Tokopedia dan ShopTokopedia Bagi Tips Tingkatkan Penjualan Ramadan
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - Berdasarkan riset
Toluna pada tahun 2024, pembeli berbelanja kebutuhan Ramadan pada semua fase,
yaitu sebelum, saat, dan setelah Ramadan. 75% responden bahkan sudah aktif
mencari inspirasi, tips, dan ide hadiah Ramadan 1-2 minggu sebelum Ramadan
dimulai.[1]. (12/2/2025)
"Artinya, ada
peluang yang besar bagi pelaku usaha termasuk UMKM untuk menaikkan pendapatan
di bulan Ramadan. Untuk membantu penjual menciptakan peluang, Tokopedia dan
ShopTokopedia pun membuat webinar edukasi #SIAPRAMADAN untuk penjual hingga
kampanye Ramadan Ekstra Seru. Webinar edukasi dapat diakses secara gratis
melalui halaman Pusat Edukasi Seller Tokopedia atau ShopTokopedia Academy," jelas SMB Education and Engagement Lead Tokopedia
and TikTok E-commerce, Teddy.
5 Tips Penjual di Tokopedia dan ShopTokopedia Naikkan
Pendapatan di Ramadan
Tokopedia dan
ShopTokopedia melalui Teddy dan sejumlah pelaku usaha membagikan tips
memaksimalkan persiapan bisnis menjelang bulan Ramadan untuk mengoptimalkan
pendapatan.
1. Jaga ketersediaan
stok
"Penjual sebaiknya menjaga ketersediaan stok pada semua
fase, yaitu sebelum, saat, dan setelah Ramadan untuk mempertahankan pembeli.
Pastikan produk, khususnya yang paling laris, memiliki stok yang cukup termasuk
saat terjadi lonjakan pesanan di bulan Ramadan. Manfaatkan juga fitur-fitur
penjualan yang bisa memberikan informasi produk populer berdasarkan kategori
dan lokasi penjual, serta kata kunci yang paling sering digunakan
pembeli," jelas Teddy.
Brand lokal di Tokopedia dan
ShopTokopedia, Bittersweet by Najla, melalui pemiliknya Ala Bisyir, mengatakan,
"Penjualan kami di Ramadan bisa naik 200%, maka sangat penting
memperbanyak stok produk agar mencukupi permintaan pembeli yang meningkat
signifikan di momen besar ini. Kami biasanya memproyeksi kebutuhan stok dari
beberapa bulan sebelum Ramadan sekaligus Ramadan tahun sebelumnya."
2. Gabung kampanye
khusus Ramadan Ekstra Seru
“Bergabung dalam
kampanye kolaborasi Tokopedia dan ShopTokopedia, Ramadan Ekstra Seru, bisa
menjadi salah satu strategi meningkatkan penjualan di bulan Ramadan,"
jelas Teddy. Penjual bisa menawarkan sederet penawaran menarik, seperti gratis
ongkir, flash sale setiap hari,
diskon khusus saat live streaming,
kejutan voucher setiap hari, dan
masih banyak lagi.
Eksposur dan penjualan
pelaku usaha terbukti meningkat berkat kampanye Ramadan Ekstra Seru. Pemilik Usaha Hijrahfood Meatshop, Akram Amrullah Rajab, mengatakan,
"Berkat ikut kampanye Ramadan Ekstra Seru 2024, penjualan naik 3 kali
lipat. Penjualan daging rendang bahkan melonjak 10 kali lipat."
3. Lakukan live streaming di TikTok
50% responden riset
Toluna terinspirasi membeli setelah melihat konten video termasuk live streaming di TikTok.[2]
Pada Ramadan 2024, puncak live
streaming dengan penonton terbanyak ada di waktu sahur, istirahat, dan
setelah berbuka puasa.[3]
"Lakukanlah live streaming setiap
hari bahkan tingkatkan durasi guna menjangkau lebih banyak pembeli. Sesuaikan
juga diskon atau bentuk promosi lain untuk ditawarkan di jam-jam puncak live streaming agar penjualan di bulan
Ramadan makin maksimal," tambah Teddy.
Bittersweet by Najla
melalui Ala menambahkan, "Berkat live
streaming pada Ramadan 2024, pesanan kami naik 2 kali lipat. Beberapa hal
yang kami lakukan untuk mengoptimalkan live
streaming adalah menunjukkan proses pembuatan produk. Kami juga
menyesuaikan tema dan dekorasi live
streaming dengan Ramadan, serta membuat produk khusus seperti hampers yang hanya dijual saat live streaming."
4. Buat short video
Frekuensi unggahan
konten video pendek (short video)
yang makin tinggi bisa meningkatkan jangkauan audiens termasuk saat Ramadan.
"Ada tiga pesan yang sebaiknya disampaikan penjual Tokopedia dan
ShopTokopedia lewat short video TikTok,
yaitu menampilkan keunggulan produk, mengarahkan audiens untuk klik Keranjang
Kuning, dan mengajak audiens untuk cek profil toko dan jadwal live streaming," tutur Teddy.
"Pelaku usaha bisa
berkolaborasi dengan kreator konten untuk membuat short video di TikTok yang ditujukan untuk menarik lebih banyak
penonton pada saat sesi live streaming berlangsung,
atau bekerja sama dengan affiliate
content creators untuk membuat short
video dengan Keranjang Kuning guna membantu mempromosikan produk kita," jelas Bittersweet by Najla
melalui Ala.
5. Pakai fitur iklan
Penjual
bisa memanfaatkan fitur iklan untuk meningkatkan penjualan di Ramadan.
Misalnya, dengan TopAds, toko/produk penjual
bisa muncul pada halaman strategis di Tokopedia. Di sisi lain, dengan Shopping
Ads, yang mencakup Product Shopping Ads, Video Shopping Ads dan LIVE Shopping Ads, toko/produk
penjual di ShopTokopedia bisa muncul pada halaman 'Saran' atau 'For You'
pengguna TikTok. Serta GMV Max, yang mencakup LIVE GMV Max dan Product GMV Max, untuk
mengoptimalkan ROI (return of investment)
iklan dari akun ShopTokopedia penjual.
Brand lokal di Tokopedia dan
ShopTokopedia yang memanfaatkan fitur iklan adalah Kintakun. "Di Ramadan
tahun lalu, kami berpartisipasi dalam kampanye Ramadan Ekstra Seru dengan
meluncurkan koleksi khusus dan menggunakan fitur iklan, TopAds dan LIVE
Shopping Ads. Hasilnya, pesanan meningkat 108% dibandingkan bulan
sebelumnya," ujar Marketing
Director Kintakun, Vincent Saputera.