Rayakan Hari Kartini, TikTok, Tokopedia, dan TikTok Shop Perkuat Komitmen Pemberdayaan Perempuan di Era Digital
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - TikTok dan Tokopedia, melalui TikTok Shop by Tokopedia, turut merayakan Hari Kartini yang diperingati setiap 21 April, dengan terus berupaya menjadi bagian dari perjalanan banyak perempuan Indonesia yang ingin tumbuh dan berdaya melalui dunia digital.17 April 2025 Communications Senior Lead Tokopedia and TikTok E-commerce, Rizky Juanita Azuz menyampaikan
“Kami percaya perempuan bisa menjadi penggerak ekonomi digital. Lewat Tokopedia dan TikTok Shop, kami membuka peluang luas bisnis online bagi pelaku usaha perempuan untuk menjangkau lebih banyak pembeli di seluruh Indonesia dan bertumbuh bersama kami. Misalnya TikTok Shop by Tokopedia terus bekerja sama dengan Kemenekraf RI melalui program Creators Lab x Emak Emak Matic (Emak-Emak Melek Teknologi) untuk melatih ratusan perempuan, khususnya usia produktif, agar bisa menjadi affiliate content creator yang bisa menghasilkan pendapatan dari mempromosikan produk UMKM lokal.”
“Selain itu, Tokopedia dan TikTok Shop rutin memberi panggung yang luas bagi perempuan UMKM agar bisa berkarya lewat bisnis online. Bolosego dan Animate adalah beberapa contoh usaha di Tokopedia dan TikTok Shop yang didirikan oleh perempuan dan mampu memberdayakan perempuan lainnya untuk bisa berkarya,” ungkap Rizky.
Usaha oseng mercon Bolosego (akun/produk: Tokopedia dan TikTok Shop), asal Sleman, Yogyakarta, yang didirikan oleh Dyah Laily Fardisa pada 2020 setelah dirinya terkena PHK imbas pandemi Covid-19. Berangkat dari semangat untuk bangkit, Dyah memutuskan untuk membantu seorang ibu penjual oseng mercon yang terdampak pandemi, serta menggandeng ibu-ibu di warung sekitar yang bernasib serupa. “Awalnya, karyawan Bolosego hanya terdiri dari 8 orang ibu-ibu. Kini, kami bisa mempekerjakan 150 orang, dimana 50% dari jumlah tersebut merupakan perempuan yang berperan penting dalam menjaga cita rasa Bolosego. Pencapaian ini juga tidak terlepas dari peran platform Tokopedia dan TikTok Shop, yang turut berkontribusi 70% pada pendapatan online Bolosego,” cerita Dyah.
Animate (akun/produk: Tokopedia dan TikTok Shop) adalah brand perawatan kulit dan kecantikan lokal yang didirikan oleh Yunna Mercier pada 2021, terinspirasi dari pengalaman pribadinya tidak cocok
dengan berbagai skincare. “Sejak memulai usaha, saya mengembangkan produk dan memasarkannya secara digital lewat platform Tokopedia dan TikTok Shop. Berkat fitur Live Shopping dan Ads, penjualan Animate mengalami kenaikan signifikan. TikTok Shop berkontribusi sekitar 30% penjualan online Animate. Kini, kami bisa memberdayakan lebih banyak orang, terutama kaum perempuan yang jumlahnya sekitar 70% dari total 800 karyawan Animate yang berlokasi di kantor pusat di Jakarta dan pabrik kami di Bogor,” ungkap Yunna.
TikTok: Tempat #PerempuanHebat Indonesia Berbagi Semangat dan Inspirasi TikTok telah menjadi ruang kreatif yang inklusif bagi para kreator dan komunitas perempuan untuk saling terhubung, menginspirasi, dan menyebarkan semangat positif. Tagar #PerempuanHebat di TikTok juga menjadi wadah bagi perempuan untuk berbagi opini, pengetahuan, serta mengekspresikan minat dan bakat mereka melalui konten singkat yang kreatif dan menginspirasi. Memanfaatkan kekuatan penemuan TikTok, Suci Ambar Wati (@suciambarwati25) menunjukkan bagaimana #PerempuanBisa memanfaatkan TikTok tidak hanya untuk berbagi minat, tetapi juga menginspirasi sesama untuk ikut memperluas akses edukasi kepada masyarakat luas tanpa terbatas ruang dan waktu.
