Foto 1: Tokopedia dan TikTok Shop
bersama Kemenekraf dan Kemenpar upayakan pemberdayaan Creators Lab untuk dukung
#BelanjaAman dengan melatih perempuan dan generasi muda menjadi affiliate
content creator.
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - Melihat tingginya lonjakan transaksi pada kuartal I 2025 karena pemanfaatan konten video di berbagai kampanye--mencakup 90% berkat Beli Lokal, 100% berkat Promo Guncang, 24 kali lipat berkat Ramadan Ekstra Seru--Tokopedia dan TikTok Shop menggencarkan Creators Lab untuk mendukung #BelanjaAman. (24/4/2025)
“Lonjakan
transaksi menunjukkan makin banyak masyarakat berbelanja online setelah menonton konten video dari kreator sehingga edukasi
soal #BelanjaAman jadi makin krusial untuk memperkuat perlindungan konsumen.
Karena itu, Tokopedia dan TikTok Shop menggencarkan program Creators Lab untuk
melatih kreator merekomendasikan penjual terpercaya, demi memastikan pengalaman
#BelanjaAman,” jelas Melissa Siska
Juminto, Presiden Direktur Tokopedia dan TikTok E-commerce.
#BelanjaAman
merupakan kampanye untuk menciptakan pengalaman belanja online yang aman, nyaman, dan terpercaya. Melalui kampanye ini, Tokopedia
dan TikTok Shop mengedukasi pembeli dan kreator khususnya affiliate agar dapat mengenali penjual terpercaya, membaca ulasan,
membandingkan harga, serta memanfaatkan fitur yang relevan. Konsumen didorong
untuk berbelanja dari penjual terpercaya seperti ‘Power Shop’ dan ‘Mall’,
sementara kreator diberi panduan agar konten video mereka turut mendukung
keamanan berbelanja.
“Konten
video baik short video maupun live streaming adalah faktor kunci yang
bisa mendorong pertumbuhan bisnis UMKM. Di Ramadan tahun ini, misalnya, live streaming di TikTok ditonton 2,8
miliar kali. Di sisi lain, ada lebih dari 200 juta pengguna gabungan TikTok dan
Tokopedia. Kenaikan nilai transaksi di TikTok Shop karena live streaming saat sahur bahkan mencapai 24 kali lipat,” tambah
Melissa.
Konten video yang efektif membantu UMKM menaikkan penjualan, memberi penghasilan bagi kreator melalui komisi, dan memudahkan pembeli #BelanjaAman di TikTok Shop.
Agar makin banyak yang mahir membuat konten video yang efektif, Tokopedia dan
TikTok Shop menggelar program edukasi kreator, Creators Lab, dengan melibatkan
berbagai pihak, seperti Kemenekraf RI yang menargetkan ibu rumah tangga, atau
Kemenpar RI yang menargetkan mahasiswa/i.
Selain dilatih memahami prinsip afiliasi, personal branding, dan pembuatan konten video, peserta Creators Lab dibekali cara merekomendasikan produk atau penjual terpercaya untuk mendukung #BelanjaAman di TikTok Shop.
Misalnya, dengan memberi pemahaman memilih penjual ‘Power Shop’
atau ‘Mall’, mengarahkan untuk mempelajari review
dari pembeli sebelumnya untuk memastikan kualitas produk yang akan
direkomendasikan karena rekomendasi yang tepat akan menentukan kredibilitas
kreator, atau tentang mengecek izin yang relevan terutama untuk produk seperti
obat atau makanan yang wajib memiliki izin edar dari BPOM atau PIRT.
