Polres Ketapang Laksanakan Sosialisasi Dan Himbauan Layanan Call Center 110 Mudik Aman Jelang Idul Fitri 1446 H
KALBARNEWS.CO.ID (KETAPANG) - Jajaran Polres Ketapang Polda Kalbar terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan mensosialisasikan layanan Call Center Nomor Kepolisian 110 serta memberikan himbauan terkait mudik aman menjelang hari Raya Idul Fitri 1446 Hijriyah.
Kegiatan sosialisasi ini dilakukan sebagai bagian dari upaya Polres Ketapang untuk lebih memperkenalkan layanan call center 110 serta mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan darurat dan memastikan himbauan keselamatan saat melakukan perjalanan mudik tersampaikan ke warga masyarakat.
Kapolres Ketapang, AKBP Setiadi, S,H., S.I.K., M.H., melalui Kasi Humas AKP Drajat Pamungkas dalam keterangan resminya mengatakan bahwa nomor Call Center 110 merupakan saluran komunikasi langsung bagi warga masyarakat yang membutuhkan bantuan kepolisian atau melaporkan kejadian darurat.
"Nomor 110 ini merupakan layanan cepat yang bisa dihubungi kapan saja, baik itu untuk melaporkan kejadian kriminal, kecelakaan, atau keadaan darurat lainnya. Kami ingin masyarakat semakin cepat mendapatkan akses bantuan terbantu dan merasa aman," ujar AKP Drajat Pamungkas, Senin (17 Maret 2025) Pukul 09.00 Wib.
Selain itu, Polres Ketapang juga memberikan himbauan agar masyarakat yang berencana melakukan mudik Lebaran agar melaksanakan perjalanan dengan aman dan mematuhi aturan berlalu lintas serta protokol keselamatan. Salah satu upaya yang ditekankan adalah memeriksa kendaraan sebelum bepergian, membawa perlengkapan darurat, dan selalu berhati-hati di jalan raya.
"Kami juga mengimbau agar warga yang akan melaksanakan mudik lebaran untuk tidak tergesa-gesa dan selalu mengutamakan keselamatan dalam berkendara. Pastikan kondisi fisik dalam keadaan prima dan kendaraan dalam kondisi baik. Jika merasa lelah, berhenti dan beristirahat sejenak," tambahnya.
Salah satu warga masyarakat yaitu sdr Toni menyampaikan bahwa dengan adanya sosialisasi call center 110 ini, dirinya menjadi tahu terkait layanan pengaduan cepat yang dimiliki Kepolisian. Dirinya yang merupakan pengusaha Toko Percetakan sangat mengapresiasi dengan sosialisasi ini sehingga warga masyarakat seperti dirinya menjadi tahu bahwa pelayanan dan bantuan polisi begitu dekat dan cepat.
“Seperti ini bang yang sangat baik, kami warga masyarakat mengetahui bahwa kami dapat mengakses bantuan kepolisian 24 jam dimanapun dan kapanpun, sangat membantu kami warga masyarakat. Bantuan polisi di dalam genggaman lah bahasanya,” ujar Pria berkaca mata tersebut.
Sosialisasi ini dilakukan melalui berbagai media, termasuk distribusi pamplet dan brosur di beberapa obyek vital seperti Bank, pertokoan dan Pasar. Humas Polres Ketapang juga mengoptimalkan penggunaan media sosial untuk menjangkau masyarakat lebih luas.
Dengan adanya layanan Call Center 110 dan himbauan mudik aman, Polres Ketapang memastikan akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang membutuhkan layanan kepolisian, baik dalam situasi darurat maupun selama perjalanan mudik lebaran.(Fendi's/Tim)
Editor : Aan