Suci mengungkapkan, “Lewat konten sejarah dan budaya yang saya bagikan di TikTok, saya ingin mengedukasi masyarakat tentang kekayaan sejarah bangsa sekaligus menginspirasi perempuan untuk ikut berbagi ilmu yang mereka miliki kepada sesama. Saya berharap konten saya dapat menunjukkan bagaimana perempuan bisa menjadi sumber inspirasi dan edukasi, baik di ruang kelas maupun di dunia digital. Ini juga menjadi cara saya untuk mewujudkan semangat Kartini—mendorong perempuan agar memanfaatkan berbagai ruang dan kesempatan untuk memperluas pengetahuan, membangun komunitas, dan saling menguatkan, seperti yang saya lakukan bersama TikTok.”
Era Discovery E-commerce Mendorong Peluang Baru Didukung oleh kekuatan penemuan, konten autentik, dan komunitas yang solid dari TikTok, lanskap e-commerce kini memasuki era baru yang dikenal sebagai “discovery e-commerce”. Era inimemberdayakan pengguna Tokopedia dan TikTok Shop (baik penjual maupun pembeli) serta para kreator untuk mencapai potensi yang lebih besar. Salah satu manifestasi dari discovery e-commerce adalah munculnya profesi baru, yaitu kreator afiliasi.
Para kreator ini memiliki peluang untuk mendapatkan penghasilan melalui kegiatan promosi dan pemasaran produk dari jutaan penjual di Tokopedia dan TikTok Shop, termasuk bagi Amelia Hasanah (@amel_queens), seorang ibu rumah tangga yang kini dikenal sebagai salah satu kreator affiliate fashion inspiratif.
Berawal dari kecintaannya terhadap dunia fesyen, Amel mulai membagikan berbagai tips padu padan outfit melalui TikTok. Sejak bergabung sebagai kreator affiliate TikTok Shop by Tokopedia pada tahun 2022, Amel juga rutin mempromosikan produk fesyen muslim lokal. “Berkat menjadi kreator affiliate di TikTok Shop, saya bisa meraup pendapatan yang lebih dari cukup untuk menafkahi keluarga hingga memiliki tabungan pendidikan untuk anak hingga jenjang perguruan tinggi. Saya bersyukur karena ternyata passion bisa menjadi sumber penghasilan tanpa harus meninggalkan peran utama saya sebagai ibu rumah tangga,” tutup Amelia.
Tren Belanja Online Perempuan Indonesia di Tokopedia dan TikTok Shop Data internal Tokopedia dan TikTok Shop menunjukkan data yang menarik dalam partisipasi perempuan sebagai pembeli. Di Tokopedia, beberapa daerah mencatatkan jumlah pembeli selama kuartal I 2025, termasuk perempuan pembeli, antara lain Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Gorontalo. Hal ini menunjukkan semakin banyak perempuan yang terhubung dan terbiasa bertransaksi secara digital, khususnya di platform yang memberikan pengalaman belanja yang lebih aman dan mudah.
Sedangkan dari sisi produk, penjualan sejumlah kategori produk di Tokopedia yang cenderung digemari para perempuan turut mengalami kenaikan selama kuartal I 2025 yaitu Fesyen Perempuan, Ibu dan Bayi, Kecantikan, Muslim Fesyen, serta Fesyen Anak dan Bayi.
