan nilai-nilai tradisi yang baik. Ungkap pimpinan pondok Darul Ihsan Sungai Rengas ini.




Dr. Luqman Hakim, sebagai nahkoda baru Masjid Al-Hikmah, mengungkapkan rasa terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya. Dalam sambutannya, Luqman menegaskan komitmennya untuk tidak hanya melanjutkan program-program unggulan pengurus sebelumnya, tetapi juga berupaya membuat terobosan baru demi kemaslahatan umat. 



"Kami akan terus berpegang pada prinsip al-muhafazhatu ala qadimis shalih wal akhzu bil jadidil ashlah—menjaga yang baik dari masa lalu dan merangkul hal baru yang lebih baik," tegasnya. Ia juga menambahkan bahwa kemakmuran masjid bukan hanya tanggung jawab pengurus, melainkan kolaborasi seluruh jamaah.



Di bawah kepemimpinan Luqman Hakim, Masjid Al-Hikmah akan berupaya menjadi pusat spiritual dan sosial bagi masyarakat. Luqman yang juga merupakan dosen Pascasarjana IAIN Pontianak ini mengajak seluruh elemen untuk turut serta dalam menghidupkan masjid. "Ini adalah perjalanan kita bersama. 




Kami butuh dukungan penuh dari seluruh jamaah dan masyarakat agar Masjid Al-Hikmah tidak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga tempat pengembangan umat yang berdaya dan bermanfaat bagi lingkungan.



Ia juga menyoroti pentingnya partisipasi aktif dari seluruh pengurus dan jamaah. "Kami sangat terbuka terhadap saran dan masukan dari semua pihak. Setiap perbedaan pendapat adalah hal yang wajar—itu adalah bagian dari sunnahtullah, dan pada dasarnya untuk kebaikan bersama," ujarnya. Luqman menekankan bahwa perbedaan pandangan tidak boleh menjadi hambatan, melainkan justru harus dilihat sebagai peluang untuk memperkaya perspektif dalam mencapai tujuan bersama. 



"Mungkin konteks dan situasinya berbeda, tetapi niat kita tetap satu: memakmurkan masjid dan melayani jamaah dengan sebaik-baiknya." jelasnya.



Diakhir sambutannya Luqman berujar bahwa dipilihnya tanggal 20 Oktober 2024 ini sebagai pengukuhan pengurus masjid Al-Hikmah karena bertepatan dengan pelantikan Presiden Indonesia. 



“Kalo malam ini Presiden Prabowo mengumumkan kabinetnya, maka sama, malam ini saya juga mengumumkan kabinet kepengurusan saya. Biar gampang ngingatnya.” tutupnya. (Ahd)

Editor : Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini