drh. Neno Sukelan, Scientific Communication Expert CPPETINDO dan Wilda Novayana, Brand Manager CPPETINDOsaat memaparkan kampanye terbaru BOLT, #TumbuhBersama pada Senin 13 Januari 2025 di Jakarta.
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - BOLT, pemimpin pasar merek pakan hewan ekonomis di bawah naungan CPPETINDO, menegaskan kembali kampanye #TumbuhBersama yang telah diluncurkan secara soft launch pada platform daring media sosial di akhir 2024 sebagai komitmen untuk terus memperhatikan kesejahteraan hewan terutama kucing.
Kampanye edukatif ini sekaligus sebagai ajakan terhadap para pemilik hewan dan meningkatkan partisipasi para pegiat hewan untuk bersama-sama berkomitmen dalam meningkatkan kesejahteraan kucing. (15/1/2025).
“Pertumbuhan kucing yang sehat tidak terpisahkan dari peran pemiliknya yang selalu ingin tahu tentang pertumbuhan hewan kesayangannya dari fase ke fase, tidak hanya sebatas diberi makan dan dibersihkan, namun juga perlu dirawat dengan penuh kasih sayang dengan cara memberikan asupan nutrisi yang tepat agar membantu kucing untuk terus tumbuh sehat dan sistem imunnya terjaga.
Melalui kampanye #TumbuhBersama ini BOLT ingin turut berperan serta dalam setiap fase pertumbuhan tersebut dengan menyediakan kebutuhan harian kucing dengan makanan yang mereka perlukan untuk tumbuh sehat melalui R&D yang komprehensif dan melakukan inovasi serta pengembangan produk,” tutur Wilda Novayana, Brand Manager CPPETINDO, di Jakarta 13 Januari 2025 lalu.
Lebih lanjut Wilda menyebutkan bahwa kampanye #TumbuhBersama yang digelar BOLT merupakan ajakan bagi para pegiat, pecinta, dan pemilik hewan, untuk peduli terhadap hewan kesayangan, terutama kucing.
BOLT juga mendukung kegiatan steril kucing demi mencegah over populasi yang bisa berakibat pada menurunnya tingkat kesejahteraan kucing dan mempengaruhi kebersihan dan kenyamanan lingkungan.
Salah satu langkah yang konsisten dilakukan BOLT adalah melakukan donasi ke sejumlah rumah shelter (penampungan) hewan liar, mendukung kegiatan street feeding dan mengajak pegiat hewan dan komunitas untuk turut serta memberikan air minum bersih bagi kucing jalanan.
BOLT juga menyampaikan terima kasih kepada pelanggan setia BOLT seiring dengan penjualan BOLT Cat Food yang signifikan di 5 (lima) provinsi di Indonesia, yaitu Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, dan Riau. Kampanye #TumbuhBersama ini juga menjadi simbol bagi BOLT untuk tumbuh bersama tidak sebatas dalam angka penjualan produk semata, namun juga bersama dengan seluruh ekosistem makanan kucing, seperti pemilik kucing, shelter, pet shop, dengan mengedukasi mengenai asupan yang bergizi dan kesejahteraan kucing untuk bisa bertumbuh dengan sehat.
Sementara itu, drh. Neno Sukelan, Scientific Communication Expert CPPETINDO menyoroti tentang kesepahaman para pemilik hewan kesayangan terhadap kandungan gizi yang diperlukan hewan kesayangan agar bisa #TumbuhBersama melalui pemberian pakan yang tepat.
Bahan-bahan utama sebaiknya ada dalam pakan antara lain protein hewani berkualitas tinggi, seperti ayam atau ikan, sebagai sumber protein utama, selain biji-bijian utuh seperti jagung dan beras merah sebagai sumber karbohidrat kompleks serta sayuran segar seperti wortel dan bayam untuk memberikan serat dan vitamin yang dibutuhkan kucing.
“Pakan yang diproduksi untuk hewan kesayangan seharusnya memenuhi standar keamanan pangan yang berlaku, mulai dari pemilihan bahan baku berkualitas hingga proses produksi yang higienis, sehingga keselamatan dan kesehatan hewan menjadi perhatian utama, seperti yang telah kami lakukan melalui uji laboratorium secara rutin untuk mendeteksi adanya kontaminan atau zat berbahaya sehingga pemilik kucing tidak perlu khawatir untuk memberikan kucingnya makan BOLT,” ujar drh. Neno Sukelan.
Kandungan protein yang tepat untuk kucing terdapat di makanan kering (dry food) dan makanan basah (wet food) BOLT. Makanan basah, sebagai produk terbaru BOLT mengandung protein sebesar 28% dan memenuhi anjuran dari AAFCO yang mewajibkan takaran minimal 25%. Sementara itu, kandungan dry food BOLT diperkaya dengan telur dan susu kambing, yucca schidigera, ekstrak ragi, dan Omega 3 & 6.
Hadirnya makanan basah untuk kucing di akhir tahun 2024 merupakan jawaban BOLT terhadap tingginya permintaan pasar yang berkualitas dan ekonomis sebagai pelengkap makanan kering. Saat ini, makanan basah BOLT sudah bisa ditemukan di beberapa toko hewan di Jabodetabek dan ditargetkan bisa terdistribusi merata ke seluruh pelosok Indonesia di tahun 2025.
Penyakit yang paling umum diderita untuk kucing adalah gangguan saluran kemih dan gangguan pencernaan. Penyakit ini bisa terjadi karena infeksi dari luar atau masalah metabolisme tubuh yang kurang baik, serta kecenderungan kucing kurang minum. Hal ini disebabkan karena kucing enggan minum dari tempat kotor.
Untuk bisa menjaga dan mengobati anabul yang sakit penanganan yang dilakukan harus secara menyeluruh. Bukan saja memperhatikan nutrisi makanan yang diberikan tapi juga membawa anabul ke layanan kesehatan. Di samping itu, faktor lingkungan dan perilaku manusia pemeliharanya menjadi hal penting diperhatikan sehingga #TumbuhBersama bisa terwujud.
“Pemilik hewan sebaiknya memilih pakan yang berkualitas yang mampu memenuhi nutrisi harian seperti BOLT yang memberikan manfaat spesifik bagi kesehatan kucing sehingga dapat #TumbuhBersama tanpa rasa khawatir terkena penyakit dan virus,” pungkas Wilda. (Tim Liputan)
Editor : Aan