Secara keseluruhan, TikTok Shop mencatat pertumbuhan jumlah pembeli termasuk pembeli perempuan di berbagai daerah, termasuk Maluku Utara, Sulawesi Barat, Aceh, Lampung, dan Bali, dengan rata-rata kenaikan lebih dari 1,5 kali lipat. Hal ini menunjukkan bagaimana TikTok Shop by Tokopedia bisa menjangkau berbagai lapisan masyarakat yang lebih luas, termasuk perempuan di luar kota-kota besar.
Melihat tren positif ini, inisiatif Beli Lokal terus menjadi fokus utama Tokopedia dan TikTok Shop. Kampanye ini menampilkan produk-produk pilihan dari merek lokal, termasuk dari merek lokal yang didirikan oleh perempuan Indonesia.
Lampiran
Kisah Penjual - Bolosego (akun/produk: Tokopedia dan TikTok Shop by Tokopedia)
● Bolosego didirikan oleh Dyah Laily Fardisa pada tahun 2020 di Yogyakarta, setelah ia terdampak PHK akibat pandemi. Berbekal pengalaman di digital marketing, Dyah memulai usaha kuliner dengan memasarkan oseng mercon secara online. Dengan pengalaman di dunia digital marketing, Dyah fokus membangun brand Bolosego dengan keunikan produk yaitu memilih menu oseng mercon iga sapi dengan cita rasa khas Jogja yang masih jarang ditemui.
● Untuk menghadapi tantangan agar produk tidak mudah ditiru dan mendapatkan konsumen loyal, sebagai pelopor oseng mercon iga di Yogyakarta, Bolosego dikenal karena orisinalitas. Meski dijual dengan harga premium, kualitas produk Bolosego diimbangi dengan kekuatan rasa yang tak sekedar adu harga.
● Lahirnya Bolosego justru berkat Dyah membangun bisnis tidak hanya untuk dirinya sendiri, namun berawal sejak Dyah menggandeng ibu juru masak legendaris yang sudah tidak berjualan. Selain itu, Dyah juga melibatkan sejumlah ibu-ibu yang terdampak pandemi, khususnya ibu-ibu sepuh dan ibu rumah tangga usia produktif di Desa Bangunrejo yang diberdayakan untuk terlibat dalam produksi.
● Dengan menggunakan bahan baku utama seperti daging yang berkualitas, Dyah juga memastikan bumbu dan rempah 100% didapat dari pasar lokal sekitar Merapi.
● Setelah berkembang, kini Bolosego memberdayakan sekitar 150 pekerja, separuhnya adalah perempuan, termasuk para ibu muda usia produktif di Desa Bangunrejo yang berperan mengupas bahan dapur yang dapat dikerjakan dari rumah dan dikirim kembali ke pabrik setelah selesai.
● Perjalanan Bolosego yang semakin bertumbuh didorong pula oleh pemanfaatan platform digital. Sekitar 70% omzet online Bolosego berasal dari TikTok Shop by Tokopedia, begitu juga dengan Tokopedia yang turut memberi kontribusi besar. Bolosego sangat aktif memanfaatkan fitur live shopping, dengan 16 sesi live streaming setiap hari, didukung oleh tim khusus dan panduan ketat untuk menjaga kualitas siaran.
● Kampanye seperti Ramadan Ekstra Seru di TikTok Shop terbukti mampu meningkatkan penjualan hingga 4 kali lipat dibanding hari biasa. Produk paling laris Bolosego di Tokopedia dan TikTok Shop by Tokopedia yaitu oseng mercon iga, koyor, dan ceker. Penjualannya berhasil menjangkau pasar diseluruh Indonesia.
● Di balik pertumbuhan Bolosego, peran perempuan sangat besar. Bagi Dyah, Hari Kartini bermakna menjadi perempuan yang kuat dan bahagia, agar bisa menguatkan sesama. Ia berharap semakin banyak perempuan Indonesia berani mengambil peran dalam dunia bisnis tanpa terbatasi status atau stereotip.
● Dengan semangat pemberdayaan, kejujuran, dan inovasi, Bolosego terus berkembang, menjadi contoh bagaimana UMKM bisa tumbuh besar sambil tetap membumi dan memberi dampak nyata bagi masyarakat.