Creators Lab TikTok Shop dan Kemenekraf RI berdayakan
Emak-emak Matic
Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja
(TPAK) perempuan berada di kisaran 50% selama 20 tahun
terakhir, jauh di bawah laki-laki yaitu 80%. Untuk mendorong TPAK perempuan,
pekerjaan informal bisa menjadi pilihan karena berdasarkan data, sekitar 66%
pekerja informal di Indonesia adalah perempuan. Berangkat dari situ, Tokopedia
dan TikTok Shop bersama Kemenekraf RI melatih ribuan perempuan dalam program
Emak-emak Melek Teknologi (Emak-emak Matic) agar menjadi affiliate content creator, yang profesional, berkualitas dan
berdaya saing tinggi, lewat Creators Lab. Program ini telah berlangsung di
Bekasi dan Tangerang, dan akan berlanjut ke 10 kota lain, termasuk Makassar,
Sulawesi Selatan, pada Rabu (23/04/25).
Teuku Riefky Harsya, Menteri Ekonomi Kreatif Republik Indonesia sekaligus Kepala Badan Ekonomi Kreatif mengatakan, “Bersama sejumlah mitra, seperti Tokopedia dan TikTok Shop, kami menargetkan memberdayakan 10.000 perempuan dan generasi muda hingga akhir tahun melalui program Emak-emak Matic.
Kami sangat mengapresiasi keterlibatan Tokopedia dan
TikTok Shop lewat Creators Lab dalam melatih peserta yang didominasi ibu rumah
tangga untuk menjadi kreator TikTok yang bisa mendapatkan penghasilan dengan
mempromosikan produk UMKM lokal di TikTok Shop. Peserta juga diberikan
pemahaman mengenai pentingnya merekomendasikan produk atau penjual terpercaya
untuk mendukung #BelanjaAman di platform e-commerce seperti TikTok Shop, sangat
penting mengingat kontribusi e-commerce ke ekonomi kreatif sangat signifikan.”
Creators Lab TikTok Shop dan Kemenpar RI bekali mahasiswa
poltekpar jadi kreator melek #BelanjaAman
Untuk
mendorong semangat kewirausahaan generasi muda termasuk yang berorientasi pada
pemanfaatan teknologi, seperti kreator konten, Kemenpar RI bersama Tokopedia
dan TikTok Shop melalui Creators Lab, memberikan pelatihan komprehensif kepada
mahasiswa/i politeknik pariwisata (poltekpar) di berbagai wilayah, termasuk
Makassar pada Kamis (24/04/2025), untuk menjadi kreator berpenghasilan
sekaligus membantu promosi pariwisata setempat maupun produk UMKM lokal
terpercaya demi medukung #BelanjaAman di platfrom e-commerce, dalam hal ini TikTok Shop. #BelanjaAman terintegrasi
dalam program Creators Lab dengan memberikan edukasi kepada peserta tentang
cara merekomendasikan produk atau penjual terpercaya, guna memperkuat
#BelanjaAman di TikTok Shop.
Program bersama Kemenpar RI ini telah berlangsung di Palembang dan akan berlanjut ke Medan, Bandung, Bali, serta Lombok. Asisten Deputi Peningkatan Kapasitas SDM Aparatur dan Pendidikan Vokasi Kementerian Pariwisata, Andar Danova L. Goeltom, mengatakan, “Di era digital, platform teknologi berperan strategis dalam promosi pariwisata dan produk UMKM. Kami mengapresiasi langkah Tokopedia dan TikTok Shop dalam menghadirkan Creators Lab di berbagai daerah potensial.
Melalui inisiatif ini, lebih banyak anak muda berkesempatan menghasilkan pendapatan dari konten video kreatif, destinasi wisata makin dikenal, dan UMKM merasakan peningkatan penjualan. Peserta juga diberi pemahaman tentang merekomendasikan produk atau penjual terpercaya untuk mendukung #BelanjaAman di TikTok Shop; materi yang sangat relevan karena kredibilitas atau kesuksesan kreator salah satunya ditentukan dari rekomendasi produk atau penjual yang disampaikan, jadi peserta benar-benar dipersiapkan menjadi kreator profesional.” (Tim Liputan)
Editor : Aan