Kisah Penjual - Animate (akun/produk: Tokopedia dan TikTok Shop by Tokopedia)
● Animate adalah brand perawatan kulit dan kecantikan lokal yang didirikan oleh Yunna Mercier pada 2021. Pengalaman pribadi tidak menemukan skincare yang cocok dengan jenis kulitnya, memotivasi Yunna mendirikan usaha Animate. Nama 'Animate' yang berarti menghidupkan, dimaknai Yunna untuk menghidupkan kepercayaan diri perempuan yang mendukung berbagai aspek kehidupan perempuan, termasuk perekonomian yang lebih baik.
● Animate menghadirkan skincare yang diformulasikan khusus untuk masing-masing masalah kulit. Hal ini menjadi salah satu keunggulan Animate karena Yunna percaya bahwa setiap masalah kulit memiliki solusi yang berbeda.
● Sebagian besar bahan baku Animate diproduksi sendiri. Proses produksi tersebut dilakukan di pabrik sendiri di kawasan Bogor dengan melibatkan masyarakat sekitar.
● Menyadari ramainya persaingan di industri skincare, Yunna menghadirkan beragam produk dengan harga terjangkau karena dibuat di pabrik milik sang suami. Yunna juga mengikuti tren skincare untuk terus menghadirkan produk yang inovatif, aman bersertifikat BPOM, serta sesuai target pasar, perempuan usia 17 tahun hingga para pekerja.
● Saat memulai usaha, Yunna mengembangkan produk sendiri dan memasarkannya lewat TikTok Shop karena saat pandemi Covid-19, tren belanja online semakin diminati masyarakat karena praktis dan dapat dilakukan dari rumah.
● Dengan usaha yang kian berkembang, Animate memberdayakan hingga 800 karyawan dengan 70% karyawan merupakan perempuan yang terbagi ke dua lokasi, yaitu pabrik sekitar 600 karyawan dan di head office yang berlokasi di Jakarta sekitar 200 karyawan.
● Animate berjualan online di Tokopedia dan TikTok Shop sejak 2021 karena melihat fitur yang dihadirkan mendukung penjualan. Salah satunya fitur live streaming di TikTok Shop yang membantu penjualan di saat pandemi. Animate juga memanfaatkan beragam kampanye dan fitur yang tersedia di Tokopedia dan TikTok Shop seperti Promo Guncang yang menaikkan penjualan secara signifikan.
● Animate memaksimalkan pemanfaatan fitur live shopping juga terus ditingkatkan dengan sesi live 24 jam setiap hari oleh 12 host secara bergantian serta kolaborasi dengan kreator affiliate. Dampaknya, penjualan di TikTok Shop mencapai miliaran rupiah dan berkontribusi hingga 30% terhadap keseluruhan penjualan online.
● Dalam merayakan Hari Kartini, Yunna memaknainya sebagai momen untuk mengapresiasi semua perempuan Indonesia karena setiap perempuan memiliki kekuatannya sendiri. Sebagai pemilik usaha, sosok Kartini menjadi panutannya untuk pantang menyerah. Yunna juga berpesan kepada Kartini muda agar tidak takut memulai usaha.
Kisah Kreator TikTok - Suci Ambar Wati (@suciambarwati25)
● Suci Ambar Wati adalah seorang guru sejarah di MAN 1 Yogyakarta yang berhasil mengubah kecintaannya terhadap sejarah menjadi konten edukatif di TikTok. Berbekal latar belakang pendidikan Sejarah dari Universitas Sriwijaya, ia meraih penghargaan "Guru Terinovatif" berkat metode mengajarnya yang kreatif, termasuk memanfaatkan video TikTok sebagai bahan ajar.
● Dengan lebih dari 23.000 pengikut, Suci menjadikan platform digital ini sebagai jembatan untuk mendekatkan materi sejarah dengan generasi muda, terutama siswa-siswinya yang berasal dari Gen- Z.
● Sebagai perempuan, Suci memanfaatkan media sosial untuk menunjukkan bahwa dunia edukasi dan sejarah bukanlah ranah yang kaku atau eksklusif.
● Ia menghadirkan sejarah dalam format yang ringan dan menyenangkan, sering kali melalui kisah- kisah dari landmark bersejarah di Yogyakarta dan sekitarnya. Perjalanan ini ia jalani bersama sang suami, yang turut berkontribusi dalam memperkaya narasi-narasi sejarah yang dibawakannya.
● Lewat pendekatan personal dan autentik, Suci membuktikan bahwa perempuan juga bisa menjadi suara yang kuat dalam membentuk pemahaman masyarakat tentang warisan budaya dan sejarah bangsa.
● Kisah Suci menginspirasi banyak perempuan untuk tidak ragu membagikan pengetahuan dan minat mereka di ruang digital. Ia menunjukkan bahwa platform digital seperti TikTok dapat menjadi ruang pemberdayaan—bukan hanya untuk mengajar, tetapi juga untuk membangun komunitas, menciptakan dampak positif, dan memicu semangat belajar, terutama di kalangan perempuan.
● Melalui kreativitas dan dedikasinya, Suci tidak hanya menghidupkan sejarah, tetapi juga membuka jalan bagi perempuan lain untuk berani berbagi dan menginspirasi.
Kisah Kreator Affiliate TikTok Shop, Amelia Hasanah (@amel_queens)
● Amelia Hasanah merupakan ibu rumah tangga dengan satu anak balita saat mulai menjadi kreator affiliate pada 2022. Ia termotivasi menjadi kreator affiliate karena ingin membantu menstabilkan perekonomian keluarga sekaligus menyalurkan hobi di bidang fesyen.
● Awalnya, Amel yang memiliki latar belakang pendidikan ekonomi-bisnis, berjualan online dan melakukan live streaming untuk berbagai macam produk, termasuk skincare. Namun, setelah mendapatkan arahan dari agensi, Amel memutuskan fokus pada produk fesyen.
● Ketika mulai terjun ke dunia affiliate marketing, Amel menghadapi berbagai tantangan, termasuk membuat konten yang tidak monoton serta menggali kreativitas. Solusinya, Amel rutin melihat berbagai konten yang trending di TikTok untuk menjadi inspirasi. Amel juga menciptakan personal branding dalam gaya berjualan yang tidak sama dengan affiliate lainnya. Salah satunya menyapa audiens dengan agar terasa lebih hangat dan akrab.
● Membagi waktu antara keluarga dan pekerjaannya juga menjadi tantangan bagi Amel. Untuk itu, Amel mengajarkan sang buah hati untuk tenang saat dirinya membuat video atau melakukan live streaming. Dalam membuat konten, Amel juga mempertimbangan sejumlah topik yang pernah dibuat dan trending untuk dimodifikasi kembali.
● Yang awalnya dilakukan sepenuhnya secara mandiri, kini Amel memiliki tim khusus yang membantu dengan pembuatan video, live streaming, editor dan media sosial.
● Sejak menjadi kreator affiliate, Amel bersyukur bisa berkembang dan memiliki ruang untuk berkarier dan memenuhi berbagai kebutuhan keluarga berkat TikTok Shop. Salah satu pencapaian terbesar yang diraihnya yaitu memiliki tabungan pendidikan anak hingga jenjang perguruan tinggi, di samping kendaraan pribadi.
● Bagi Amel, pencapaiannya ini tidak terlepas dari konsistensi menjalani profesi yang telah dipilihnya serta dukungan keluarga. Ia berpesan kepada anak muda yang ingin menjadi affiliate agar selalu meluangkan waktu untuk hal-hal yang bermanfaat.
● Merayakan Hari Kartini, Amel memaknainya sebagai momen perjuangan perempuan diapresiasi. Dia berpesan agar semua perempuan Indonesia untuk terus berjuang dan tetap kuat. (Tim Liputan).
Editor : Lan